Terbit: 28 December 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Menjaga asupan agar kadar gula darah tidak melonjak dengan signifikan adalah sesuatu yang penting diperhatikan oleh penderita diabetes. Salah satu pola makan yang dianggap bermanfaat untuk pengidap penyakit ini adalah diet vegetarian. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Diet Vegetarian untuk Penderita Diabetes, Benarkah Bermanfaat?

Manfaat Diet Vegetarian untuk Penderita Diabetes

Diet vegetarian adalah pola makan yang hanya mengonsumsi makanan dari buah-buahan, sayuran, dan protein nabati. Berikut ini adalah beberapa manfaat menjalankan diet vegetarian untuk diabetes, di antaranya:

1. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Diet vegetarian biasanya lebih rendah kalori daripada pola makan non-vegetarian. Hal ini dapat membantu mengontrol berat badan.

Orang yang menjalani diet vegetarian juga cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah daripada orang yang mengikuti diet non-vegetarian.

Memiliki berat badan yang sehat bisa membantu meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko komplikasi diabetes.

2. Meningkatkan Kontrol Gula Darah dan Respons Insulin

Mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, polong-polongan, dan kacang-kacangan, dipercaya dapat meningkatkan kontrol gula darah dan membuat tubuh lebih responsif terhadap insulin.

Akan tetapi, penderita diabetes yang menjalani diet vegetarian dapat menimbulkan efek berbahaya pada gula darah jika mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat sederhana, seperti kentang, pasta, nasi putih, dan roti putih.

3. Mengurangi Risiko Komplikasi Diabetes

Diet vegetarian yang ketat biasanya bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan biasanya tinggi serat larut.

Menjalani diet vegetarian rendah lemak bisa membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. Penyakit kardiovaskular merupakan komplikasi umum dari penderita diabetes.

Baca Juga: 11 Makanan Sehat Pengganti Nasi yang Aman untuk Penderita Diabetes

Tips Diet Vegetarian untuk Penderita Diabetes

Semua orang yang didiagnosis dengan penyakit ini (termasuk wanita hamil) dapat mengikuti pola diet ini asalkan berkonsultasi dengan ahli gizi atau ahli diet terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa tips menjalani diet vegetarian untuk penderita diabetes, di antaranya:

1. Mengonsumsi Karbohidrat Berserat Tinggi

Menyeimbangkan karbohidrat dengan menambahkan makanan tinggi serat dapat membantu mengurangi efek lonjakan kadar gula darah.

Serat tidak hanya menjaga gula darah stabil, tetapi juga membuat rasa kenyang lebih lama dan membantu pencernaan.

Beikut ini contoh karbohidrat serat tinggi untuk diet vegetarian:

  • Nasi merah sebagai pengganti nasi putih.
  • Roti gandum utuh sebagai pengganti roti putih.
  • Kacang panggang sebagai pengganti keripik kentang

2. Mengonsumsi Makanan Berprotein Nabati

Bagi penderita diabetes, protein adalah nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu rasa kenyang, dan memperlambat pencernaan yang membantu mengatur gula darah.

Protein nabati termasuk kacang-kacangan, kacang polong, dan biji-bijian. Jenis diet vegetarian seperti Lacto-ovo vegetarian juga bisa mendapatkan protein dari telur dan yoghurt.

3. Mengonsumsi Lemak Sehat

Ketika memulai diet vegetarian untuk diabetes, biasanya Anda akan mengganti lemak jenuh yang terdapat dalam produk hewani dengan lemak sehat yang ditemukan dalam makanan nabati.

Jadi, penting untuk menambahkan lemak sehat ke dalam diet vegetarian karena tubuh tidak dapat menghasilkan dua asam lemak esensial sendiri; yakni omega-3 dan omega-6.

Anda bisa mengonsumsi lemak sehat yang berasal dari alpukat, kacang-kacangan, margarin, minyak zaitun, dan minyak canola. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Membuat kenyang lebih lama, sehingga membantu menjaga berat badan.
  • Menjaga membran sel tetap sehat dan membantu perkembangan sel.
  • Mempertahankan tekanan darah yang sehat.
  • Menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung.

Jika Anda memiliki diabetes dan ingin menjalani diet vegetarian, sebaiknya konsultasi dengan ahli gizi terlebih dahulu.

Ahli gizi akan membantu dalam membuat rencana makan yang menyediakan semua nutrisi dan jumlah kalori yang tepat untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

 

  1. Anonim. Vegetarian Diets and Diabetes. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/enjoy-food/eating-with-diabetes/vegetarian-diets. (Diakses pada 27 Desember 2022)
  2. Castro, M. Regina. 2022. Vegetarian diet: Can it help me control my diabetes?. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/expert-answers/diabetes/faq-20058117. (Diakses pada 27 Desember 2022)
  3. Cervoni, Barbie. 2022. How to Eat a Well-Balanced Vegetarian Diet With Type 2 Diabetes. https://www.verywellhealth.com/vegetarian-diet-and-type-2-diabetes-1087535. (Diakses pada 27 Desember 2022)
  4. Dierks, Melissa H. Diabetes & Vegetarian Diets: Tips & Meal Options [Plus, Download a Free Meal Plan Chart]. https://agamatrix.com/blog/vegetarian-diabetic-diet/. (Diakses pada 27 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi