Terbit: 15 June 2022 | Diperbarui: 25 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Tidak sedikit orang makan pisang saat perut kosong sebagai alternatif sarapan pagi. Namun, segelintir orang bertanya-tanya, bolehkah hanya sarapan pisang saat perut masih kosong? Yuk, Cari tahu jawabannya dalam penjelasan di bawah ini!

Bolehkah Makan Pisang saat Perut Masih Kosong? Cek Faktanya

Bolehkah Makan Pisang saat Perut Kosong?

Sarapan pagi adalah waktu makan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi sarapan pagi yang kaya akan nutrisi. Hanya saja, karena berbagai kesibukan, kadang kala Anda tidak sempat menyiapkan sarapan.

Karena praktis, pisang terkadang dijadikan sebagai makanan saat sarapan pagi yang mudah didapatkan dan bisa dimakan di sela-sela kesibukan.

Pisang adalah buah yang sangat bergizi, tetapi sayangnya makan pisang saat perut kosong seperti saat di pagi hari ternyata bisa memicu ketidakseimbangan mineral di dalam tubuh.

Ketidakseimbangan mineral dapat berdampak buruk bagi kesehatan organ kardiovaskular, kondisi di mana adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

Oleh karena itu, tidak disarankan hanya mengonsumsinya pisang untuk sarapan pagi.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Ini 10 Manfaat Pisang Ambon bagi Kesehatan

Akibat Makan Pisang saat Perut Kosong

Pisang juga relatif tinggi karbohidrat dan gula alami yang bisa dijadikan sumber energi tubuh. Beberapa kandungan lainnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh adalah tryptophan, potasium, magnesium, serat, vitamin B, vitamin C, zat besi, dan vitamin B6.

Sayangnya, jika hanya makan pisang saat perut kosong, maka kandungan gula yang cukup tinggi di dalamnya akan memicu lonjakan glukosa darah. Hal ini akan membuat produksi insulin meningkat dan akibatnya membuat energi akan menurun dengan cepat.

Meski bisa membuat perut terasa kenyang, hanya mengonsumsi pisang saat perut dalam keadaan kosong akan membuat tubuh lebih mudah merasa lelah dan mengantuk.

Meski begitu, mengonsumsi pisang saat sarapan pagi diperbolehkan. Hanya saja, pisang dijadikan makanan pendamping dari makanan sarapan lainnya. Sebagai contohnya, Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan oatmeal yang kaya akan serat dan baik bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 20 Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Cara Makan Pisang yang Benar saat Perut Kosong

Karena makan pisang saja untuk sarapan tidak dianjurkan, sebaiknya campurkan pisang dengan makanan sehat lainnya.

Anda bisa mencampurkan pisang dengan yoghurt, selai kacang, sereal, apel, gandum, dan buah-buahan kering lainnya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Ini akan membantu menetralkan asam dan mengurangi metabolisme gula. Oleh karena itu, tubuh akan tetap terlindungi dari lonjakan insulin.

Menyeimbangkan makan pisang dengan alternatif dapat memberikan rasa kenyang hingga waktu makan siang.

Pisang memiliki manfaat yang luar biasa apabila mengonsumsinya dengan cara yang benar. Nah, setelah Anda mengetahui cara yang benar untuk makan pisang, Anda dapat mengambil manfaat secara optimal.

Berikut adalah beberapa pilihan bagaimana cara membuat pisang sebagai sarapan Anda, di antaranya:

  • Banana oatmeal cookies. Menu sarapan sehat dan sekaligus enak ini akan membantu menambah kembali energi untuk memulai hari. Kombinasi secangkir oat, pisang, mentega kacang mentah, dan sirup maple akan membuat sarapan yang menyenangkan.
  • Sereal pisang berry. Ini adalah sarapan pisang yang sangat mudah dibuat. Mencampurkan sejumput buah beri, pisang yang dipotong kecil-kecil, dan semangkuk penuh susu skim akan memberi rasa yang pas untuk sarapan sehat.
  • Chocolate banana smoothie. Smoothie adalah pilihan sehat lainnya untuk sarapan. Campurkanlah pisang, susu kacang, dan sedikit bubuk kakao untuk memperkaya rasa, kemudian blender hingga lembut. Teksturnya yang lembut dan creamy tidak hanya terasa enak, mengenyangkan, dan sehat, tetapi juga membuat Anda ketagihan.

Bila Anda ingin mengonsumsi pisang sebagai sarapan tetapi masih ragu, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi terkait kondisi Anda dan manfaatnya untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2021. Can You Eat Bananas on Empty Stomach?. https://medicaldarpan.com/eating-banana-on-empty-stomach/. (Diakses pada 15 Juni 2022)
  2. Link, Rachael. 2021. Is Eating a Banana for Breakfast Healthy?. https://www.healthline.com/nutrition/banana-for-breakfast. (Diakses pada 15 Juni 2022)
  3. Rana, Sarika. 2021. Should We Or Shouldn’t We Eat Bananas On An Empty Stomach?. https://food.ndtv.com/food-drinks/should-we-or-shouldnt-we-eat-bananas-on-an-empty-stomach-1677842. (Diakses pada 15 Juni 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi