Terbit: 1 September 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Salah satu cara yang membantu menghilangkan dahaga saat cuaca sedang terik adalah konsumsi air tebu. Selain memberikan kesegaran, air yang berasal dari perasan batang tebu ternyata juga menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

15 Manfaat Air Tebu, Tingkatkan Imunitas hingga Energi Tubuh

Kandungan Air Tebu

Air tebu memiliki banyak khasiat karena memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam 28,35 gram air tebu terdapat beberapa nutrisi seperti:

  • Energi: 26,56 kkal.
  • Karbohidrat: 27,51 gram.
  • Protein: 0,27 gram.
  • Kalsium: 11,23 miligram.
  • Zat besi: 0,37 miligram.
  • Potasium: 41.96 miligram.
  • Sodium: 17.01 miligram.

Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Tebu adalah salah satu tanaman utama yang digunakan dalam memproduksi gula. Sebanyak 70% gula dunia terbuat dari tebu. Air yang berasal dari batang tebu bisa dijadikan minuman—yang tidak hanya menyegarkan—tetapi juga bisa menyehatkan tubuh.

Berikut ini manfaat air tebu bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan di dalam air tebu berkhasiat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh beberapa kali lipat. Kandungan yang penting untuk tubuh ini dapat melawan sejumlah penyakit, termasuk penyakit pada hati dan sistem pencernaan.

Antioksidan juga menetralisir kadar bilirubin dalam tubuh. Kadar bilirubin yang meningkat dapat menyebabkan  penyakit kuning (jaundice).

2. Mencegah Penuaan

Selain mengatasi jerawat, khasiat air tebu juga dapat mencegah kerutan di kulit yang terbentuk secara alami seiring bertambahnya usia. Bahkan, kerutan bisa muncul sebelum waktunya karena penyebab tertentu; hal itulah yang membuat wajah tampak tua dari usia sebenarnya.

Air tebu memiliki antioksidan, flavonoid, dan senyawa fenolik yang menjadikannya salah satu pilihan yang bagus untuk membuat kulit tampak glowing, lembut, dan lembap.

Baca Juga: 10 Minuman Herbal untuk Menghangatkan Tubuh

3. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Memberikan segelas air tebu yang segar pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dapat membantu pertumbuhan dan kekuatan tulang serta giginya.

Tebu merupakan sumber kalsium yang membantu membangun kekuatan kerangka tubuh, termasuk tulang dan gigi. Khasiat tebu menjadikannya salah satu bahan terbaik yang membantu pertumbuhan anak.

4. Bagus untuk Kehamilan

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam air tebu dapat meningkatkan peluang kehamilan yang lebih cepat dan kehamilan yang lebih sehat.

Air tebu mengandung sejumlah asam folat atau vitamin B9 yang dapat mencegah cacat lahir seperti spina bifida. Sebuah penelitian mengungkapkan, air perasan tebu mengurangi risiko masalah ovulasi pada wanita, sehingga meningkatkan kemungkinan pembuahan.

5. Mengobati Sakit Tenggorokan

Meminum segelas air tebu yang ditambahkan dengan sedikit perasan jeruk nipis dan garam hitam dapat meredakan rasa gatal atau iritasi di tenggorokan. Manfaat tersebut didapatkan karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dipercaya mampu menangkal infeksi virus atau bakteri.

6. Mencegah Bau Mulut

Apakah Anda memiliki riwayat kerusakan gigi atau mengonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan bau mulut? Salah satu cara untuk mengatasinya adalah meminum air perasan tebu karena membantu memberikan kesegaran pada mulut.

Tebu mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor, yang dapat membantu membangun enamel gigi. Aliran nutrisi yang konsisten bisa mencegah pembusukan dan memperkuat gigi.

Baca Juga: 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Daging

7. Mengontrol Diabetes

Meski terasa manis, ternyata air tebu masih bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes asalkan jangan terlalu banyak.

Air tebu mengandung sukrosa yang memiliki indeks glikemik rendah. Inilah yang membantu menjaga kadar gula dalam darah terkontrol.

8. Menurunkan Berat Badan

Meskipun rasanya manis, manfaat air tebu ternyata bisa membantu mengurangi berat badan.

Air perasan batang tebu dikenal bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, yang menjadi salah satu alasan utama yang menyebabkan kenaikan berat badan. Air tebu juga tinggi serat larut yang membantu mengontrol berat badan tetap ideal.

9. Membuang Racun Dalam Tubuh

Meminum air tebu secara teratur bisa membantu membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan zat asing lainnya. Selain meningkatkan metabolisme tubuh, proses detoksifikasi racun secara bertahap bisa membantu penurunan berat badan.

10. Membantu Penyembuhan Luka

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat air tebu juga dapat membantu meningkatkan pemulihan luka.

Air perasan batang tebu mengandung sukrosa yang secara alami mampu menyembuhkan segala jenis luka dengan cepat. Cara menerapkannya sangat mudah, cukup mengoleskan air tebu di atas luka untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

11. Memperkuat Organ Tubuh

Mengonsumsi air tebu secara teratur membantu membuat organ-organ penting dalam tubuh lebih kuat sehingga dapat berfungsi dengan baik dan selaras dengan organ-organ dalam lainnya.

Ini karena air tebu penuh dengan gula esensial yang membantu memperkuat organ tubuh seperti organ sensorik, organ reproduksi, dan otak.

12. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Khasiat air tebu juga sangat bagus dalam membantu menjaga kesehatan ginjal dan mencegah masalah kesehatan terkait dengan infeksi saluran kemih (ISK). Minumlah segelas air tebu yang telah dicampur air lemon dan air kelapa  dua kali sehari.

Air tebu dikenal bisa meningkatkan kadar protein dalam tubuh, sehingga mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan ginjal seperti batu ginjal, ISK, penyakit menular seksual (IMS), dan prostatitis. Air tebu juga mengurangi sensasi terbakar yang menyertai kondisi kesehatan ini.

Baca Juga: 10 Minuman Penurun Kolesterol Jahat dalam Darah

13. Melawan Kanker

Manfaat air tebu juga bisa menjadi pencegah menyeluruh terhadap penyakit berbahaya seperti kanker, terutama kanker prostat dan kanker payudara.

Bukan tanpa alasan, penelitian telah menemukan bahwa kandungan flavonoid dalam tebu bisa menghambat pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali di kelenjar susu, sehingga mengurangi risiko kanker payudara.

14. Mengatasi Jerawat

Menggunakan air tebu pada wajah berjerawat secara teratur telah terbukti efektif dalam mengatasi jerawat. Air tebu adalah sumber asam hidroksi alfa (AHA) seperti asam glikolat, yang membantu meregenerasi sel kulit.

Air tebu juga dapat membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Sumbatan pada pori-pori yang tersumbat dapat menimbulkan jerawat.

Berikut ini cara membuatnya:

  • Campurkan air tebu dengan multani mitti (clay yang bagus untuk kulit) dan aduk sampai merata.
  • Oleskan masker pada wajah dan leher.
  • Biarkan selama 20 menit.
  • Bersihkan menggunakan handuk basah.
  • Lakukan masker ini setidaknya seminggu sekali.

15. Meningkatkan Energi

Tidak seperti minuman dan makanan yang dikemas dengan gula olahan dan sirup jagung fruktosa tinggi, kandungan alami gula dalam air tebu dapat meningkatkan energi secara instan. Minum air tebu cocok ketika mengalami dehidrasi dan kelelahan, sehingga tubuh kembali segar dan bersemangat.

Manfaat air tebu ini berkat kandungan gula sederhana (sukrosa) di dalamnya yang mudah diserap oleh tubuh. Gula ini digunakan untuk mengganti gula yang hilang dalam tubuh.

Pada akhirnya, meskipun air tebu direkomendasikan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, namun khasiatnya untuk pengobatan belum terbukti secara klinis.

Oleh karenanya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi medis yang sedang atau pernah dialami, riwayat alergi (gatal, sesak napas, dan pembengkakan), dan dosisnya.

 

  1. Choudhary, Tanya. 2019. Top 23 Benefits Of Sugarcane Juice For Skin And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-sugarcane-juice-for-skin-hair-and-health/. (Diakses pada 13 Juli 2020)
  2. Malik, Kriti. 2018. 6 Health Benefits of Sugarcane Juice: A Promise of Good Health. https://food.ndtv.com/health/6-health-benefits-of-sugarcane-juice-a-promise-of-good-health-1270503. (Diakses pada 13 Juli 2020)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi