Terbit: 21 Januari 2022
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Anda mungkin butuh asupan kopi untuk meningkatkan fokus dan energi menjalani hari, namun efeknya jadi sulit tidur di malam hari. Yuk, cek cara cepat tidur setelah minum kopi dalam pembahasan ini!

8 Cara Cepat Tidur Setelah Minum Kopi

Cara Cepat Tidur Setelah Minum Kopi

Kopi mengandung kafein yang mudah diserap tubuh termasuk ke otak sesaat setelah Anda mengonsumsinya. Kafein memblokir reseptor adenosin yang bertugas untuk mempromosikan tidur atau tubuh rileks.

Reseptor adenosin juga berfungsi untuk mengatur siklus tidur/bangun Anda, namun kafein bisa mengikat reseptor sehingga tubuh tetap terjaga atau tidak bisa tidur di waktunya.

Efek kopi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyampaikan bahwa waktu paruh kafein adalah antara empat dan enam jam.

Artinya, setengah dari kandungan kafein masih ada di dalam tubuh Anda hingga 6 jam. Mungkin membuat Anda insomnia di malam hari.

Nah, berikut ini cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur agar bisa tidur lelap bangun segar:

1. Latihan Meditasi atau Yoga

Anda harus membuat tubuh setenang mungkin sementara masih ada efek kafein di dalam tubuh. Caranya dengan meditasi dan yoga, agar reseptor adenosin naik dan Anda bisa mulai merasa kantuk.

Anda harus melatih pikiran, fokus, dan perhatian hingga mencapai keadaan relaksasi yang mendalam. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Coba berbagai gaya yoga ringan dan meditasi untuk pemula.

2. Baca Buku di Tempat Tidur

Cara cepat tidur setelah minum kopi adalah dengan baca buku di tempat tidur untuk menghilangkan rangsangan pada pikiran, mengurangi stres, dan menyebabkan mata lelah.

Peneliti dari University of Sussex menyampaikan bahwa membaca buku selama 6 menit semalam dapat mengurangi stres hingga 68%. Ini bisa mempromosikan ketenangan di jam tidur sehingga akan terlelap lebih cepat.

3. Jauhkan Gadget dan Alat Elektronik

Sementara tubuh masih terjaga karena kandungan kafein, jangan meningkatkan kewaspadaan dengan menggunakan ponsel atau menonton TV sebelum tidur.

Itu akan membuat otak tetap bekerja dan aktif, sehingga akan sulit tidur karena pikiran fokus untuk beraktivitas dengan gadget.

Bila perlu matikan gadget agar tidak ada gangguan dari bunyi notifikasi. Buat suasana tenang dan nyaman agar otak memasuki keadaan santai.

Mencoba tidur setelah minum satu atau dua cangkir kopi adalah perjuangan berat, jadi harus memudahkan diri sendiri dengan mematikan perangkat elektronik dan sumber cahaya biru.

Baca Juga: 10 Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas dan Nyenyak

4. Olahraga Ringan

Harvard Medical School mengklaim bahwa cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur adalah dengan olahraga ringan. Misalnya, jalan kaki di sekitaran rumah atau melakukan peregangan.

Aktivitas fisik akan mengeluarkan energi dari kafein ekstra keluar dari sistem tubuh Anda. Setelahnya, coba mandi dan beristirahat.

5. Hidrasi Tubuh

Kafein bersifat diuretik (membuang kelebihan air dan garam melalui urine), sehingga akan memberi efek dehidrasi bila terlalu banyak. Efek dehidrasi juga membuat sulit tidur.

Jadi, jangan lupa minum air putih yang cukup setelah minum kopi. Ini akan membantu menetralisir efek kafein dan merelaksasi tubuh agar lebih mudah tidur.

6. Jangan Ngemil

Biasanya minum kopi ditemani camilan manis atau goreng-gorengan. Itu bisa menambah efek sulit tidur setelah minum kopi.

Terlebih lagi jika Anda ngemil dekat waktu tidur, meningkatkan risiko masalah pencernaan dan masalah tidur. Sebaiknya tidak makan dan minum kafein 2-3 jam sebelum tidur.

7. Latihan Pernapasan Dalam

Cara menghilangkan efek kopi agar bisa tidur selanjutnya dengan melatih pernapasan dalam. Begini caranya:

Hembuskan napas dalam-dalam dan kemudian buang napas dari hidung Anda (seperti suara menderu).

  • Tarik napas dengan lembut melalui hidung selama 4 detik.
  • Tahan napas selama 7 detik.
  • Hembuskan napas lagi melalui mulut Anda selama 8 detik (seperti suara mendesing).

Mungkin bisa diulangi beberapa kali sampai merasa tenang dan kalem. Teknik pernapasan ini akan mengontrol pikiran dan mengalihkan kekhawatiran Anda yang membuat jadi sulit tidur.

Baca Juga: 27 Obat Tidur Alami untuk Mengatasi Susah Tidur Paling Ampuh

8. Ciptakan Suasana Tenang

Tubuh harus rileks dan santai agar bisa cepat tidur. Berikut ini beberapa cara cepat tidur setelah minum kopi:

  • Rapikan kamar dan tempat tidur agar nyaman.
  • Pasang aromaterapi atau pengharum ruangan dengan wangi lembut bila perlu.
  • Menggunakan bantal empuk atau selimut hangat.
  • Matikan semua gadget dan alat elektronik lainnya.
  • Pakai essential oil yang menenangkan bila perlu.
  • Jangan bawa pekerjaan ke tempat tidur, itu akan memengaruhi kualitas tidur.

Itulah beberapa cara cepat tidur setelah minum kopi. Bila perlu, konsumsi obat tidur herbal untuk membantu tidur nyenyak.

Lelap adalah obat dari bahan alami untuk mengatasi gejala sulit tidur. Obat ini mengandung ekstrak tanaman herbal yaitu Valerianae Radix, Myristicae semen, Eleuthroginseng Radix, dan Polygalae Radix. 

obat insomnia Lelap doktersehat

Konsumsi 1-2 kaplet per hari, 30 menit-1 jam sebelum tidur agar bisa tidur lelap bangun segar. Aman dikonsumsi untuk anak usia 12 tahun ke atas. Minum sesuai aturan pakai untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Ini termasuk obat tradisional yang sudah mendapatkan izin Badan POM dan berlogo “Obat Herbal Terstandar”. Logo “Obat Herbal Terstandar” dapat dilihat di kemasan kiri atas berupa lingkaran berisi jari-jari daun 3 pasang, yang berarti sudah terbukti keamanan dan khasiatnya melalui uji praklinik dan bahan bakunya telah terstandarisasi.

 

  1. Dillon, McKenzie. 2021. How To Sleep After Drinking Coffee. https://myslumberyard.com/sleep/how-to-sleep-after-coffee/#:~:text. (Diakses pada 19 Januari 2021).
  2. McCallum, Katie. 2021. Caffeine & Sleep: How Long Does Caffeine Keep You Awake?. https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2021/oct/caffeine-sleep-how-long-does-caffeine-keep-you-awake/#:~:text. (Diakses pada 19 Januari 2021).
  3. MacDonnell, Kate. 2022. How to Fall Asleep After Drinking Coffee (Tips & Tricks). https://coffeeaffection.com/how-to-fall-asleep-after-drinking-coffee/. (Diakses pada 19 Januari 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi