Terbit: 15 August 2022 | Diperbarui: 23 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Cinta adalah emosi yang kuat yang dirasakan oleh seseorang. Perasaan ini bisa menimbulkan kebahagiaan atau sebaliknya. Lantas, apa saja manfaat jatuh cinta untuk kesehatan yang bisa dirasakan. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Manfaat Jatuh Cinta untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

Sejumlah Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatan

Selama ini jatuh cinta hanya dikaitkan dengan perasaan bahagia dari seseorang atau perasaan sedih jika tidak bisa menggapainya.

Padahal, selain mendapatkan dua perasaan yang saling berseberangan itu, jatuh cinta juga memberikan manfaat lain yang terdiri dari:

1. Menurunkan Kadar Stres

Salah satu manfaat dari jatuh cinta adalah membantu mengurangi kadar stres yang dirasakan. Hal ini berhubungan dengan hormon di dalam tubuh.

Saat sedang jatuh cinta, hormon yang terdiri dari dopamin, vasopressin, serotonin, dan testosteron dalam tubuh akan bekerja.

Perlu Anda ketahui, hormon tersebut akan bekerja dengan memberikan perasaan tenang hingga perubahan mood yang berjalan membaik.

2. Mengurangi Kecemasan

Saat sedang jatuh cinta, tubuh akan banyak menghasilkan dopamin. Hormon ini bekerja untuk memberikan rasa optimis. Saat hormon ini bekerja, tubuh akan mendapatkan efek positif berupa perasaan optimis dan membuang perasaan cemas yang kadang mengganggu.

Jatuh cinta akan membuat seseorang jadi lebih optimis dalam kehidupannya. Seseorang akan melakukan banyak hal termasuk mengejar karier untuk mendapatkan perhatian atau atensi dari seseorang yang ia cintai.

3. Meredakan Nyeri secara Alami

Manfaat jatuh cinta lainnya adalah meredakan nyeri secara alami. Menurut studi fMRI, hubungan romantis jangka panjang dapat mengaktivasi otak untuk menjaganya tetap terkendali.

Berkaitan dengan hal itu, sebuah laporan CDC menemukan hal serupa. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 127.000 partisipan, orang dewasa yang sudah menikah cenderung tidak mengeluhkan rasa sakit kepala dan sakit punggung.

4. Membantu Mengendalikan Stres

Tidak hanya menurunkan rasa stres, manfaat jatuh cinta juga berhubungan dengan kemampuan untuk mengendalikannya. Hal ini berkaitan dengan dukungan sosial yang akan diterima orang terkasih.

Jika Anda sedang menghadapi stres, tetapi memiliki orang-orang di sekitar yang memberikan banyak dukungan, ada kemungkinan Anda mampu mengendalikan stres dengan baik.

Baca JugaLimerence (Obsesi Cinta Berlebihan): Gejala, Penyebab, Dampak Buruk, dll

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Seseorang yang sedang jatuh cinta cenderung berpikiran positif, lebih aktif, dan jarang mendapatkan stres. Inilah yang pada akhirnya membuatnya jadi lebih sehat.

Dengan pikiran yang lebih positif, daya tahan tubuh seseorang secara otomatis akan meningkat sehingga jarang sekali mengalami sakit.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Psychosomatic Medicine menemukan, orang yang menunjukkan emosi positif memiliki kemungkinan lebih kecil terserang sakit setelah terpapar pilek atau flu.

6. Membantu Menyembuhkan Lebih Cepat

Jika Anda sedang jatuh cinta dan mendapatkan respons yang positif dari pasangan, hal tersebut dapat membuat Anda pulih lebih cepat dari penyakit yang sedang dialami. 

Menurut penelitian yang dilakukan di Ohio State University Medical Center, luka lecet pada pasangan yang sudah menikah dan memiliki hubungan baik dua kali lebih cepat sembuh ketimbang pasangan yang kurang harmonis.

7. Melawan dan Mencegah Penyakit

Salah satu manfaat dari jatuh cinta lainnya adalah mengurangi risiko Anda gampang sakit. Hal ini berkaitan dengan pikiran positif yang dinilai mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, ketika menjalin hubungan romantis dengan orang lain, Anda dan pasangan akan saling peduli terhadap kesehatan satu sama lain. Inilah yang dapat menjadi motivasi untuk menjaga kesehatan.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jatuh cinta akan menurunkan risiko terkena penyakit gangguan jantung seperti tekanan darah terlalu tinggi atau sebaliknya.

Lebih lanjut, seseorang yang jarang jatuh cinta atau tidak menikah biasanya berisiko alami penyakit jantung dua kali lebih besar dan berisiko sebabkan kematian.

Baca JugaMengenal Situationship, Hubungan Mesra Tanpa Status

9. Memperpanjang Harapan Hidup

Manfaat jatuh cinta yang satu ini berkaitan dengan komitmen jangka panjang alias menikah. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menikah memiliki angka harapan hidup yang lebih panjang.

Menurut sebuah penelitian, pernikahan berpengaruh terhadap tingkat kematian. Penelitian tersebut memperoleh data dari survei dan wawancara. Hasilnya, orang yang belum pernah menikah memiliki kemungkinan sebesar 58% terhadap kematian daripada orang yang sudah menikah.

Itu dia beberapa manfaat jatuh cinta yang sebaiknya Anda ketahui. Perbaikilah hubungan dengan orang-orang yang Anda kasihi sehingga hubungan yang romantis bisa terjalin.

Jika kesulitan untuk mengatasi masalah dengan pasangan, jangan sungkan untuk meminta bantuan profesional, seperti psikolog atau psikiater. Semoga bermanfaat!

 

  1. Rauh, Sherry. 2009. 10 Surprising Health Benefits of Love. https://www.webmd.com/sex-relationships/features/health-benefits. (Diakses pada 15 Agustus 2022).
  2. Sandoiu. 2019. Lovesick: What are the Adverse Effects of Love? https://www.medicalnewstoday.com/articles/324459#_noHeaderPrefixedContent. (Diakses pada 15 Agustus 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi