Terbit: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Masyarakat biasanya mengolahnya menjadi bubur kacang hijau. Selain banyak disukai, terdapat beragam manfaat kacang hijau untuk kesehatan. Apa saja? Simak di sini.

Jarang Diketahui, Ini 11 Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Sejumlah Manfaat Kacang Hijau untuk Tubuh

Kacang hijau sudah dibudidayakan sejak zaman dahulu kala. Pada mulanya, jenis kacang ini tumbuh di India, lalu mulai tersebar ke Cina dan beberapa negara lain di Asia Tenggara.

Selain menjadi makanan yang cukup digemari, kacang hijau mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Kacang ini mengandung protein, antioksidan, dan berbagai vitamin serta mineral.

Berkat kandungan tersebut, kacang hijau menyimpan sejumlah kebaikan untuk kesehatan. Berikut ini adalah sederet manfaat yang bisa didapatkan, di antaranya:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kacang hijau bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Menurut penelitian, khasiat ini berasal dari sejumlah kandungan di dalamnya.

Penelitian juga telah menemukan bahwa sekitar 130 gram kacang-kacangan, termasuk kacang hijau, secara signifikan bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kacang hijau untuk pencernaan berasal dari kandungan serat tinggi di dalamnya. Kacang hijau mengandung serat larut yang bernama pektin.

Pektin akan membantu menjaga kesehatan usus sekaligus mempercepat penyerapan makanan di dalam usus.

Selain itu, kandungan lainnya yang dapat membantu pencernaan Anda tetap sehat adalah pati resisten. Cara kerjanya sama dengan serat larut, yaitu sama-sama menyehatkan bakteri di usus.

Baca JugaSejumlah Manfaat Kacang Fava untuk Kesehatan

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Bagi yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, kacang hijau bisa Anda pertimbangkan sebagai salah satu makanan untuk dikonsumsi.

Manfaat kacang hijau bagi para pelaku diet adalah mengontrol nafsu makan. Bila nafsu makan Anda tidak berlebih, berat badan pun akan tetap ideal.

Khasiat ini berasal dari serat dan protein di dalamnya yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Pada akhirnya, Anda akan makan lebih sedikit.

4. Mengurangi Kadar Gula Darah

Kadar gula yang tinggi di dalam darah berhubungan dengan berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Kondisi ini disebabkan oleh insulin yang bekerja kurang maksimal.

Kacang mengandung protein dan serat yang tinggi sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus membantu kerja insulin lebih efektif.

5. Baik untuk Penderita Diabetes

Ekstraksi kacang hijau mengandung vitexin, isovitexin, dan zat lain. Semua kandungan ini memengaruhi metabolisme glukosa. Pada akhirnya, hal ini bisa membantu mengurangi resistensi insulin.

Kacang hijau mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah, kacang hijau adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karenanya manfaat kacang hijau juga sekaligus menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk menurunkan risiko terkena gangguan kardiovaskular ini adalah dengan menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Kacang hijau sudah terbukti dapat menurunkan nilai LDL. Dengan demikian, secara tidak langsung risiko penyakit jantung bisa berkurang.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius karena bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Mengetahui fakta tersebut, penting untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Salah satu makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah adalah kacang-kacangan, salah satunya kacang hijau.

Kacang-kacangan mengandung serat, potasium, dan magnesium. Kandungan tersebut dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih rendah pada orang dewasa dengan tekanan darah tinggi ataupun yang tidak memiliki kondisi ini.

8. Mencegah Heat Stroke

Kacang hijau memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi. Ini dipercaya dapat membantu melindungi dari serangan panas, rasa haus, dan suhu tubuh tinggi.

Selain itu, kacang hijau mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin. Menurut penelitian pada hewan, keduanya telah terbukti dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang terjadi selama serangan panas (heat stroke).

9. Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu potensi manfaat kacang hijau bagi kesehatan adalah menurunkan risiko kanker. Menurut studi pada tabung reaksi, senyawa yang ada di dalam kacang hijau kemungkinan memiliki sifat antitumor. Namun demikian, penelitian lain masih diperlukan guna membuktikan manfaat kacang hijau yang satu ini.

Baca Juga14 Manfaat Kacang Kenari bagi Kesehatan

10. Mengatasi Alergi

Konsumsi kacang hijau dinilai mampu mengatasi alergi. Khasiat ini berasal dari kandungan di dalamnya yang memiliki sifat antiinflamasi.

Sebuah studi pada tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak kacang hijau kemungkinan besar memiliki potensi untuk mengatasi peradangan ringan, misalnya alergi.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan. Jika ingin memperoleh berbagai khasiat tersebut, konsumsilah dalam batas wajar.

Jangan lupa kombinasikan dengan berbagai makanan sehat lainnya agar manfaatnya untuk kesehatan bisa diperoleh secara maksimal.

 

  1. Huzar, Timothy. 2019. Health Benefits of Mung Beans. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324156. (Diakses pada 7 November 2022).
  2. Muinos, Lacey. 2021. Mung Beans: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/mung-beans-nutrition-facts-and-health-benefits-5203189. (Diakses pada 7 November 2022).
  3. Raman, Ryan. 2018. 10 Impressive Health Benefits of Mung Beans. https://www.healthline.com/nutrition/mung-beans. (Diakses pada 7 November 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi