Terbit: 10 November 2021 | Diperbarui: 17 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Stres yang dirasakan karena kehilangan pekerjaan atau tidak memiliki pekerjaan bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Anda harus mengisi masa-masa belum mendapatkan pekerjaan baru dengan kegiatan positif. Simak apa saja cara menghilangkan stres saat menganggur berikut ini!

10 Cara Menghilangkan Stres saat Menganggur

Cara Menghilangkan Stres saat Menganggur

Mendapatkan pekerjaan bukan hal yang mudah. Menganggur bukan hanya menyebabkan masalah finansial, namun juga membuat Anda rentan mengalami stres. Berikut ini cara mengatasi stress akibat sulit dapat kerja atau masih menganggur yang bisa Anda lakukan:

1. Beri waktu diri Anda untuk bersedih

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan Anda menganggur, misalnya seperti dipecat dari pekerjaan, terpaksa pensiun dini, atau mengalami masalah kesehatan. Apapun itu, menganggur adalah kondisi yang menyebabkan Anda syok dan bersedih.

Beri waktu untuk diri Anda bersedih, alih-alih memungkiri perasaan tersebut. Jangan memendam perasaan Anda atau menyalahkan diri sendiri. Ceritakan kesedihan Anda pada orang terdekat atau menuliskannya ke dalam buku harian. Membiarkan diri Anda bersedih membantu Anda lebih cepat menerima kenyataan dan segera move on.

2. Perhatikan kesehatan diri

Jangan sampai menganggur membuat Anda mengabaikan kesehatan diri. Pastikan Anda cukup beristirahat dan makan makanan yang sehat untuk menghadapi stres selama belum mendapatkan pekerjaan. Untuk bisa memulai karir yang baru, Anda harus punya jiwa, raga, dan pikiran yang sehat.

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Stres di Masa Pandemi COVID-19 (Ampuh)

3. Pertahankan interaksi sosial

Mengurung diri dari lingkungan sekitar bisa membuat stres Anda semakin parah. Jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat, baik itu keluarga, pasangan, atau sahabat. Meskipun tidak bisa bertemu secara langsung, Anda bisa menghubungi mereka melalui telepon.

Berhubungan dengan orang-orang yang Anda sayangi punya dampak yang baik untuk kesehatan mental. Selain itu, Anda juga harus tetap menjalin koneksi baik dengan teman, kolega, atau siapapun yang mungkin bisa memberi Anda lowongan pekerjaan atau membawa Anda pada bidang pekerjaan baru. 

4. Susun jadwal aktivitas sehari-hari

Merencanakan hal-hal yang akan Anda lakukan setiap hari akan membuat Anda merasa lebih tenang. Alokasikan waktu untuk menyelesaikan masalah pengangguran Anda (mencari pekerjaan, mengikuti kursus, dan lain sebagainya), melakukan hobi, berolahraga, hingga menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.

5. Rutin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik

Salah satu cara menghilangkan stres saat menganggur adalah dengan rutin berolahraga. Buat jadwal olahraga rutin selama 30 menit sehari, dengan berbagai kegiatan. Misalnya dengan latihan fisik selama 15 menit dan berjalan kaki selama 15 menit untuk menyegarkan pikiran.

Menggerakkan tubuh dapat membantu meredakan stres karena Anda fokus kepada aktivitas fisik. Anda juga bisa menemukan olahraga baru yang diminati seperti berenang atau menari.

Nah, bila rasa stres Anda berkurang atau bahkan terkontrol, Anda akan memiliki pemikiran yang lebih jernih serta pikiran lebih positif. Dengan demikian, Anda bisa memiliki ide baru, semangat baru, solusi cemerlang, dan juga harapan baru untuk memulai karir baru. 

6. Jalani rutinitas positif

Ketika seseorang sedang dilanda stress, mereka cenderung melampiaskannya pada hal-hal yang negatif seperti makan berlebihan tanpa henti dan konsumsi alkohol. Padahal, kebiasaan tersebut bisa menimbulkan gangguan kesehatan dalam jangka panjang. Sehingga Anda harus jalani rutinitas yang positif untuk menghadapi stres Anda.

Contohnya adalah dengan mengurangi konsumsi kafein yang bisa mengganggu keseimbangan hormon dan suasana hati, hindari nikotin, makan makanan bergizi yang banyak mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan (ikan salmon, herring, sarden, mackerel), rumput laut, dan kenari. Selain itu, hindari juga konsumsi nikotin yang memicu peningkatan stres dan kecemasan.

7. Hilangkan pikiran negatif

Kondisi stress menyebabkan mental dan emosional seseorang cenderung tidak stabil. Pada saat-saat seperti ini, Anda akan sangat mudah tergoda untuk melakukan banyak kebiasaan negatif. Misalnya konsumsi alkohol berlebihan yang dianggap bisa melegakan pikiran, begadang, atau makan secara tidak terkendali agar bisa melupakan permasalahan yang dihadapi.

Namun, ingat bahwa semua kebiasaan negatif tersebut bisa berdampak sangat buruk untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Sebaiknya, kembangkan kebiasaan lain yang positif, yang bisa mendukung Anda mendapatkan pekerjaan baru dengan lebih cepat. Melakukan kebiasaan negatif hanya akan menambah masalah baru dan tidak membantu Anda menyelesaikan masalah yang sudah ada.

Baca Juga: 10 Teknik Relaksasi untuk Mengatasi Kecemasan dan Stres

8. Susun rencana baru

Bila Anda gagal mendapat suatu pekerjaan, susun lagi rencana baru dengan belajar dari kesalahan sebelumnya. Sekarang waktunya Anda untuk bangkit lagi dengan beberapa langkah awal, cara menghilangkan stres saat menganggur termasuk:

  • Memperbaiki CV, resume, atau portfolio Anda. Bila belum punya pengalaman kerja, maka belajarlah. Anda bisa mulai dari membantu teman atau kerabat untuk bekerja paruh waktu/freelance di tempat mereka, mencoba belajar skill dari media sosial atau internet, atau fokus pada suatu bidang yang Anda sukai atau Anda yakin bisa menguasainya menjadi sebuah karir yang menjanjikan.
  • Mencari lagi lowongan kerja terkait kemampuan atau latar belakang pendidikan Anda. Lamar pekerjaan baik dari lowongan online atau offline.
  • Latih kemampuan public speaking agar tidak gagal saat wawancara kerja atau jadi luwes dan terdengar mengesankan saat berkomunikasi dengan seseorang yang mungkin bisa memberi Anda sebuah pekerjaan.
  • Memilih pakaian formal atau semi formal yang baik agar Anda terlihat meyakinkan dan profesional.

9. Pelajari Kemampuan Baru

Jangan menyalahkan diri sendiri karena tidak bisa melakukan sesuatu atau merasa kurang hebat dari orang lainnya. Sebaiknya, pelajari skill atau kemampuan baru hingga Anda jadi hebat di bidang itu.

Sekarang ini, banyak platform online yang menyediakan pelajaran untuk berbagai skill secara gratis. Anda juga bisa mulai dari kemampuan-kemampuan yang mudah dan ada di sekitar, seperti belajar masak untuk mulai jualan makanan, belajar pakai media sosial untuk memulai bisnis online, atau keterampilan lainnya yang bisa Anda kuasai secara otodidak.

10. Cari bantuan profesional

Jika Anda merasakan stres dan kecemasan hingga membuat Anda tidak sanggup atau tidak bersemangat menjalani aktivitas, maka Anda harus mencari bantuan profesional untuk memperbaiki kesehatan mental Anda. Menjalani terapi yang dipandu oleh psikiater dan konsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter bisa membantu meredakan stres Anda.

Baca Juga: Tak Ada Motivasi untuk Berkegiatan? Simak 10 Cara Menghilangkan Rasa Malas Ini!

Tips Lain untuk Mengatasi Stres karena Susah Dapat Kerja

Jika Anda saat ini belum mendapatkan pekerjaan dan merasa stres dengan kondisi tersebut, ada dua hal utama yang harus dilakukan; yaitu mengatasi masalah pengangguran tersebut dan mengatasi stres yang muncul karena Anda masih menganggur.

Menganggur atau belum mendapat pekerjaan adalah masalah utama dalam hal ini. Sehingga untuk mengurangi stress yang dirasakan, Anda harus melakukan berbagai cara dalam mengatasi masalah ini. Cara-cara yang bisa dilakukan antara lain adalah:.

  • Susun budget yang baru. Karena Anda tidak memiliki atau baru saja kehilangan sumber pendapatan, maka Anda harus menyusun budget atau anggaran baru agar kondisi keuangan tetap aman.
  • Kelola berbagai tagihan. Jelaskan situasi finansial Anda pada perusahaan finansial seperti bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda untuk meminta kelonggaran dalam membayar tagihan.
  • Cari bantuan yang bermanfaat. Mulai dari mengikuti pelatihan, berkonsultasi masalah pekerjaan, berbagi cerita Anda dengan teman, hingga mencari diskon untuk membayar tagihan bulanan.
  • Hindari bermalas-malasan: Walaupun saat ini tidak memiliki pekerjaan, namun jangan hanya bermalas-malasan di rumah. Anda bisa membantu keluarga, belajar atau kursus untuk persiapan kerja, atau menciptakan suatu karya/gagasan/ide yang bermanfaat.
  • Minta dukungan dari orang terdekat: Selagi Anda mencari kerja dan memperdalam kemampuan Anda, dukungan dari orang terdekat akan sangat membantu membangkitkan motivasi dan semangat Anda untuk bangkit lagi!

Siapa saja bisa kehilangan pekerjaan yang disebabkan oleh berbagai hal. Jangan biarkan diri Anda larut dalam kesedihan yang berkepanjangan. Lakukan berbagai cara menghilangkan stres saat menganggur dengan kegiatan yang positif sambil tidak putus asa untuk mencari pekerjaan baru.

 

  1. Hoffman Cooper, Ruth. 2016. How to Manage Stress and Stay Positive While Unemployed. https://www.goodtherapy.org/blog/how-to-manage-stress-stay-positive-while-unemployed-0714165. (Diakses pada 09-11-2021).
  2. Morin, Amy. 2021. How to Cope If You’ve Lost Your Job Amidst The Coronavirus Pandemic. https://www.verywellmind.com/coronavirus-job-loss-4802632. (Diakses pada 09-11-2021).
  3. Smith, M.A. 2020. 5 Methods to Avoid Depression Caused by Long-Term Unemployment. https://www.topresume.com/career-advice/5-methods-to-avoid-depression-caused-by-long-term-unemployment. (Diakses pada 09-11-2021).
  4. Smith, Melinda. 2021. Job Loss and Unemployment Stress. https://www.helpguide.org/articles/stress/job-loss-and-unemployment-stress.htm. (Diakses pada 09-11-2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi