Terbit: 25 November 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Lingkungan kerja yang sehat adalah kondisi di mana tidak adanya sesuatu yang dapat menyebabkan seorang karyawan menjadi cedera dan terkena penyakit, sekaligus lingkungan yang mendukung pentingnya menjaga kesehatan. Apa saja indikator tempat kerja dikatakan sehat? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Ciri Lingkungan Kerja yang Sehat? Cek di Sini

Pentingnya Lingkungan Kerja yang Sehat

Jika Anda pernah berada di lingkungan kerja yang terasa berat, negatif, dan tidak produktif, Anda pasti tahu bagaimana rasanya berada di tempat yang menguras mental dan fisik. Itulah sebabnya hubungan antara perusahaan dan pekerja sangat penting untuk menjaga budaya dan lingkungan kerja yang baik.

Lingkungan yang baik adalah di mana karyawan akan berkembang, merasa bahagia, serta termotivasi untuk melakukannya tugas-tugasnya dengan baik. Oleh karenanya, perusahaan memiliki tantangan untuk meyakinkan dan menunjukkan kepada karyawan bahwa lingkungan tempat bekerja tetap sehat. Mulai dari menjaga kebersihan lingkungan hingga kesehatan pekerja.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan perusahaan mengenai kesehatan dan kesejahteraan para pekerja adalah:

Faktor Individu

Hal ini berfokus pada kebutuhan individu seperti meningkatkan akses ke layanan dan informasi kesehatan, serta membangun pengetahuan dan keterampilan pekerja untuk menerapkan gaya hidup sehat (misalnya, menawarkan vaksinasi flu gratis).

Faktor Lingkungan

Menyediakan lingkungan yang mendukung gaya hidup sehat dan mendorong karyawan untuk secara aktif melakukan perilaku sehat. (misalnya, menyediakan rak sepeda).

Faktor Organisasi

Komitmen dari manajemen dan praktik bisnis serta kebijakan yang mendukung dan mendorong perilaku sehat (misalnya, kerja fleksibel atau kebijakan bebas rokok).

Pada akhirnya, program kesehatan dan kesejahteraan di tempat kerja yang efektif dapat berdampak positif pada produktivitas dan kinerja karyawan.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Rekan Kerja Toxic yang Perlu Dihindari!

Indikator Lingkungan Kerja yang Sehat

Lingkungan kerja dikatakan sehat jika karyawan dan manajemen bekerja sama untuk mempromosikan tindakan dan perilaku yang sehat. Suasana lingkungan yang sehat mengarah pada kesempatan untuk diskusi terbuka, hubungan profesional yang kuat, dan peningkatan produktivitas.

Tempat kerja yang sehat adalah tempat di mana karyawan berkembang dalam proyek kerjanya, merasa terpenuhi, dan merasa didukung, yang pada akhirnya mengarah pada pengurangan ketidakhadiran, sakit, dan konflik.

Selain itu, indikator lingkungan kerja yang sehat dapat terlihat dari:

  • Fleksibilitas kerja.
  • Peduli terhadap yang lain.
  • Nilai positif yang ditanamkan.
  • Kebijakan tanpa gosip.
  • Tingkat turnover (pergantian karyawan) rendah.
  • Kolaborasi tim.
  • Komunikasi yang terbuka.
  • Memiliki tujuan yang jelas.
  • Dorongan untuk berkembang.

Baca Juga: Zeigarnik Effect, Terbayang Pekerjaan yang Belum Selesai

Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

Seperti penjelasan sebelumnya, sehat tidak hanya kebutuhan akan perawatan medis, tetapi juga dapat berupa pandangan terhadap tempat kerja dan lingkungan sekitar.

Terdapat empat aspek yang harus diperhatikan saat menciptakan lingkungan kerja yang sehat, di antaranya:

Budaya Tempat Kerja

Setiap perusahaan memiliki budaya perusahaannya sendiri yang menentukan nilainya dan biasanya menciptakan standar yang umumnya diikuti oleh karyawan. Saat karyawan mempraktikkan nilai-nilai yang positif, tempat kerja cenderung lebih sehat karena semua merasa bahagia

Budaya perusahaan yang hebat dapat membuat karyawan tetap produktif dan pekerja yang bahagia juga cenderung bertahan di suatu perusahaan.

Lingkungan Fisik, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja

Lingkungan kerja yang sehat juga melibatkan lingkungan fisik, kesehatan karyawan, dan keselamatan kerja. Kurangi kekhawatiran karyawan dengan memperhatikan keselamatan tempat kerja.

Hal-hal sederhana seperti memastikan bahwa semua kabel listrik tertata rapi adalah salah satu masalah yang tidak perlu dikhawatirkan oleh karyawan. Jadi, ciptakan suasana agar karyawan datang ke tempat kerja dengan aman.

Dukungan Kesehatan dan Gaya Hidup

Karyawan akan peduli dengan perusahaan tempatnya bekerja jika ia tahu bahwa ia diberikan perlindungan.

Karyawan adalah aset terbaik dari setiap organisasi, dan upaya untuk mendorong kesehatan karyawan dapat mendorong kerja tim yang lebih baik, meningkatkan produktivitas, mengurangi cuti sakit, dan kecelakaan kerja.

Melakukan sesi yoga mingguan atau lari malam bersama tim adalah salah satu kegiatan yang mempromosikan dan mendorong gaya hidup sehat.

Mendapatkan Dukungan

Setiap orang memiliki masalah pribadi dan sering kali emosi pribadi bisa dibawa ke tempat kerja. Sebagai perusahaan, cobalah untuk tidak mengabaikannya, jadilah perusahaan yang suportif dengan menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan karyawan.

 

  1. Anonim. What Is A Healthy Workplace. https://www.sahealth.sa.gov.au/wps/wcm/connect/public+content/sa+health+internet/healthy+living/healthy+communities/workplaces/for+business/what+is+a+healthy+workplace. (Diakses pada 25 November 2021).
  2. Page, Seraine. 2020. How to Create a Healthy Work Environment During Unusual Times. https://info.totalwellnesshealth.com/blog/healthy-work-environment. (Diakses pada 25 November 2021).
  3. R, Heryati. Creating a Healthy Workplace Environment for Your Employees. https://inside.6q.io/creating-a-healthy-workplace-environment/. (Diakses pada 25 November 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi