Terbit: 11 October 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Madu kelulut banyak dihasilkan di negara-negara yang beriklim tropis seperti Indonesia. Ketahui lebih banyak tentang apa saja manfaat madu kelulut untuk kesehatan dan kecantikan, serta proses produksinya.

Manfaat Madu Kelulut untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Apa Itu Madu Kelulut?

Madu kelulut adalah madu yang dihasilkan oleh lebah tanpa sengat (stingless bee), yaitu lebah Trigona Thoracica dan lebah Trigona Itama.

Ciri khas dari madu kelulut yang membedakannya dengan jenis madu lainnya adalah proses produknya. Lebah tanpa sengat menghasilkan madu alami dan menyimpannya di dalam pot resin kecil di sarangnya. Proses pembentukan madu yang alami ini membuat kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga dan memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Madu Kelulut

Dibandingkan jenis madu lainnya seperti madu Manuka, nama madu kelulut memang belum banyak dikenal. Namun kandungan nutrisi madu ini diklaim lebih tinggi dibandingkan dengan madu biasa pada umumnya.

Dari segi warna madu kelulut lebih gelap karena kandungan antioksidan di dalamnya lebih tinggi dari madu biasa. Senyawa yang bekerja sebagai antioksidan dalam madu kelulut antara lain adalah fenol, karotenoid, dan flavonoid.

Riset yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Queensland, Australia, menemukan kandungan trehalulosa di dalam madu kelulut. Trehalulosa adalah jenis gula langka dengan indeks glikemik rendah yang tidak ditemukan dalam makanan apapun.

Manfaat Madu Kelulut untuk Kesehatan

Banyak penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat madu kelulut. Ini dia manfaat kesehatan yang bisa didapatkan:

1. Menyembuhkan luka dengan cepat

Salah satu penemuan terbesar dari berbagai penelitian yang dilakukan terhadap madu kelulut adalah kemampuannya untuk menyembuhkan luka dengan cepat dan secara alami. Sejak zaman Mesir Kuno, madu telah digunakan sebagai penyembuh luka. Namun cara tersebut sudah mulai ditinggalkan saat dunia pengobatan dan kedokteran menjadi semakin canggih.

Kombinasi dari agen antioksidan, antimikroba, dan anti inflamasi yang ada di dalam madu kelulut memiliki peranan yang sangat penting dalam mekanisme penyembuhan luka secara alami oleh madu kelulut.

2. Mencegah kanker

Sebagai bahan alami yang kaya akan berbagai senyawa antioksidan, madu kelulut sangat bermanfaat bagi penderita kanker. Penelitian menunjukkan bahwa madu kelulut memiliki kandungan kemopreventif, yaitu agen yang dapat mengurangi risiko dan memperlambat perkembangan kanker. Madu kelulut juga terbukti dapat mengurangi risiko gangguan pada organ hati dan ginjal.

Baca Juga: 16 Ciri Madu Asli dan Cara Membedakannya!

3. Mengatasi inflamasi

Madu kelulut juga dapat mengatasi peradangan karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Tidak hanya itu, madu kelulut ini juga dapat menghambat aktivitas enzim penghasil radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis.

Kandungan senyawa fenolik di dalam madu kelulut dapat meningkatkan aktivitas sistem imun di dalam tubuh, sehingga secara efektif mengatasi peradangan dan mencegah peradangan pada gangguan kesehatan yang menyerang tubuh.

4. Antibakteri alami

Antimikroba atau antibakteri adalah salah satu kandungan utama madu kelulut. Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan di Malaysia membukti bahwa madu kelulut dapat membantu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh berbagai macam bakteri.

Madu dari lebah tanpa sengat ini terbukti memiliki sifat antimikroba terhadap bakteri:

  • Gram negatif (Salmonella typhimurium, E. coli, K. pneumoniae).
  • Gram positif (Bacillus cereus, S. aureus, Listeria monocytogenes).

5. Mencegah obesitas

Anda yang ingin menurunkan berat badan sangat disarankan untuk mengkonsumsi madu kelulut. Di dalam madu terdapat kandungan asam kafeat yang mampu menghambat sintesis asam lemak dan menurunkan massa lemak visceral, yaitu massa lemak yang terdapat di dalam rongga perut. Dengan demikian, konsumsi kelulut yang diimbangi dengan gaya hidup sehat dan olahraga membantu menurunkan berat badan serta mencegah obesitas.

6. Menguatkan sistem imun

Sistem imun yang lemah membuat tubuh mudah terserang berbagai penyakit. Jaga tubuh tetap sehat dengan konsumsi madu kelulut. Madu ini memiliki efek imunomodulator yang bisa menguatkan sistem imun, menjaga tubuh tetap sehat meskipun di tengah kondisi cuaca yang kurang menentu.

Baca Juga: 10 Manfaat Madu Mentah (Raw Honey) bagi Tubuh

7. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat madu kelulut selanjutnya adalah meningkatkan fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan fenilalanin dapat meningkatkan aktivitas senyawa dalam tubuh yang bertanggung jawab dalam aktivitas otak. Selain dapat meningkatkan kinerja dan daya ingat otak, fenilalanin juga juga bisa membantu meredakan kecemasan.

8. Baik untuk penderita diabetes

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, madu kelulut memiliki kandungan langka bernama trehalulosa. Ini adalah gula dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga sangat aman bagi penderita diabetes.

Selain itu, lebah dari madu tanpa sengat ini juga bisa menjaga kadar gula darah puasa, kadar trigliserida, dan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah agar tetap rendah. Madu kelulut juga mengandung aktivitas antidiabetes sehingga dapat melindungi organ pankreas.

9. Menurunkan kolesterol dalam darah

Madu kelulut tidak hanya membantu menjaga kadar gula darah tetap normal, tetapi juga menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol merupakan salah satu penyebab serangan jantung, sehingga konsumsi madu kelulut juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

10. Mencegah penuaan kulit

Tidak hanya manfaat kesehatan untuk tubuh saja yang dimiliki madu kelulut. Madu ini juga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Paparan radikal bebas setiap harinya menimbulkan berbagai masalah kulit yang berdampak pada penampilan Anda.

Madu kelulut yang kaya akan kandungan antioksidan alami dapat menangkal dampak buruk radikal bebas, membuat kulit tetap sehat dan awet muda.

Itu dia berbagai manfaat dari madu kelulut yang perlu Anda tahu. Madu kelulut dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran pada minuman hangat sehari-hari. Konsumsi madu kelulut secara rutin agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

 

  1. Al-Hatameh, Mohammad, dkk. 2020. Antioxidant-Based Medicinal Properties of Stingless Bee Products: Recent Progress and Future Directions. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7356725/
  2. Fletcher, Mary, dkk. 2020. Stingless bee honey, a novel source of trehalulose: a biologically active disaccharide with health benefits. https://www.sciencedaily.com/releases/2020/07/200722112735.htm.
  3. Jalil, Abd, dkk. 2017. Stingless Bee Honey, the Natural Wound Healer: A Review. https://www.karger.com/Article/Fulltext/458416.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi