Terbit: 20 July 2022 | Diperbarui: 21 July 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Apel adalah salah satu buah yang memiliki kandungan kalori rendah. Oleh karena itu, buah ini populer untuk program diet penurunan berat badan. Lantas, berapa banyak kalori dalam satu buah apel? Yuk, simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ini.

Bagus untuk Diet, Berapa Banyak Kalori dalam Satu Buah Apel?

Berapa Banyak Kalori dalam Satu Buah Apel?

Apel adalah buah yang mengandung kalori dengan jumlah bervariasi berdasarkan jenis dan ukuran. Kalori adalah satuan energi yang digunakan untuk mendukung kinerja dan fungsi berbagai organ tubuh.

Satu buah apel yang tidak dikupas berukuran sedang atau setara 100 gram mengandung sekitar 52 kalori. Sementara satu apel Granny Smith kecil memiliki 80 kalori, dan apel honeycrisp berukuran lebih besar menyediakan 123 kalori.

Meski jumlah kalorinya berbeda, semua jenis apel termasuk buah yang mendukung penurunan berat badan kesehatan secara umum, terutama jika dijadikan sebagai pengganti makanan ringan berkalori tinggi.

Buah apel juga dianggap sebagai salah satu makanan berkalori negatif, yaitu makanan yang membutuhkan lebih banyak kalori untuk dicerna daripada yang terkandung di dalamnya.

Itu berarti Anda dapat mengonsumsi buah berkalori negatif sebanyak yang Anda mau tanpa penambahan berat badan yang signifikan dan meminimalkan penambahan kalori.

Baca Juga: 11 Manfaat Jus Apel bagi Tubuh, Efek Samping, dan Cara Membuatnya

Nutrisi Apel untuk Penurunan Berat Badan

Apabila sudah mengetahui sebuah apel berapa kalori, penting untuk mengenali nutrisi lainnya dalam buah ini. Apel mengandung berbagai nutrisi yang juga bagus untuk membantu penurunan berat badan.

Berikut ini beberapa nutrisi untuk penurunan berat badan, di antaranya:

1. Serat

Apel adalah buah yang sangat kaya akan serat. Satu buah apel berukuran sedang atau setara 100 gram mengandung serat sekitar 4 gram, yaitu 17% dari angka kecukupan gizi (AKG).

Sebagian serat dalam apel berasal dari serat tidak larut dan larut yang disebut pektin. Serat larut memiliki banyak manfaat kesehatan, sebagian karena memberi makan bakteri baik di usus.

Manfaat serat juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan menyebabkan penurunan berat badan sambil menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi pencernaan.

2. Kandungan air

Manfaat terbaik dari makan buah apel dapat membantu menghidrasi tubuh. Apel mengandung air dalam jumlah tinggi, karena hampir 90 persen buahnya terdiri dari air.

Hidrasi yang cukup dapat membantu dalam mengatur hormon rasa lapar dan membantu mencegah makan berlebihan. Dengan begitu, buah ini bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Lemak

Dalam satu buah apel biasanya tidak mengandung lemak dalam jumlah tinggi. Biasanya, apel berukuran sedang mengandung kurang dari satu gram lemak.

Apabila Anda menghindari lemak dalam diet, maka apel menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk penurunan berat badan.

4. Karbohidrat

Satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 20-25 gram karbohidrat, tergantung pada ukuran porsinya secara keseluruhan.

Tidak hanya berapa kalori sebuah apel yang Anda butuhkan untuk penurunan berat badan, jumlah karbohidrat yang sedikit dalam apel juga memiliki manfaat yang sama.

Perlu diketahui juga, sebagian besar karbohidrat yang ada pada apel mengandung gula. Dalam satu buah apel mengandung hampir 20 gram gula. Kadar ini cenderung tinggi bagi Anda yang sedang menghindari segala bentuk gula dalam makanan.

5. Indeks glikemik rendah

Buah apel memiliki indeks glikemik (GI) rendah, yang merupakan ukuran seberapa banyak kadar gula darah naik setelah makan.

Makanan rendah GI bisa membantu mengontrol gula darah dan mengendalikan berat badan karena membantu menjaga kadar gula darah seimbang.

Diet rendah GI juga dapat membantu mencegah diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Baca Juga: 27 Makanan Rendah Kalori, Mana yang Paling Anda Suka?

6. Antioksidan

Apel juga sangat kaya akan antioksidan yang disebut quercetin, senyawa yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Mengurangi peradangan tidak hanya mencegah datangnya penyakit, tetapi juga membantu juga membantu menurunkan berat badan.

Peradangan dalam tubuh terkait dengan obesitas karena dapat memengaruhi resistensi insulin, yaitu cara tubuh menggunakan insulin. Ketika mengalami resistensi insulin, tubuh dapat memproduksi lebih banyak insulin, yang dapat menyebabkan pertambahan berat badan.

Insulin berfungsi untuk membawa glukosa/gula darah ke dalam jaringan dan organ tubuh untuk disimpan.

Sementara quercetin dapat mengubah senyawa pro-inflamasi dalam tubuh, dan oleh karenanya berdampak pada menurunnya resistensi insulin. Tubuh akan dapat menggunakan insulin dengan baik sehingga produksinya tidak berlebihan.

Nah, itulah penjelasan tentang berapa kalori dalam satu apel dan nutrisi lainnya yang membantu penurunan berat badan. Apabila Anda ingin menjadikan apel sebagai salah satu makanan untuk diet, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi untuk mencegah masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

 

  1. Anonim. Are Apple Calories Good for Weight Loss?. https://ableapp.co/apple-calories/. (Diakses pada 20 Juli 2022)
  2. Arnarson, Atli. 2019. Apples 101: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/foods/apples. (Diakses pada 20 Juli 2022)
  3. Garone, Sarah. 2021. 6 Ways Apples Can Help You Lose Weight, According to Dietitians. https://www.eatthis.com/news-apples-to-lose-weight/. (Diakses pada 20 Juli 2022)
  4. Hensrud, Donald. 2020. We’ve heard that eating negative-calorie foods might be a good diet strategy. But what exactly are they?. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/expert-answers/negative-calorie-foods/faq-20058260. (Diakses pada 20 Juli 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi