Terbit: 26 November 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Saat memutuskan untuk berumah tangga, setiap pasangan harus menyadari bahwa setiap pekerjaan rumah harus dilakukan bersama-sama. Namun dalam banyak kasus, seorang istri kerap kali memiliki tugas yang lebih banyak dibanding suami. Simak tips berbagi tugas rumah tangga dengan suami, selengkapnya di bawah ini.

6 Tips agar Suami Mau Berbagi Tugas Rumah Tangga

Cara Membagi Tugas Rumah Tangga dengan Suami

Jika Anda adalah seorang istri yang tinggal dengan suami yang tidak terlalu terlibat dengan pekerjaan rumah tangga, berikut ini adalah beberapa tips berbagi tugas rumah tangga dengan suami, di antaranya:

1. Mengakui Perasaan Anda pada Suami

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengakui perasaan yang sebenarnya pada suami. Pembagian kerja rumah tangga yang tidak seimbang, mungkin membuat Anda frustrasi, tidak dihargai, bahkan putus asa.

Inilah sebabnya mengapa begitu banyak wanita tidak memulai percakapan dengan suami. Sebagian besar wanita membayangkan percakapan akan diwarnai dengan emosi yang meledak-ledak dan destruktif.

Meski memulai percakapan mungkin membuat Anda berdua tidak nyaman, namun hal tersebut adalah sesuatu yang penting dilakukan untuk menciptakan hubungan yang lebih baik.

2. Tidak Memaksakan Kehendak

Tips berbagi peran suami istri dalam rumah tangga berikutnya adalah hindari pemaksaan dalam melakukan sesuatu. Jika Anda mencoba memaksa pasangan untuk melakukan sesuatu, hal tersebut umumnya jarang berhasil dalam jangka panjang.

Mintalah apa yang Anda butuhkan untuk merasakan bagaimana perasaan istri, daripada mengeluhkan rasa kecewa terhadap peran suami. Diskusikan dengan pasangan bagaimana cara agar pembagian tugas rumah lebih setara dan saling memberikan dukungan.

3. Hindari Saling Menyalahkan

Nyatakan masalah dengan cara yang paling objektif dan faktual. Gunakan pernyataan ‘aku’. Jangan katakan ‘kamu tidak melakukan apa-apa di dalam rumah’ cobalah katakan ‘tugas rumah ini kadang membuat aku kewalahan dan terkadang kesal’.

Setelah itu, tetap tujuan yang masuk akal dengan mengatakan, ‘aku ingin kita berbicara tentang bagaimana kita berdua bisa menyadari apa yang perlu dilakukan, jadi aku tidak merasa tugas rumah tangga semuanya aku yang kerjakan’.

Hal ini penting dilakukan untuk mendekatkan hubungan dan menciptakan suasana seperti sebuah tim dalam menyelesaikan sebuah permainan.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Suami Mencapai Puncak Kenikmatan Seksual

4. Hindari Mengawasi Gerak-Gerik Suami

Jika Anda terus-menerus mengkritik cara suami melakukan tugas-tugas tertentu atau selalu mengawasi pekerjaan yang dilakukannya, hal tersebut dapat membuat suami enggan untuk secara aktif terlibat dalam pekerjaan rumah tangga dan mengambil inisiatif.

Percayakan pasangan untuk menyelesaikan tugasnya. Jika ada yang gagal, cobalah untuk tidak mengkritiknya atau berdebat dengannya tentang cara yang ‘benar’ untuk melakukan sesuatu. Minta suami untuk peduli dengan hal-hal yang Anda pedulikan, sebagai cara untuk menunjukkan cintanya pada Anda.

Mengizinkan pasangan untuk mengambil alih tanggung jawab terhadap tugas rumah tangga lebih penting—terutama dalam jangka panjang—daripada menyelesaikan semuanya secepat mungkin.

5. Berikan Dorongan Positif

Jika suami telah melakukan tugas rumah tangga dengan baik, ucapkan terima kasih secara langsung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang bahagia adalah yang secara aktif mencari sifat-sifat positif pada pasangannya.

Hal ini membuat Anda akan banyak mengucapkan terima kasih setiap hari, dan Anda akan mengulangi hal yang sama berulang-ulang.

6. Melakukan Tugas Bersama Sebanyak Mungkin

Sering kali tugas suami dalam rumah tangga—dan umumnya yang lebih diinginkan—adalah terkait tugas yang membutuhkan keterampilan khusus, seperti memperbaiki saluran air atau merawat kendaraan.

Suami lebih cepat bosan jika mengerjakan tugas rumah tangga sehari-hari (seperti menyapu, mencuci piring, atau pel lantai) atau jika melakukannya, tetap wanitalah yang bertanggung jawab untuk memastikan semuanya selesai.

Guna menghindari satu pasangan terbebani atau untuk menghindari satu pasangan mengendur dalam tugas yang diberikan, cobalah untuk melakukan tugas bersama sesering mungkin.

Contohnya, saat salah satu pasangan mencuci piring setelah makan malam, pasangan lainnya meluangkan waktu untuk mengambil cucian atau merapikan ruang tamu. Dengan begitu, masing-masing  pasangan biasanya menghabiskan jumlah waktu yang sama untuk mengerjakan tugas rumah tangga.

Nah, itulah berbagai tips berbagi tugas rumah tangga dengan suami yang penting diketahui oleh istri.

 

  1. Gonsalves, Kelly. 2020. How To Get Your Partner To Do More Around The House, For Real. https://www.mindbodygreen.com/articles/how-to-get-your-partner-to-do-their-fair-share-of-household-chores. (Diakses pada 26 November 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi