Terbit: 3 Desember 2021 | Diperbarui: 6 Desember 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Salah satu masalah yang sering dihadapi para istri dalam rumah tangga adalah suami yang senang menghabiskan waktu di luar rumah. Apa saja tips agar suami betah di rumah? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

6 Tips agar Suami Betah di Rumah yang Wajib Diketahui Istri

Cara Bikin Suami Betah Di Rumah

Sebelum menjelaskan mengenai tips suami betah di rumah, pada dasarnya rumah harus menjadi tempat yang hangat, damai, dan tempat yang membuat seseorang senang untuk kembali.

Oleh karena itu, sebagai seorang istri apakah Anda sudah menjadi tempat yang nyaman bagi suami untuk bersandar? apakah Anda membuatnya stres? atau apakah Anda tahu apa yang diinginkannya?

Berikut adalah tips membuat suami betah di rumah, di antaranya:

1. Masak Makanan Kesukaannya

Selain melalui perkataan, salah satu cara untuk menyentuh hati suami adalah dengan melalui ‘perutnya’. Untuk membuat suami berkesan, masaklah sesuatu yang istimewa untuknya.

Cobalah untuk masak hidangan favoritnya. Membuatkan makanan yang menjadi kesukaannya menggambarkan betapa berartinya kebahagiannya bagi Anda.

2. Nonton Film Romantis Bersama

Cobalah tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda memiliki waktu khusus hanya untuk suami? Apakah Anda hanya memanfaatkannya sesuai kepentingan sendiri.

Tips agar suami betah di rumah ini sering kali terlewat saat Anda memiliki anak. Padahal menghabiskan waktu bersama bersama pasangan adalah sesuatu yang penting.

Menonton film bersama akan menjadi ide bagus jika suami Anda memiliki hari yang panjang di tempat kerja dan sedang mencari cara untuk bersantai.

Makan malam dan menonton film bersama bisa sama romantisnya seperti di bioskop. Bahkan, aktivitas ini bisa jauh lebih intim.

Baca Juga: 11 Manfaat Makan Bersama Keluarga, Mencerdaskan hingga Cegah Stres!

3. Jangan Memarahinya

Pada dasarnya, tidak ada anak yang suka dimarahi oleh orang tua. Oleh karena itu, perlu Anda pahami bahwa suami adalah pria dewasa. Dia tidak membutuhkan seorang ibu, dia membutuhkan seorang istri.

Jika Anda masih bertindak seperti Anda adalah ibunya, mengomelinya tidak ada gunanya bagi Anda berdua. Belajarlah untuk menahan ucapan yang keluar dari mulut Anda.

Meski hal ini bagi beberapa orang bukanlah sesuatu yang mudah, akan tetapi semakin lama Anda berlatih hal tersebut dapat mudah untuk dilakukan.

Tidak peduli betapa menyebalkannya sesuatu yang dia lakukan, lupakan dirimu sendiri dan cobalah untuk diam/tidak mengkritiknya dengan keras.

4. Tanyakan Pada Suami apa yang Dapat Anda Lakukan Untuknya

Cobalah untuk membiasakan setiap pagi menanyakan pada suami apa yang dapat Anda lakukan untuk membantunya hari ini.

Cobalah tanyakan apa yang dibutuhkannya sesering mungkin. Hal tersebut membuatnya merasa bahwa ia sangat dihargai.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Suami Mencapai Puncak Kenikmatan Seksual

5. Memperlakukan Suami dengan Penuh Hormat

Pada dasarnya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk suami adalah melupakan diri sendiri dan bersikap baik padanya.

Ketika Anda memperlakukan suami dengan rasa hormat itu, rumah akan menjadi tempat yang lebih damai bukan hanya bagi suami dan anak-anak, tetapi juga bagi Anda.

6. Jadikan apa yang Penting baginya Sebagai Prioritas

Terakhir, lihatlah apa yang diprioritaskan suami Anda di rumah. Aktivitas apa yang disukainya? Nilai dan keterampilan apa yang ingin dia wariskan pada anak?

Cobalah prioritaskan pada hal-hal yang paling dia perhatikan, misalnya ia tidak bisa melihat remah-remah sisa makanan di lantai atau tumpukan cucian kotor. Maka bersihkan itu semua.

Jika Anda sudah mengenali apa yang menjadi prioritasnya, berarti Anda harus mencegah cucian agar tidak terbengkalai atau segera membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal.

Nah, itulah berbagai tips agar suami betah di rumah yang penting diketahui oleh istri. Intinya, kenali karakter suami dan rangkul dia dengan cara yang mudah dimengerti.

Selebihnya, komunikasikan apa yang dia inginkan, Anda inginkan, atau bila ada masalah lainnya dan mencari solusi bersama.

 

  1. Anonim. 2019. 8 Ways To Make Your Home A Safe Haven For Your Husband. https://huntressathome.com/2019/01/11/8-ways-to-make-your-home-a-safe-haven-for-your-husband/. (Diakses pada 3 Desember 2021).
  2. Achwal, Aarohi. 2019. How to Impress Your Husband – 15 Ways to Make Him Love You Even More. (Diakses pada 3 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi