Terbit: 30 Mei 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Buah nanas (Ananas comosus) adalah buah yang cukup populer di Indonesia. Salah satu varietas yang terkenal adalah nanas madu. Apa saja manfaat buah ini bagi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

12 Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan

Kandungan Nanas Madu

Jenis nanas satu ini dikenal dengan rasanya yang lebih manis dibandingkan jenis nanas lainnya. Meskipun rasanya lebih manis, pada dasarnya kandungan nutrisi di setiap nanas tidak jauh berbeda. Berikut adalah berbagai kandungan dalam 165 gram buah nanas:

  • Kalori: 82,5.
  • Lemak: 1,7 gram.
  • Protein 1 gram.
  • Karbohidrat: 21,6 gram.
  • Serat: 2,3 gram.
  • Vitamin C: 131% dari AKG.
  • Mangan: 76% dari AKG.
  • Vitamin B6: 9% dari AKG.
  • Tembaga: 9% dari AKG.
  • Thiamin: 9% dari AKG.
  • Folat: 7% dari AKG.
  • Kalium: 5% dari AKG.
  • Magnesium: 5% dari AKG.
  • Niasin (vitamin B3): 4% dari AKG.
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 4% dari AKG.
  • Riboflavin (vitamin B2): 3% dari AKG.
  • Besi: 3% dari AKG.

Selain kandungan yang disebutkan di atas, buah nanas juga mengandung sejumlah kecil vitamin A, vitamin K, fosfor, zinc, hingga kalsium. Sejumlah antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolik juga banyak terkandung dalam buah tropis satu ini.

Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan

Berkat berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, hal tersebut membuat buah ini menjadi pilihan santapan buah yang tidak hanya enak, tapi juga sehat. Berikut berbagai manfaat nanas madu untuk kesehatan tubuh:

1. Melancarkan Pencernaan

Khasiat nanas madu yang pertama adalah dapat membantu melancarkan pencernaan, terutama pada individu yang mengalami insufisiensi pankreas, kondisi di mana pankreas tidak membuat cukup enzim pencernaan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa enzim bromelain di dalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan pada individu dengan insufisiensi pankreas.

Partisipan yang mengonsumsi suplemen enzim pencernaan mengandung bromelain, pencernaannya lebih lancar dibandingkan dengan yang mengambil suplemen pencernaan tanpa bromelain.

Selain itu, penelitian lain juga menemukan bahwa bromelain dapat melindungi usus dari bakteri penyebab diare seperti E. coli dan V. cholera. Namun penelitian ini masih sebatas penelitian pada hewan.

2. Menekan Peradangan

Buah nanas juga dipercaya dapat membantu menekan peradangan berkat sifat antiinflamasinya. Sifat antiinflamasi ini juga didapatkan dari senyawa bromelain yang ada dalam nanas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas dapat membantu meredakan gejala arthritis atau radang sendi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

3. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Masih berkaitan dengan senyawa bromelain yang ada di dalamnya, manfaat buah nanas madu selanjutnya adalah meningkatkan sistem imun. Sebuah penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa ini dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah ini juga turut berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Paparan radikal bebas berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif yang dapat menurunkan sistem imun. Peran antioksidan adalah membantu tubuh mencegah stres oksidatif tersebut.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan

Berkat sifatnya yang melawan peradangan dan meningkatkan imun tubuh, buah nanas pun dipercaya dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Sebuah penelitian menunjukkan pemulihan infeksi sinus signifikan terjadi lebih cepat pada anak-anak yang mengonsumsi suplemen bromelain dibandingkan anak-anak yang mendapatkan pengobatan standar atau kombinasi keduanya.

Jadi ketika Anda sedang pemulihan dari penyakit, tidak ada salahnya menambahkan nanas madu ini ke dalam diet Anda.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan cara menambah asupan kalium. Mineral satu ini banyak terkandung dalam buah dan sayur, salah satu buah yang bisa Anda pertimbangkan adalah nanas madu.

Seperti yang disebutkan di atas, sebanyak 165 gram nanas madu dapat menyumbang hingga 5% asupan kalium harian yang disarankan.

6. Pencegahan Asma

Tidak secara langsung dapat mencegah asma, namun senyawa beta-karoten yang terkandung dalam nanas dapat membantu menurunkan risiko asma. Beta-karoten adalah senyawa yang biasanya terkandung dalam buah dan sayur dengan pigmen warna oranye, kuning, dan hijau tua.

Selain nanas madu, buah dan sayur lain yang juga bisa Anda pertimbangkan adalah seperti mangga, pepaya, brokoli, melon, labu, dan wortel.

7. Menjaga Gula Darah

Buah-buahan seperti nanas mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi makanan tinggi serat dikaitkan dengan manfaat menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes.

Diet tinggi serat pada penderita diabetes tipe 1 dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Sedangkan pada penderita diabetes tipe 2, diet tinggi serat dapat memberikan dampak positif pada kadar gula darah, lipid, dan insulin.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Khasiat nanas madu selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa buah nanas berpotensi menurunkan tekanan darah, salah satu kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Studi lain juga menunjukkan bahwa senyawa bromelain dalam nanas dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah dan meminimalkan keparahan angina pektoris dan stroke ringan.

9. Baik untuk Kesuburan

Makan nanas madu juga ternyata dapat berdampak baik pada kesuburan, lho. Makanan tinggi antioksidan sudah terbukti dapat membantu meningkatkan kesuburan. Nanas madu yang tinggi vitamin C dan beta-karoten tentunya masuk ke dalam makanan dengan antioksidan yang tinggi.

Beberapa mineral yang terkandung dalam nanas seperti tembaga, zinc, dan folat juga dipercaya memberikan efek baik pada kesuburan.

10. Menurunkan Risiko Kanker

Nanas madu dapat menurunkan risiko kanker, diduga karena kemampuannya meminimalkan stres oksidatif dan peradangan.

Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu melawan kanker. Terdapat dua penelitian tabung reaksi yang menunjukkan bromelain dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan merangsang kematian sel kanker.

Studi lainnya menunjukkan bahwa senyawa ini dapat menekan kanker di kulit, saluran empedu, dan sistem lambung serta usus besar.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Makan buah apa saja dapat membantu menjaga kesehatan mata, termasuk buah nanas madu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan 3 atau lebih porsi buah per hari dapat menurunkan risiko degenerasi makula, yaitu penurunan penglihatan yang disebabkan oleh faktor usia.

12. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat adalah salah satu kunci dari kulit yang cantik. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah nanas sangatlah tinggi, ini sangat berguna sebagai antioksidan alami yang baik untuk kulit. Selain menangkal radikal bebas, vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu salah satu protein utama penyusun kulit.

Baca Juga: Bolehkah Konsumsi Nanas saat Haid? Ini Penjelasannya

Keamanan Konsumsi Nanas Madu

Konsumsi nanas madu relatif aman untuk sebagian besar orang. Namun, konsumsi berlebihan tentunya juga tidak disarankan. Senyawa bromelain diketahui dapat meningkatkan penyerapan obat tertentu seperti antibiotik dan pengencer darah.

Selain itu, penderita penyakit GERD juga disarankan untuk membatasi konsumsinya. Nanas dapat memicu heartburn dan refluks asam pada sebagian orang.

Perlu diketahui bahwa sebagian manfaat nanas madu di atas bukan berdasarkan penelitian langsung terhadap buahnya.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan dan mengonsumsi obat tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Nanas tidak bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan penyakit yang disebutkan di atas. Meskipun begitu, tidak ada salahnya menambahkan buah ini secukupnya dalam diet Anda setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya. Jangan lupa juga untuk melengkapi nutrisi dengan makanan lainnya, ya!

 

  1. Butler, Natalie. 2018. Everything you need to know about pineapple. https://www.medicalnewstoday.com/articles/276903#benefits. (Diakses 31 Agustus 2020).
  2. Petre, Alina. 2020. 7 Emerging Benefits of Pineapple Juice. https://www.healthline.com/nutrition/pineapple-juice-benefits#2.-Contains-additional-beneficial-compounds. (Diakses 31 Agustus 2020).
  3. Raman, Ryan. 2018. 8 Impressive Health Benefits of Pineapple. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-pineapple. (Diakses 31 Agustus 2020).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi