Terbit: 26 November 2021 | Diperbarui: 30 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Kalau Anda pecinta kopi, pasti Anda tahu Indonesia merupakan salah satu negara penghasil biji kopi terbaik di dunia. Simak berbagai jenis-jenis kopi dari Indonesia yang wajib Anda cicipi kenikmatannya!

9 Jenis Kopi di Indonesia Terbaik dan Terkenal di Dunia!

Jenis-Jenis Kopi di Indonesia

Setiap wilayah di Indonesia menghasilkan biji kopi khas masing-masing yang bahkan mendunia, lho! Selain rasanya enak, ada berbagai manfaat kopi bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam porsi yang tidak berlebihan setiap harinya.

1. Kopi Lampung

Kopi Robusta asal Lampung adalah jenis kopi di Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara. Karakteristik dari biji kopi ini adalah mudah dirawat dan hanya bisa tumbuh di wilayah yang bersuhu 24-30 derajat Celcius.

Iklim yang mendukung menjadikan Lampung sebagai daerah penghasil kopi terbesar kedua di Indonesia. Pada tahun 2018 lalu, Lampung mampu memproduksi hingga 106 juta ton biji kopi Robusta.

2. Kopi Toraja

Kopi yang satu ini berasal dari kawasan timur Indonesia dan punya nama lain Celebes Kalossi. Ciri khas kopi Toraja adalah aroma harumnya yang khas.

Kopi Toraja memiliki tingkat keasaman rendah sehingga bersahabat buat Anda yang bermasalah dengan lambung dan pencernaan.

Selain itu, kopi Toraja juga punya cita rasa fruity dan floral yang terasa unik di lidah. Aftertaste yang ditinggalkan sangat kuat dan sedikit kecut.

3. Kopi Flores Bajawa

Dilihat dari namanya, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa kopi yang satu ini berasal dari Flores. Ciri khas dari kopi ini adalah adanya sensasi manis dan rasa kacang-kacangan, serta aroma herbal yang dihasilkan.

Tingkat keasaman kopi Flores Bajawa tergolong sedang dengan rasa yang ringan. Berbagai keunikan tersebut sulit ditemukan pada jenis kopi lainnya, sehingga membuat kopi ini terkenal hingga ke mancanegara.

4. Kopi Bali Kintamani

Pulau Dewata bukan hanya surga wisata, tetapi penghasil biji kopi yang berkualitas. Kopi Kintamani adalah kopi yang dihasilkan di provinsi Bali. Salah satu jenis kopi di Indonesia yang terbaik.

Kopi ini disebut-sebut sebagai kopi eksotis karena sensasi keasaman citrus yang berpadu nikmat dengan pahitnya kopi yang dihasilkan secara alami.

Keunikan lain dari kopi ini yang membuatnya sangat digemari adalah aftertaste yang manis, sehingga Anda yang bukan pecinta kopi bisa menikmatinya.

Baca Juga: 6 Cara agar Minum Kopi Menjadi Lebih Sehat

5. Kopi Papua Wamena

Dari ujung timur Indonesia, ada kopi Papua Wamena disebut-sebut mirip dengan kopi Bali Kintamani. Aroma floral yang kental tercium dari kopi ini, ditambah dengan keharuman coklat dan herbal yang kental.

Kopi ini meninggalkan aftertaste smokey yang disebut-sebut sebagai salah satu keunikannya. Selain itu, kopi ini juga punya tekstur lembut dan tidak berampas.

6. Kopi Jawa

Meskipun tidak sepopuler kopi yang dihasilkan dari Sumatera, kopi Jawa juga sayang sekali untuk dilewatkan. Umumnya biji kopi Jawa diolah dengan metode yang berbeda, sehingga cita rasa yang dihasilkan juga tidak sama.

Biji kopi Jawa menggunakan wet processing yang menyebabkan rasanya tidak sekuat rasa kopi dari Sulawesi atau Sumatera. Tetapi, itulah yang menyebabkan kopi Jawa mudah dinikmati berbagai kalangan karena rasa yang dimiliki lebih “seimbang”.

Artinya, kopi Jawa memiliki tingkat keasaman sedang dan tidak terlalu pekat. Namun aroma rempah masih bisa tercium dan sangat khas.

7. Kopi Gayo

Dari namanya saja Anda mungkin sudah bisa menebak bahwa kopi yang satu ini berasal dari bumi Serambi Mekah alias Aceh. Kopi ini merupakan jenis Arabika yang dihasilkan di Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Ciri khas kopi ini adalah aroma yang harum dengan rasa yang tidak terlalu pahit, sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja. Tidak hanya rasa dan aroma yang nikmat, jenis kopi di Indonesia ini punya rasa clean di tenggorokan.

Namun, kopi ini punya aftertaste pahit yang mungkin kurang bisa ditoleransi oleh Anda yang bukan penikmat kopi sejati. Tidak heran kopi ini kerap dijadikan pilihan sebagai kopi blend.

Baca Juga: 8 Manfaat Kopi Hijau, Efek Samping, Cara Membuat, dll

8. Kopi Riau

Selama ini, mungkin jenis biji kopi yang sering Anda dengar adalah Arabika dan Robusta saja. Tapi tahukah Anda, ada juga lho kopi jenis Liberika yang dihasilkan di Provinsi Riau? Ini merupakan jenis kopi langka yang dapat ditemukan di Rangsang, Kabupaten Meranti, Provinsi Riau.

Keunikan biji kopi Liberika ada pada aromanya yang mirip seperti cokelat. Namun saat Anda menyesapnya, Anda bisa merasakan sensasi buah nangka yang tidak Anda temukan di kopi yang lainnya. Hal ini membuat banyak pecinta kopi penasaran dan ingin mencoba kopi Liberika khas Riau ini.

9. Kopi Mandailing

Nama kopi Mandailing sudah sangat tersohor di seluruh dunia. Jenis kopi ini dikenal dengan nama Sumatra Mandheling coffee. Ini merupakan kopi yang dihasilkan oleh Suku Mandailing yang tersebar di seluruh pulau tersebut.

Kopi Mandailing punya banyak karakteristik khas seperti sensasi smooth dan cita rasa yang cukup kompleks. Kopi ini mengeluarkan aroma herbal yang eksotis dan meninggalkan berbagai macam rasa di lidah seperti rempah-rempah atau coklat.

Baca Juga: 7 Manfaat Kopi Cold Brew untuk Kesehatan

Itu dia berbagai jenis kopi yang dihasilkan di Indonesia. Indonesia memang lebih dikenal dengan produksi kopi Arabika-nya. Namun bukan berarti jenis biji kopi lainnya tidak nikmat. Sebut saja seperti kopi Robusta yang punya keunikan tersendiri, hingga kopi langka seperti Liberika yang juga layak untuk dicoba.

Sebagai penikmat kopi, tentu Anda tidak boleh melewatkan jenis-jenis kopi di Indonesia! Namun, harus ingat untuk batasi asupan kafein harian ya agar tetap bisa ngopi dan sehat!

 

  1. Try New Coffee. 2020. The 7 Best Indonesian Coffee Beans. https://trynewcoffee.com/7-best-indonesian-coffee-beans-best-indonesian-coffee-brands/. (Diakses pada 22 November 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi