Terbit: 29 January 2018 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Meski sudah pernah berpisah, banyak orang yang akhirnya kembali menjalin hubungan dengan mantan kekasihnya. Sebenarnya, apa sih penyebab dari fenomena banyaknya orang yang balik dengan mantannya ini?

Ini Alasan Mengapa Banyak Orang yang Balikan Dengan Mantan

Sebuah penelitian pun dilakukan oleh para ahli dari Kansas State University pada tahun 2013 lalu untuk mengetahui seperti apa fenomena balikan dengan mantan ini. Hasilnya adalah, hampir separuh dari pasangan yang kembali menjalin hubungan dengan mantan kekasih menganggap mantannya telah berubah menjadi pribadi yang lebih baik setelah putus.

Penelitian lain yang dilakukan oleh para ahli dari Utah University dan Toronto University yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Social Psychological and Personality Science dilakukan untuk mengetahui alasan mengapa ada orang yang memilih untuk mempertahankan atau memutuskan hubungan. Hasilnya adalah, mereka yang mempertahankan hubungan memiliki optimisme tinggi bahwa pasangannya tidak akan berubah. Selain itu, 66 persen responden berkata bahwa mereka memilih untuk tetap bersama dengan pasangan karena merasakan saling ketergantungan dalam berbagai hal bersama dengan pasangannya.

Sementara itu, mereka yang memilih untuk meninggalkan pasangannya sudah merasakan adanya jarak secara emosional dengan pasangannya, lunturnya kepercayaan, hingga kerapnya melakukan perdebatan yang tidak perlu. 38 persen responden juga memilih untuk memutuskan hubungan karena alasan tidak setia meskipun 49 persen responden yang memutuskan hubungan ini masih ragu untuk meninggalkan pasangannya.

Adanya perasaan galau dan ragu untuk memutuskan hubungan inilah yang ternyata membuat cukup banyak pasangan yang akhirnya membuat pasangan kembali menjalin hubungan dengan mantannya. Adanya kesempatan kedua ternyata juga seringkali dipergunakan untuk saling memperbaiki diri, khususnya dalam komunikasi yang lebih baik dan perubahan dalam berbagai hal sehingga membuat hubungan pasangan bisa sukses.

Melihat adanya fakta ini, jangan heran jika ada pasangan yang putus nyambung namun kemudian bisa terus awet atau menjalani hubungan pernikahan yang bahagia.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi