Terbit: 2 April 2022 | Diperbarui: 4 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Arti mimpi banyak dicari tahu. Sebab, sebagian orang percaya ada makna di balik mimpi tersebut. Namun, bagaimana jika Anda bermimpi telanjang bulat di depan umum? Lantas, apa arti mimpi telanjang? Temukan jawabannya melalui ulasan berikut!

7 Arti Mimpi Telanjang, Pertanda Apa?

Arti Mimpi Telanjang Secara Umum

Ketika Anda mimpi telanjang, rasanya mungkin sangat memalukan karena Anda merasa terekspos. Lantas, apakah hal ini menandakan sesuatu?

Mimpi sendiri adalah cerita dan gambar yang diciptakan pikiran saat tidur. Mimpi bisa menghibur, menyenangkan, romantis, mengganggu, menakutkan, bahkan terkadang aneh.

Salah satu mimpi yang cukup aneh adalah mimpi telanjang di depan umum. Arti mimpi telanjang bisa bermacam-macam. Telanjang di sini pun bukan hanya soal tidak mengenakan pakaian lengkap.

Melansir The Symbolism, secara umum ada tiga macam mimpi soal telanjang, yaitu:

  • Tidak menggunakan pakaian di depan umum.
  • Menggunakan pakaian setengah di depan umum (misalnya baju atau celana saja).
  • Melihat seseorang memamerkan kemaluannya di depan umum.

Terkait dengan mimpi telanjang, ada sejumlah mitos yang beredar di masyarakat mengenai arti mimpi tersebut.

Salah satu sumber yang kerap kali menjadi acuan masyarakat untuk mengetahui tafsir mimpi adalah primbon Jawa.

Menurut primbon, mimpi telanjang di depan umum bisa berarti Anda sedang malu terhadap suatu kejadian. Bisa saja hal tersebut merupakan suatu aib yang sedang Anda tutup-tutupi.

Baca Juga11 Arti Mimpi Gigi Copot (Terkait dengan Gangguan Psikologis)

Makna Mimpi Telanjang Menurut Psikologi

Ada berbagai arti mimpi telanjang Lantas, bagaimana tinjauannya dari ilmu psikologi? Apakah memang mimpi ini memiliki makna tersendiri?

Melansir Medical News Today, mimpi yang melibatkan telanjang, gagal dalam ujian, datang terlambat, kehilangan gigi, dan berpakaian tidak pantas, diasosiasikan dengan kepedulian sosial dan ketakutan akan rasa malu.

Daripada penasaran, berikut ini sejumlah arti mimpi telanjang menurut psikologi.

1. Sedang merasa cemas

Arti mimpi telanjang bulat di depan orang banyak bisa menandakan bahwa Anda sedang takut seseorang mengetahui kehidupan pribadi Anda.

Rasa cemas akan muncul karena adanya dugaan mereka akan menghakimi Anda setelah mengetahui ‘rahasia’ yang Anda sembunyikan.

Pada gilirannya, Anda merasa takut orang lain mengetahui diri Anda yang sebenarnya. Inilah yang bisa mencetuskan seseorang mimpi telanjang.

2. Sedang berhati-hati

Pernah bermimpi seseorang mengekspos kemaluan mereka di depan Anda atau banyak orang? Ternyata, arti mimpi telanjang ini bisa menandakan Anda sedang berhati-hati terhadap niatan seseorang dalam hidup Anda.

Meski kebanyakan mimpi menunjukkan pria yang menunjukkan kemaluan mereka, nyatanya jenis kelamin apa pun bisa saja dianggap tidak sopan bagi batasan seksual seseorang.

3. Mencari jati diri

Melansir Simply Psychology, arti mimpi telanjang juga bisa menunjukkan bahwa Anda sedang mencari jati diri. Pada prosesnya, Anda menemukan kesulitan. Hal inilah yang memicu munculnya mimpi.

4. Merasa dituduh

Ketika menghadapi situasi yang membuat Anda merasa terhakimi, Anda bisa saja mengalami mimpi telanjang.

Sebagian besar para ahli setuju bahwa jenis mimpi ini mewakili kecemasan atau kerentanan.

5. Siap untuk berbagi

Sumber lain mengungkapkan, ketika Anda bermimpi telanjang, tetapi merasa nyaman-nyaman saja dengan hal itu, bisa jadi arti mimpi telanjang ini menandakan Anda sudah siap.

Siap di sini maksudnya adalah siap berbagi hal-hal yang lebih personal dengan orang lain.

Sementara itu, reaksi orang-orang dalam mimpi tersebut bisa menunjukkan bagaimana cara Anda menyampaikannya.

6. Lari dari masalah

Melansir The Symbolism, telanjang sering kali dinikmati oleh anak-anak yang tidak bersalah. Jadi, ketika bermimpi telanjang, hal ini dapat melambangkan keinginan untuk melepaskan diri dari beban di masa dewasa.

Penting untuk Anda ketahui, kebanyakan arti mimpi telanjang melambangkan hubungan Anda dengan orang lain.

Baca JugaMimpi Buruk saat Demam Tinggi, Perlukah Anda Khawatir?

7. Ingin perhatian orang lain

Mimpi telanjang bisa melambangkan Anda sedang dalam situasi menginginkan perhatian orang lain. Oleh karena itu, Anda berani melakukan hal-hal di luar nalar demi mendapatkannya.

Kondisi ini berkaitan dengan ekshibisionisme, yaitu kelainan yang ditandai dengan kecenderungan memperlihatkan hal-hal yang tidak senonoh di depan orang banyak.

Nah, itu dia penjelasan seputar arti mimpi telanjang, baik dari kepercayaan masyarakat ataupun dari pandangan psikolog.

Ada banyak teori yang belum diketahui seputar mimpi. Namun, perkembangan teknologi dan teknik penelitian diharapkan dapat membantu menelaah lebih lanjut mengenai arti mimpi tersebut.

 

  1. Cherry, Kendra. 2022. 9 Common Dream Interpretations. https://www.verywellmind.com/understanding-your-dreams-2795935. (Diakses 1 April 2022).
  2. Frothingham, Mia Belle. 2022. 9 Common Dreams and What They Supposedly Mean. https://www.simplypsychology.org/understanding-your-dreams.html. (Diakses 1 April 2022).
  3. Nichols, Hannah. 2018. What does it mean when we dream? https://www.medicalnewstoday.com/articles/284378#what-are-dreams. (Diakses 2 April 2022).
  4. Sylwester, Eva. 2021. What Does It Mean to Dream of Being Naked? https://www.thesymbolism.com/dreams/symbols/naked/. (Diakses 1 April 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi