Terbit: 31 Desember 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Salah satu hal penting yang harus Anda persiapkan menjelang pergantian tahun adalah menyiapkan resolusi tahun baru. Hal ini penting dilakukan agar Anda memiliki tujuan yang jelas dalam menjalani hidup. Simak penjelasan mengenai contoh hingga cara membuat resolusi tahun baru, selengkapnya di bawah ini.

Resolusi Tahun Baru dan Tips Mewujudkannya

Contoh dan Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

Pada dasarnya, setiap resolusi pasti bertujuan untuk memicu perubahan yang positif. Perubahan tersebut bisa terkait kesehatan, keuangan, atau mempelajari hal-hal baru terkait pengembangan diri.

Berikut adalah contoh resolusi tahun baru dan cara membuatnya, di antaranya:

1. Penurunan Berat Badan dan Peningkatan kesehatan

Menurunnya berat badan dan tubuh lebih sehat adalah contoh resolusi yang paling umum dibuat. Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau menjadi lebih sehat secara keseluruhan, konsistensi dan membuat perubahan kecil adalah kuncinya.

Jika saat ini Anda makan banyak daging dan menyumbang terjadinya peningkatan berat badan, salah satunya cara membuat resolusi tahun baru ini tercapai adalah dengan menjadi vegetarian atau rutin berolahraga.

Tetapkan tujuan jangka pendek yang berbeda, misalnya membuat makanan vegetarian per minggu, daripada mengonsumsinya sekaligus dalam jangka waktu yang lama.

2. Kondisi Keuangan Lebih Baik

Resolusi terkait keuangan bisa terkait dengan keluar dari hutang atau mencoba menghemat pengeluaran. Oleh karena itu, membuat strategi jangka panjang adalah pilihan yang terbaik.

Jika Anda bertekad untuk melunasi hutang di tahun depan, maka setiap uang yang Anda keluarkan harus terukur dan realistis. Evaluasi kemajuan setiap bulannya sambil menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

Baca Juga: Bandwagon Effect dan Pengaruhnya pada Pendirian Seseorang

3. Berhenti Konsumsi Minuman Beralkohol

Meski pergantian malam tahun baru erat kaitannya dengan minuman beralkohol, namun jika hal ini berlawanan dengan resolusi Anda di tahun yang baru, maka Anda harus berpegang teguh pada resolusi yang sudah direncanakan.

Beberapa orang mungkin merasa terinspirasi untuk berhenti minum alkohol secara permanen. Untuk mewujudkan hal ini, Anda harus mulai mengambil langkah-langkah kecil dan mencari alternatif yang lebih sehat jika hasrat untuk mengonsumsi minuman beralkohol muncul.

Pada dasarnya, alkohol menipu otak untuk berpikir bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang menyenangkan. Padahal, terdapat banyak aktivitas yang dapat Anda temukan saat mulai menjelajahi cara baru untuk bersenang-senang.

4. Meminimalkan Limbah dan Menggunakan Produk Ramah Lingkungan

Jika resolusi tahun baru Anda mengharuskan menjadi lebih ramah terhadap bumi, beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menghemat penggunaan listrik, mengurangi penggunaan botol plastik, berbelanja barang bekas, atau menggunakan produk yang ramah lingkungan.

Baca Juga: 11 Tanda Overachiever dan Efeknya bagi Kesehatan Mental

5. Lebih Banyak Perawatan Diri

Tidak dapat disangkal bahwa pandemi COVID-19 telah membuat stres. Jadi, tidak mengherankan jika seseorang membutuhkan lebih banyak perawatan diri untuk memastikan kesehatan fisik dan mentalnya tetap kuat.

Salah satu resolusi tahun baru yang harus diulang sepanjang tahun adalah mendapatkan sinar matahari 5 hingga 10 menit per hari. Ini adalah rekomendasi perawatan diri pertama yang mudah untuk dilakukan.

6. Menerapkan Metode SMART

Metode SMART bisa Anda gunakan sebagai cara membuat resolusi tahun baru sekaligus membantu menyusun tujuan yang lebih baik. SMART yang dimaksud adalah:

  • Specific. Mengartikulasikan resolusi sejelas mungkin. Misalnya, berhenti merokok lebih baik daripada menjadi sehat. Meskipun ‘sehat’ itu bagus, namun kata tersebut dapat diartikan dalam banyak cara.
  • Measurable. Hitung resolusi sedetail mungkin jika memungkinkan, misalnya, saya akan kehilangan 10 % dari berat badan yang sekarang.
  • Attainable. Pilih tujuan yang memungkinkan namun tetap menantang.
  • Relevant. Tetaplah relevan dengan prioritas dan tujuan Anda.
  • Time-sensitive. Beri diri Anda kerangka waktu untuk mencapai tujuan. Sebuah tenggat waktu akan menanamkan beberapa urgensi dan memberikan kesempatan pada Anda untuk merayakan kesuksesan.

 

  1. Moore, Cortney. 2021. 7 New Year’s resolution ideas and how to crush them. https://www.foxnews.com/lifestyle/new-years-resolution-ideas-how-crush-them. (Diakses pada 31 Desember 2021).
  2. Zomick, Brad. Top 10 Most Common New Year’s Resolutions (and How to Follow Through on Them). https://www.goskills.com/Soft-Skills/Resources/Top-10-new-years-resolutions. (Diakses pada 31 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi