Terbit: 26 Oktober 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Mengikat rambut menjadi satu dapat memberikan tekanan pada kulit kepala hingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit kepala yang disebut dengan ponytail headache. Simak penyebab, cara mengatasi, cara mencegah, dan siapa saja yang bisa mengalami kondisi ponytail headache atau sakit kepala saat mengikat rambut di sini.

Sakit Kepala saat Mengikat Rambut, Waspadai Ponytail Headache!

Apa Itu Ponytail Headache?

Ponytail headache adalah istilah yang banyak digunakan para ilmuwan untuk menyebut kondisi yang secara ilmiah disebut dengan “sakit kepala traksi eksternal”. Istilah ini tercatat secara resmi di International Headache Society. Ini adalah kondisi sakit kepala saat mengikat rambut.

Fenomena ini diungkapkan pada sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Headache pada tahun 2004, di mana 50 dari 93 wanita yang menjadi subjek penelitian mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh ikatan rambut.

Pada beberapa orang, sakit kepala ditemukan di sekitar area rambut yang diikat, sementara yang lain mengalami sakit kepala yang menyebar hingga ke dahi, pelipis kepala, sampai ke leher.

Baca Juga: Sakit Kepala Berulang: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ponytail Headache?

Pada kulit kepala tepat di bawah folikel rambut, terdapat saraf-saraf yang sangat sensitif. Ketika ikatan rambut menyebabkan sensasi tekanan pada saraf-saraf tersebut, maka akan menghasilkan nyeri atau sakit kepala. Ponytail headache adalah jenis sakit kepala kompresi eksternal, yang artinya nyeri ini disebabkan oleh stimulus yang berasal dari luar kepala.

Sakit kepala ini juga bisa terjadi saat Anda memakai hijab, mengepang rambut dengan ketat, atau mengenakan ikat kepala. Secara teknis, ponytail headache termasuk allodynia, yaitu sensasi rasa sakit yang tidak biasa pada akibat kontak sederhana yang seharusnya tidak menimbulkan nyeri.

Sakit kepala saat menguncir rambut adalah kondisi yang umum terjadi, namun risikonya lebih besar pada orang yang memang sering mengalami sakit kepala, migrain, atau memiliki kondisi nyeri klinis fibromyalgia.

Saraf yang sering dipengaruhi kompresi eksternal seperti ikat rambut atau hijab adalah saraf oksipital (di bagian belakang kepala) dan saraf trigeminal (di sekitar wajah).

Siapa Saja yang Bisa Sakit Kepala saat Menguncir Rambut?

Sakit kepala saat mengikat rambut atau sakit kepala kompresi eksternal bisa dialami oleh siapa saja. Namun beberapa orang memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Beberapa faktor yang menyebabkan saraf di kulit kepala lebih sensitif pada ketegangan adalah mereka yang kurang tidur dan mengalami stres berat.

Ponytail headache juga lebih mudah menyerang seseorang yang sering mengalami migrain. Wanita yang sedang berada dalam fase menstruasi juga cenderung memiliki kulit kepala yang lebih sensitif.

Ketika terasa nyeri di kepala akibat rambut yang diikat, cara tercepat untuk meredakan kondisi tersebut adalah dengan melepaskan ikatan rambut dan membiarkan kulit kepala istirahat sejenak. Selain itu, cobalah tidur cukup di malam hari untuk mengurangi sensitivitas kulit kepala.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala karena Ikat Rambut

Jika Anda mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh ikatan rambut, cara tercepat untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi rambut Anda. Pijat kulit kepala dengan lembut di area yang terasa nyeri dan sakit, kemudian tarik napas dalam-dalam.

Ponytail headache akan hilang dalam waktu satu jam setelah melepaskan ikatan rambut. Apabila Anda sering mengalami sakit kepala saat mengikat rambut, sebaiknya ubah gaya rambut Anda, misalnya dengan mengepang longgar rambut atau membiarkannya tergerai dengan indah.

Baca Juga: 15 Penyebab Rambut Rontok Pada Anak yang Harus Diwaspadai

Cara Mengikat Rambut agar Tidak Sakit Kepala

Alternatif lain adalah dengan mengubah model rambut, memotong rambut lebih pendek, atau menjepit bagian depan rambut. Jika Anda harus mengikat rambut karena aktivitas, misalnya saat berolahraga, perhatikan waktunya, jangan terlalu lama mengikat rambut dan jangan terlalu ketat.

Pilih juga ikat rambut dengan bahan yang lembut, bukan karet biasa yang bisa membuat rambut jadi kusut dan rontok juga. Anda bisa menggunakan jepit atau kuncir rambut model jedai misalnya.

Selain itu, usahakan untuk tidur cukup selama 8 jam di malam hari untuk memperbaiki kondisi kulit kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Tak Kunjung Hilang

Jika sakit kepala saat mengikat rambut tidak hilang juga, Anda bisa mengkonsumsi pereda nyeri jenis Ibuprofen yang dijual bebas atau obat antiinflamasi. Namun, jangan mengkonsumsi obat-obatan tersebut melebihi dua kali dalam seminggu.

Anda juga bisa menggunakan suplemen magnesium dengan dosis 500 mg setiap hari apabila sakit kepala sangat parah dan tidak tertahankan.

Pertimbangkan untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter jika sakit kepala tidak kunjung hilang, baik setelah mengubah gaya rambut, tidur cukup, hingga mengkonsumsi obat.

Baca Juga: 10 Obat Sakit Kepala di Apotek yang Efektif

Cara Mencegah Ponytail Headache

Cara mencegah ponytail headache adalah dengan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan sakit kepala. Tidak hanya mengurangi intensitas mengikat rambut, tetapi juga menghindari stress yang berlebihan.

Hindari menguncir rambut terlalu kencang saat memakai helm. Ketika menjelang menstruasi, usahakan untuk tidak mengikat rambut dengan kuncir kuda karena pada saat itu tubuh Anda menjadi lebih sensitif terhadap rasa sakit.

 

  1. Bologna, Caroline. 2019. Why Your Ponytail Gives You A Headache. https://www.huffpost.com/entry/ponytail-headache-why_l_5de6e070e4b0913e6f87119c. (Diakses pada 21 Oktober 2021)
  2. Briones, Isis. 2020. Frequent Headaches? It Could Be Your Hairstyle. https://www.realsimple.com/health/preventative-health/ponytail-tension-headache. (Diakses pada 21 Oktober 2021)
  3. Mayo Clinic. 2019. External compression headaches. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/external-compression-headaches/symptoms-causes/syc-20372326. (Diakses pada 21 Oktober 2021)
  4. Migala, Jessica. 2020. Ponytail Headaches are Real, Experts Say. https://edit.sundayriley.com/ponytail-headache/. (Diakses pada 21 Oktober 2021)
  5. Otman, Haley. 2017. Why Your Tight Ponytail Causes a Painful Headache. https://healthblog.uofmhealth.org/lifestyle/why-your-tight-ponytail-causes-a-painful-headache. (Diakses pada 21 Oktober 2021)
  6. Watson, Kathryn. 2018. Do Ponytails Cause Headaches? https://www.healthline.com/health/ponytail-headache. (Diakses pada 21 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi