Terbit: 27 February 2022 | Diperbarui: 9 August 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Madu termasuk madu hutan telah lama dikenal sebagai superfood yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat madu hutan untuk pria juga sangat luas, seperti yang dijelaskan di bawah ini. 

7 Manfaat Madu Hutan bagi Kesehatan 

Apa itu Madu Hutan?

Madu hutan adalah madu yang diambil secara tradisional dari lebah liar yang hidup di dalam hutan. Berbeda dengan jenis madu lain, madu hutan tidak berasal dari lebah yang diternak. Pengambilan madu ini juga masih tradisional.

Karena lebah liar di hutan mengkonsumsi nektar dari beragam tanaman, madu hutan  diyakini memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dan beragam. Warna madu hutan juga lebih pekat dan gelap karena beragamnya nektar yang dikonsumsi lebah.

Rasa, tekstur dan warna madu juga dapat berubah-ubah sesuai musim dan nektar yang dikonsumsi lebah. Madu hutan mentah yang belum diproses lebih lanjut memiliki kristal lembut. Ketika ditaruh di suhu dingin madu lebih berkabut karena mengandung berbagai zat seperti bee pollen, propolis, dll. madu ini sangat kaya akan zat anti bakteri.

Komposisi dan kandungan madu hutan dapat berbeda-beda antara hasil dari sarang yang satu dengan lainnya. Namun secara umum satu sendok makan madu hutan mengandung 63 kalori, 17 gram gula yang terdiri dari fruktosa, maltosa dan sukrosa. 

Manfaat Madu Hutan bagi Kesehatan 

Madu hutan telah lama diketahui memiliki berbagai manfaat, termasuk untuk vitalitas pria. Berikut adalah beberapa di antara manfaat madu hutan untuk pria!

1. Sumber antioksidan tinggi

Antioksidan merupakan zat yang memiliki banyak fungsi. Di antaranya merawat dan meregenerasi sel, mencegah penuaan dini, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membentengi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

Antioksidan meningkatkan kesehatan dan vitalitas tubuh. Dengan kondisi yang fit, otomatis kemampuan pria juga akan meningkat.

2. Antibakteri dan antifungi

Madu juga bersifat antibakteri dan antifungi atau anti jamur. Adalah hidrogen peroxida di dalam madu yang bertanggung jawab dalam membunuh bakteri dan jamur. Hidrogen peroxida juga merupakan zat yang dapat mengatasi infeksi pada luka.

3. Afrodisiak yang bergizi tinggi

Pengobatan tradisional Ayurveda telah lama meresepkan madu sebagai afrodisiak. Mengkonsumsi madu dan susu setiap malam dapat menambah gairah seksual dan vitalitas pria. 

Di Indonesia madu juga berfungsi sama. Mengkonsumsi madu dan telur ayam kampung merupakan resep tradisional untuk mendongkrak daya tahan pria di ranjang.

Madu juga mendorong tubuh melepaskan serotonin, yaitu neurotransmitter yang menciptakan rasa rileks, bahagia dan tenang. 

3. Menyembuhkan berbagai penyakit

Madu telah lama digunakan sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Di seluruh dunia pengobatan tradisional dan modern telah membuktikannya.

Madu mengandung vitamin dan mineral lengkap, probiotik, dan antioksidan. Sebuah perpaduan yang lengkap sebagai obat sekaligus suplemen tubuh.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Antioksidan di dalam madu diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin dan mineralnya yang lengkap menutrisi tubuh agar lebih fit. Probiotiknya menjaga kesehatan pencernaan, sumber utama imunitas.

5. Meningkatkan kualitas sperma

Madu mengandung zinc dalam jumlah yang optimal. Zinc sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sperma. Madu juga mengandung vitamin E yang membantu meningkatkan jumlah sperma pria.

6. Meningkatkan kesuburan

Madu memiliki sejenis mineral yang disebut boron. Mineral ini dapat meningkatkan level hormon testosteron dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Meningkatnya testosteron diyakini sangat berpengaruh terhadap kesuburan dan vitalitas pria.

7. Sumber tenaga

Pria membutuhkan banyak tenaga untuk beraktivitas seharian. Madu yang kaya kalori dan tinggi gula merupakan sumber tenaga yang efektif. Karena tidak perlu dicerna lama oleh tubuh, madu dapat meningkatkan energi secara simultan.

Selain manfaat-manfaat madu hutan asli di atas, makanan kaya nutrisi ini juga dapat mencegah penyakit kanker, meningkatkan kualitas tidur, mencegah infeksi, obat yang manjur untuk batuk dan radang, serta banyak manfaat lainnya.

Baca Juga: 16 Ciri Madu Asli dan Cara Membedakannya!

Adakah Efek Samping Madu?

Mengkonsumsi madu secara umum sangat aman. Namun mengkonsumsinya secara berlebihan tetap menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Misalnya, pada penderita diabetes, madu adalah pemanis pengganti gula yang baik. Kandungan gulanya adalah fruktosa yang cepat diserap tubuh dan tidak membanjiri darah.

Namun, konsumsi madu hutan lebih dari empat sendok makan per hari tetap akan meningkatkan resiko naiknya gula darah.

Efek samping lainnya adalah botulisme, yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Botulisme tidak banyak terjadi pada orang dewasa, tetapi dapat menyerang bayi. Itulah sebabnya sebagian besar dokter melarang pemberian madu hutan mentah pada bayi di bawah satu tahun.

Botulisme pada bayi memiliki beberapa gejala, seperti:

  • Konstipasi
  • Sesak napas
  • Kehilangan kontrol gerak kepala
  • Paralisis
  • Menurunnya nafsu makan
  • Tangis yang lemah

Pada orang dewasa, botulisme kerap ditandai dengan diare dalam jangka waktu pendek. Kemudian dilanjutkan dengan konstipasi dan pandangan yang mengabur serta otot melemah. Segera hubungi dokter ketika mengalami gejala ini setelah mengkonsumsi madu hutan.

Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat madu hutan bagi pria sangat beragam. Termasuk untuk meningkatkan performa seksual dan kesuburan. Mengkonsumsi madu juga melengkapi nutrisi yang diperlukan tubuh serta sumber energi. Semoga bermanfaat.

 

  1. Anonim. 2021. Surprising Health Benefits of wild Honey! https://thenaturesway.in/blogs/honey-blog/surprising-health-benefits-of-wild-honey. (Diakses pada 21 Februari 2022).
  2. Das, Abhilasha. 2022. MAGIC OF WILD FOREST HONEY – AN IMMUNITY BOOSTER. https://zoe.menu/blog/weight-loss/wild-forest-honey-immunity-booster-3/. (Diakses pada 21 Februari 2022).
  3. Goldman, Rena. 2019. The Top 6 Raw Honey Benefits. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/top-raw-honey-benefits. (Diakses pada 21 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi