Terbit: 25 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Buah termasuk makanan menyehatkan yang baik dikonsumsi setiap hari. Setiap jenis buah memiliki kandungan yang berbeda, yang berpengaruh pada warna kulit maupun dagingnya. Seperti buah-buahan berwarna merah yang punya banyak manfaat kesehatan. Cari tahu apa saja buah warna merah yang sehat, manis, dan enak di sini!

11 Jenis Buah Warna Merah yang Sehat dan Enak

Kandungan Nutrisi dalam Buah Warna Merah

Warna merah dari buah didapatkan dari fitonutrien, senyawa kimia yang dikenal baik untuk kesehatan. Senyawa ini membantu tumbuhan untuk bisa bertahan hidup dan melindungi diri mereka dari predator. Ketika masuk ke dalam tubuh, senyawa ini juga memberikan perlindungan yang sama.

Selain fitonutrien, kandungan nutrisi yang biasanya ada di dalam buah berwarna merah adalah:

  • Antosianin: Mengandung antioksidan dan properti anti-peradangan yang sangat kuat untuk pembuluh darah, sendi, dan seluruh tubuh.
  • Likopen: Mengandung antioksidan dan properti anti kanker. Biasanya ditemukan dalam tomat yang dimasak.
  • Potassium: Baik untuk kesehatan jantung, menetralkan tekanan darah, dan menghidrasi tubuh.
  • Vitamin A dan C: Penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku, serta sistem imun.
  • Elektrolit: Diproduksi oleh potassium, magnesium, dan natrium yang d=bekerja menghidrasi tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Berbagai Buah Warna Merah yang Manis dan Menyehatkan

Ini dia macam-macam buah warna merah yang sehat dan enak baik dikonsumsi setiap hari:

1. Stroberi

Siapa yang tidak kenal dengan buah stroberi? Buah dengan rasa asam yang khas ini sangat mudah didapatkan. Stroberi kaya akan kandungan vitamin, serat, antioksidan, potassium, dan mangan.

Buah ini juga rendah kalori, bebas natrium, bebas lemak, dan bebas kolesterol. Selain itu, stroberi juga bisa dinikmati dengan berbagai cara. Bisa dimakan langsung atau diolah menjadi camilan lezat nan menyehatkan.

2. Ceri merah

Ceri punya warna merah cerah yang menggoda, sehingga sering dijadikan hiasan untuk kue atau cake. Di dalam buah ceri terdapat banyak kandungan serat, vitamin, dan mineral seperti potassium, vitamin A, kalsium, dan asam folat.

3. Apel merah

Apel merah dipercaya lebih menyehatkan dibandingkan apel hijau. Jenis apel merah yang paling terkenal adalah Red Delicious yang mengandung serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan vitamin K.

Apel merah juga mengandung pigmen antosianin yang memberikan warna gelap pada kulitnya. Antosianin dikenal bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

4. Paprika

Mungkin selama ini Anda mengira paprika adalah sayur. Nyatanya, paprika adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memang banyak digunakan sebagai pelengkap dalam masakan. Paprika memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, dan karotenoid di dalamnya. Buah yang satu ini dapat mencegah anemia dan mengurangi peradangan pada tubuh.

5. Tomat

Buah yang berwarna merah tomat berasal dari wilayah Amerika Selatan. Buah ini merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, karena kandungan vitamin C dalam satu buah tomat mencapai 40%.

Tomat juga disebut-sebut sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia dengan tingginya kandungan antioksidan yang baik untuk sistem imun. Mengkonsumsi buah warna merah yang sehat dan enak ini setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, menetralkan tekanan darah, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

6. Semangka

Semangka memiliki rasa manis dan mengandung sangat banyak vitamin seperti fosfor, magnesium, tembaga, kalsium, besi, dan mangan. Sebagian besar komposisi di dalam semangka adalah air, sehingga buah ini juga sangat baik dikonsumsi pada saat diet. Semangka juga mengandung senyawa likopen yang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

7. Delima

Buah yang juga sering disebut dengan pomegranate ini dapat mencegah dan melawan infeksi dalam tubuh. Menurut penelitian, di dalam buah delima terdapat properti antibakteri dan antivirus yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan peradangan di area mulut.

8. Raspberry

Raspberry berukuran kecil, namun nutrisi di dalamnya sangat melimpah. Buah raspberry adalah jenis buah yang berwarna merah yang mengandung vitamin C, quercetin, asam galat dan asam ellagic.

Berbagai manfaat kesehatan dari raspberry antara lain mengandung properti anti kanker dan sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan asam ellagic juga dipercaya mampu membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.

9. Anggur

Anggur merah termasuk buah yang sangat terkenal di Indonesia dan sangat baik untuk kesehatan. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K, serta antioksidan yang baik melawan kanker. Anggur merah juga dapat menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah dan melindungi tubuh dari diabetes.

10. Plum

Di antara semua jenis plum, Victoria plum adalah yang berwarna merah. Plum termasuk ke dalam spesies Rosaceae dan masih satu keluarga dengan aprikot dan buah persik. Plum disebut sebagai superfood karena kaya kandungan mineral yang baik untuk tubuh seperti mangan, tembaga, dan kalium.

Kandungan vitamin dalam plum juga cukup lengkap yaitu vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Sudah pernah mencoba buah warna merah yang sehat dan enak ini?

11. Bit

Buah bit atau beetroot adalah buah merah yang kaya kandungan folat, serta, potassium, mangan, vitamin C, dan zat besi. Buah bit dikenal sangat baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Berbagai jenis buah berwarna merah memang lezat dan menyehatkan. Namun cara mengkonsumsinya juga harus diperhatikan agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan secara maksimal. Misalnya dengan tidak menambahkan terlalu banyak gula saat mengolah buah menjadi jus. Mengkonsumsi buah dengan cara yang sehat sangat penting supaya tubuh juga menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa jenis buah warna merah yang sehat dan enak. Buah merah mana yang paling Anda suka?

 

  1. A Healthier Michigan. 2011. 9 Health Benefits of Red Fruits and Vegetables. https://www.ahealthiermichigan.org/2011/03/22/using-color-as-a-guide-to-a-better-diet-9-health-benefits-of-red-fruits-and-vegetables/. (Diakses pada 19 Oktober 2021).
  2. Diplomat Pharmacy. 2020. Eat the Rainbow: Go Red to Help Your Heart. https://www.diplomatpharmacy.com/empower/library/eat-the-rainbow-red. (Diakses pada 19 Oktober 2021).
  3. Fine Dining Lovers. 2019. 20 Red Fruits and Vegetables You Should be Eating. https://www.finedininglovers.com/article/20-red-fruits-and-vegetables-you-should-be-eating. (Diakses pada 19 Oktober 2021).
  4. Smith, Isabel. 2020. BENEFITS OF RED FRUITS AND VEGETABLES. https://www.isabelsmithnutrition.com/nutrition/benefits-red/. (Diakses pada 19 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi