Terbit: 22 April 2022 | Diperbarui: 23 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Selain menyiapkan kondisi lingkungan yang nyaman dan kondisi tubuh yang bersih, hal penting lainnya yang harus dipersiapkan sebelum bercinta adalah makanan. Lantas, apa saja makanan yang baik dikonsumsi sebelum berhubungan badan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

9 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Berhubungan Intim

Makanan Sebelum Berhubungan Seks yang Baik Dikonsumsi

Salah satu persiapan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa bercinta adalah makanan. Berikut adalah berbagai makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum berhubungan seks, di antaranya:

1. Tiram

Tiram adalah makanan yang kaya kandungan zinc, mineral yang membantu produksi testosteron dalam tubuh. Hormon ini sangat berpengaruh pada suasana hati dan gairah seseorang dalam berhubungan seks. Zinc juga bisa meningkatkan jumlah sperma.

Tidak hanya itu, zinc membantu sperma menjadi lebih kuat dalam menuju ovarium. Jika Anda tidak suka tiram, Anda bisa mengonsumsi makanan lain yang juga tinggi mineral ini seperti daging sapi, kacang mete, yoghurt, atau biji labu.

2. Delima

Buah delima sudah sejak lama dipercaya meningkatkan kesuburan dan gairah. Jus delima dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang, melancarkan aliran darah, dan meningkatkan level testosteron. Oleh karena itu, buah ini dapat menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi sebelum berhubungan seks.

3. Cokelat

Bukan rahasia lagi kalau cokelat sering dijadikan simbol cinta dan kasih sayang. Penelitian telah membuktikan bahwa cokelat dikaitkan dengan peningkatan kadar serotonin dalam tubuh, yaitu hormon yang mendorong rasa bahagia dalam diri. Suasana hati yang membaik setelah makan cokelat juga bisa meningkatkan gairah seksual. 

Selain itu, kandungan phenylethylamine yang ada di dalamnya juga dikaitkan dengan cinta dan gairah seksual.

Baca Juga: Morning Sex: Manfaat, Tips, dan Posisi Seks yang Nyaman

4. Bayam hijau

Dibandingkan dengan makanan lainnya, bayam hijau memang dinilai kurang berkhasiat. Namun tetap saja sayuran ini dapat membantu meningkatkan gairah saat berhubungan.

Bayam hijau kaya akan kandungan magnesium, sebuah mineral yang bisa meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Kandungan lainnya termasuk zat besi yang bisa memberikan rangsangan, orgasme, dan kepuasan seksual, khususnya untuk kaum wanita.

5. Semangka

Buah semangka dikenal memiliki banyak kandungan air dan memiliki efek menyegarkan. Selain itu, semangka memiliki banyak kandungan asam amino yang disebut sitrulin. 

Di dalam tubuh, sitrulin diubah menjadi arginin, asam amino lain yang membantu membuat pembuluh darah dalam tubuh jadi lebih rileks. Jika pembuluh darah rileks, maka aliran darah pun menjadi lebih lancar dan dapat memberikan efek seperti viagra.

6. Alpukat

Buah yang memiliki tekstur lembut ini juga merupakan makanan yang baik dikonsumsi sebelum berhubungan badan. Alpukat kaya akan lemak sehat dan serat yang berfungsi sebagai sumber energi di ranjang. 

Selain itu, alpukat juga mengandung B6 yang dipercaya dapat meredakan gejala PMS (premenstrual syndrome) seperti kelelahan dan suasana hati yang buruk. Makan alpukat sebelum berhubungan dapat meningkatkan suasana hati lebih baik.

7. Stroberi

Buah yang punya ciri khas rasa asam ini tinggi kandungan vitamin C, sehingga mampu meningkatkan gairah seksual, melancarkan sirkulasi darah, serta meredakan stres, dan kecemasan.

Stroberi juga membantu tubuh melepaskan lebih banyak oksitosin, hormon yang dikenal sebagai hormon “cinta” karena dikaitkan dengan rangsangan dan orgasme.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Pelumas saat Berhubungan Seks

8. Akar Maca

Maca dipercaya mampu meningkatkan kesuburan sejak berabad-abad yang lalu. Bagian akar dari tanaman maca adalah bagian yang sering digunakan untuk meningkatkan gairah seksual.

Kandungan fitonutrien di dalamnya dapat meningkatkan jumlah sperma dan fungsi seksual pada pria. Maca sering dicampurkan ke dalam smoothie, salad, sup, atau roti panggang.

9. Ikan berlemak

Makanan yang baik dikonsumsi sebelum berhubungan badan selanjutnya adalah ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel. Kandungan lemak sehat yang ada di dalamnya dapat membantu meredakan inflamasi dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan seksual.

Jika Anda tidak suka makanan laut, sumber omega-3 lain yang bisa dikonsumsi adalah flaxseed, chia seed, dan kacang kenari.

 

  1. Anonim. 2020. Best Foods to Eat Before Sex. https://www.webmd.com/sex-relationships/ss/slideshow-best-foods-before-sex. (Diakses pada 30 Maret 2022).
  2. Brito, Janet. 2018. 5 Foods to Eat for Better Sex — and 3 You Should Really Avoid. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-for-better-sex. (Diakses pada 30 Maret 2022).
  3. Mikstas, Christine. 2021. Sexual Health: Best Foods to Eat Before Sex. https://www.medicinenet.com/sexual_health_best_foods_to_eat_before_sex/article.htm. (Diakses pada 30 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi