Terbit: 21 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Roti merupakan salah satu makanan tinggi karbohidrat yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes (diabetesi). Namun, apakah hal tersebut membuat diabetesi tidak boleh mengonsumsi roti? Yuk, cari tahu boleh tidaknya penderita diabetes makan roti dalam ulasan berikut. 

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Roti? Cek Penjelasannya di Sini

Roti dan Kaitannya Penyakit Diabetes

Seseorang dengan penyakit diabetes tipe 2 berarti tubuhnya tidak dapat merespons insulin secara normal, sehingga bisa mengakibatkan resistensi insulin dan kadar gula darahnya menjadi tidak stabil. Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti roti dapat memicu kenaikan gula darah. 

Apabila kadar gula darah tinggi, hal tersebut bisa berdampak pada masalah kesehatan yang lebih serius seperti kehilangan penglihatan, penyakit ginjal, hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, menjaga kadar gula darah tetap stabil sangatlah penting. Namun, apakah itu berarti penderita diabetes tidak boleh makan roti? 

Jangan khawatir, Anda masih bisa menikmati roti tanpa perlu khawatir kadar gula darah melonjak. Namun, bukan berarti Anda bisa makan roti sepuasnya tanpa aturan.

Penderita diabetes boleh makan roti selama itu sesuai dengan meal plan atau kebutuhan karbohidrat tubuh dalam sehari.

Misalnya, ada dua potong roti dengan berat 24 sampai 30 gram. Maka setiap porsi roti mengandung sekitar 15 g karbohidrat.

Menurut American Diabetes Association, jumlah porsi yang dikonsumsi setiap hari akan bergantung pada masing-masing individu. Untuk memastikan apakah porsi karbohidrat yang dikonsumsi sesuai atau melebih batas perhitungan, sebaiknya Anda konsultasi dengan ahli diet atau ahli gizi.

Baca Juga7 Pilihan Roti yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes  

Cara Aman Makan Roti bagi Penderita Diabetes

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila penderita diabetes ingin makan roti, di antaranya:

1. Jenis Roti

Salah satu roti yang cocok untuk penderita diabetes adalah roti gandum. Selain dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama, roti gandum juga lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Meski begitu, roti gandum relatif tinggi karbohidrat sehingga konsumsinya harus dibatasi. Ketika memilih roti ini, carilah ang mengandung bahan-bahan seperti quinoa, beras merah, oats, atau barley. 

Bahan-bahan tersebut memiliki indeks glikemik (IG) yang lebih rendah daripada tepung putih olahan. Selain itu, biji-bijian juga mengandung nutrisi penting yang baik untuk tubuh seperti zinc, protein, dan vitamin E. 

2. Batasi Porsi

Walaupun jenis roti yang dipilih termasuk roti yang sehat dan memiliki angka IG yang rendah, Anda tetap perlu membatasi jumlah asupannya terutama bagi penderita diabetes. 

Selain itu, hindari makan roti tanpa tambahan protein karena hal tersebut bisa memicu gula darah meningkat. 

3. Perhatikan Label Kemasan

Sebagian besar roti yang ada di pasaran terbuat dari tepung putih olahan seperti roti gulung, roti italia, bagel, dan lainnya. Jenis roti tersebut tidak mengandung serat dan mudah meningkatkan kadar gula darah. Untuk itu, jika Anda ingin makan roti cobalah membaca kemasan dan label roti dengan cermat.

Jangan terkecoh dengan label yang mengatakan ‘multi-grain’ atau ‘seven grain’. Jika bahan pertama pada kemasan tidak mengatakan ‘whole’ , itu berarti bukan roti gandum.

Pada akhirnya, walaupun penderita diabetes boleh makan roti, namun pastikan untuk selalu memastikan kandungan gizinya. Hal ini menjadi penting guna membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

 

  1. Anonim. Can diabetics eat bread?. https://www.vinmec.com/en/news/health-news/nutrition/can-diabetics-eat-bread/. (Diakses Pada 19 Desember 2022)
  2. Cervoni, Barbie. 2019. Best and Worst Breads for People With Type 2 Diabetes. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-worst-breads-diabetes/ (Diakses Pada 19 Desember 2022)
  3. Hickman, Kiersten. 2022. Can People with Diabetes Eat Bread?. https://www.eatingwell.com/article/8009378/can-people-with-diabetes-eat-bread/. (Diakses Pada 19 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi