Terbit: 19 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Sebagaimana nasi, roti dianggap sebagai makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi sehingga dikhawatirkan bisa memicu lonjakan gula darah. Tentu, hal inilah yang membuat roti menjadi makanan yang harus dihindari penderita diabetes (diabetesi). Lantas, adakah roti yang aman dikonsumsi?

7 Pilihan Roti yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Beragam Jenis Roti yang Aman untuk Penderita Diabetes

Berikut ini adalah beberapa pilihan roti yang tidak membuat kadar gula darah naik dengan cepat, di antaranya: 

1. Roti Gandum Utuh

Jenis roti ini kaya akan kandungan serat yang cenderung tidak mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini akan membantu tubuh merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama setelah mengonsumsinya.

Roti gandum utuh ternyata juga akan menghambat kenaikan kadar gula darah setelah makan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan serat larut di dalamnya. 

Hanya saja, meskipun aman dikonsumsi diabetesi, roti gandum memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga Anda harus membatasi konsumsinya.

2. Roti Gandum Kasar

Roti gandum kasar mengandung lebih banyak serat, protein, dan lemak sehat sehingga bagus untuk pengidap diabetes. Jenis roti ini membuat bisa membuat kenyang lebih lama dan membantu mengontrol kadar gula darah. 

Namun, perlu diingat beberapa roti gandum kasar mengandung tinggi kalori. Sehingga, diabetesi disarankan untuk membaca label kemasan sebelum membeli. 

3. Roti Multigrain 

Roti multigrain biasanya mengandung lebih dari satu jenis biji-bijian. Anda mungkin bisa mendapatkan manfaat gandum, soba, quinoa, dan jelai dalam satu potong roti. 

Biji-bijian dalam roti multigrain mengandung indeks glikemik yang lebih rendah dari tepung terigu pada roti biasa. Selain itu, biji-bijian juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin E, zinc, serat, dan protein. 

Baca Juga: Jarang Disadari, Inilah Pola Makan yang Menyebabkan Penyakit Diabetes

4. Tortilla 

Jika bosan dengan roti biasa, Anda bisa memilih tortila sebagai alternatif roti untuk penderita diabetes. 

Roti yang berbentuk pipih ini dibuat dari jagung giling dan dibuat tanpa memakai proses ragi. Tortilla juga bisa ditemukan dari bahan sehat lainnya seperti kedelai atau gandum. Satu hal yang pasti, makan tortilla tidak akan mudah meningkatkan lonjakan kadar gula darah dengan cepat.

5. Roti Pumpernickel

Roti pumpernickel terbuat dari tepung gandum hitam yang difermentasi. Roti jenis ini memiliki IG yang lebih rendah sehingga baik untuk penderita diabetes. 

6. Roti Gandum Organik

Roti gandum organik adalah salah satu pilihan roti paling baik untuk penderita diabetes karena kaya akan serat.  Beberapa produsen roti mungkin membuat bentuknya menjadi lebih tipis sehingga kandungan karbohidrat di dalamnya terbilang rendah. 

7. Roti Kecambah

Satu lagi roti yang memiliki indeks glikemik rendah yakni roti kecambah atau sprouted bread. Roti yang terbuat dari bahan biji-bijian ini kaya akan serat, zinc, vitamin E, dan protein. Roti Yehezkiel adalah salah satu jenis roti kecambah yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Baca Juga: 11 Pilihan Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Makan Roti

.Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum Anda mengonsumsi roti, di antaranya:

  • Hindari roti putih yang terbuat dari tepung putih, seperti roti bagel, roti tawar, atau roti gulung. 
  • Hindari roti yang mengandung kismis atau buah kering di dalamnya, karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi. 
  • Hindari roti yang ditambahkan dengan pemanis seperti gula, sirup jagung dengan fruktosa tinggi, dan pemanis buatan lainnya. 
  • Jangan memakan roti tanpa menambahkan protein, hal ini dapat menyebabkan gula darah melonjak.

 

  1. Anonim. Bread and Diabetes. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/enjoy-food/carbohydrates-and-diabetes/bread-and-diabetes. (Diakses pada 16 Desember 2022) 
  2. Cervoni, Barbie. 2019. Best and Worst Breads for People With Type 2 Diabetes. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-worst-breads-diabetes. (Diakses pada 16 Desember 2022)  
  3. May, Brandon. 2018. What’s the Best Bread For People With Diabetes? https://www.medicalnewstoday.com/articles/311036#diabetes-friendly-breads. (Diakses pada 16 Desember 2022)
  4. Whelan, Corey. 2021. What Are the Best Breads for People with Diabetes?. https://www.healthline.com/health/diabetes/best-bread-for-diabetics. (Diakses pada 16 Desember 2022) 


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi