Terbit: 27 Januari 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Brachydactyly atau brakidaktili adalah kondisi jari tangan atau kaki yang pendek dari ukuran normal. Biasanya kondisi ini karena keturunan. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya mulai dari definisi, gejala, penyebab, hingga pengobatannya di bawah ini!

Brakidaktili (Jari Pendek): Gejala, Penyebab, hingga Komplikasi

Apa itu Brakidaktili?

Brakidaktili adalah pemendekan pada jari tangan dan kaki lantaran tulang yang sangat pendek dari rata-rata ukuran normal. Pemendekan jari lebih sering terjadi di tangan kiri daripada tangan kanan. Tulang yang menghubungkan jari ke pergelangan tangan juga dapat terpengaruh.

Brachydactyly adalah kondisi bawaan sejak lahir atau diturunkan, dan biasanya tidak menimbulkan masalah bagi orang yang memilikinya. Kecuali ada kelainan penyerta yang menimbulkan gejala atau jari yang memendek mengganggu penggunaan tangan dan kaki.

Tanda dan Gejala Brakidaktili

Tanda-tanda brachydactyly biasanya diketahui sejak lahir, tetapi mungkin anggota badan yang memendek menjadi lebih jelas seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Gejala utama dari brachydactyly, di antaranya:

  • Jari tangan, jari kaki, atau keduanya lebih pendek dari ukuran normal.
  • Jari atau ibu jari hilang.
  • Tulang pendek di lengan atau pergelangan tangan.
  • Jari berselaput.

Kecuali memiliki kondisi lain yang terkait dengan brachydactyly, seseorang seharusnya tidak merasakan sakit atau memiliki gejala lain.

Jari tangan dan kaki yang memendek dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan menggenggam. Jika kondisinya parah di kaki, mungkin mengalami kesulitan berjalan. Gejala-gejala ini jarang terjadi.

Penyebab Brakidaktili

Jari-jari yang pendak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, berikut di antaranya:

1. Gen

Sebagian besar jenis brachydactyly bersifat genetik, itu artinya dapat diturunkan dalam keluarga. Kondisi ini adalah sifat genetik yang dominan, jadi hanya satu orang tua yang perlu memiliki kondisi agar seorang anak mewarisinya.

Jika memiliki brachydactyly, orang lain di keluarga Anda kemungkinan besar juga memilikinya.

2. Sindrom

Kondisi yang menyebabkan anak dilahirkan dengan sindrom dapat mengakibatkan jari tangan yang lebih pendek. Orang dengan Down syndrome mungkin juga memiliki brachydactyly.

Bayi yang lahir dengan sindrom Cushing mungkin juga memiliki brachydactyly. Dalam kondisi ini, tulang jari tangan dan kaki yang memendek adalah bagian dari sindrom keseluruhan yang lebih besar dan terjadi pada banyak bagian tubuh.

3. Obat-obatan

Penyakit brakidaktili juga dapat disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi ibu saat hamil. Jika ibu hamil menggunakan obat antikonvulsan untuk mengobati epilepsi atau kondisi lain, kemungkinan bayi berisiko mengalami brachydactyly.

Baca Juga: 13 Kelainan pada Tulang dan Cara Menjaga Tulang Sehat

Jenis Brakidaktili

Mengingat memiliki banyak gen yang berpotensi menyebabkan brachydactyly, ada beberapa tipe atau jenis berbeda yang mungkin dimiliki seseorang. Berbagai jenisnya dikategorikan oleh tulang dan jari yang terkena.

Berikut ini beberapa tipe penyakit brakidaktili:

Tipe A

Tipe A brachydactyly adalah pemendekan falang (tulang jari tangan) tengah. Ini adalah tulang jari yang merupakan kedua dari ujung setiap jari.

Tipe A dikategorikan lebih lanjut berdasarkan tipe jari, di antaranya:

  • Tipe A1: Falang tengah semua jari menjadi pendek.
  • Tipe A2: Jari telunjuk dan terkadang jari kelingking menjadi pendek.
  • Tipe A3: Falang tengah kelingking menjadi pendek.

Tipe B

Tipe ini terjadi pada ujung telunjuk melalui jari kelingking. Tulang terakhir pada setiap jari memendek atau hilang sama sekali.

Kuku juga tidak ada. Hal yang sama juga terjadi pada jari kaki. Tulang ibu jari selalu utuh tetapi biasanya rata atau terbelah.

Tipe C

Tipe C tergolong jarang terjadi dan terjadi pada jari telunjuk, tengah, dan kelingking. Falang tengah, seperti pada tipe A, memendek, tetapi jari manis biasanya tidak terpengaruh dan menjadi jari terpanjang di tangan.

Tipe D

Brakidaktili tipe D dianggap umum dan hanya terjadi pada ibu jari. Tulang ujung ibu jari memendek tetapi ukuran semua jari normal.

Tipe E

Tipe ini jarang terjadi jika tidak disertai kelainan lain. Hal ini ditandai dengan memendeknya metakarpal dan metatarsal, merupakan tulang di tangan dan kaki yang ketiga dan keempat dari ujung jari. Dampaknya adalah tangan atau kaki kecil.

Diagnosis Brakidaktili

Pemeriksaan tangan dan kaki oleh dokter mungkin sudah cukup untuk mendiagnosis brachydactyly. Pemeriksaan dengan sinar-X juga dapat digunakan untuk melihat tulang mana yang memendek dan untuk mendiagnosis jenisnya.

Dalam kondisi yang ringan, sinar-X mungkin menjadi satu-satunya cara untuk memastikan brachydactyly.

Jika ingin menentukan apakah brachydactyly adalah bagian dari suatu sindrom, rontgen tulang lengkap dapat dilakukan. Pemeriksaan ini membantu menentukan apakah tulang lain dalam tubuh tidak normal, yang menunjukkan suatu sindrom.

Tes genetik mungkin juga diperlukan guna menentukan apakah ada sindrom.

Baca Juga: 10 Penyebab Jari Tangan Bengkak (No. 9 Patut Diwaspadai!)

Pengobatan Brakidaktili

Sebagian besar brachydactyly tidak memerlukan pengobatan. Jika kondisinya bukan merupakan bagian dari sindrom lain, kemungkinan tidak memiliki keluhan atau masalah medis terkait tangan dan kaki.

1. Terapi

Dalam kasus yang jarang terjadi, brachydactyly mungkin cukup parah yang dapat menyebabkan masalah dengan fungsionalitas.

Penderitanya mungkin mengalami kesulitan menggenggam sesuatu atau berjalan dengan normal. Oleh karenanya, memerlukan terapi fisik untuk meningkatkan jangkauan gerak dan meningkatkan kekuatan dan fungsi area yang terkena.

2. Operasi

Jika kondisinya ekstrem dan sangat jarang terjadi, operasi atau pembedahan dapat dilakukan untuk mengobati penyakit brakidaktili.

Operasi plastik dapat digunakan untuk tujuan kosmetik, atau untuk meningkatkan fungsionalitas. Banyak yang membutuhkan operasi akan mengalami brachydactyly bersama dengan kondisi lainnya.

Operasi mungkin termasuk osteomi, yang memotong tulang. Prosedur ini dapat membantu  pemanjangan jari yang pendek secara bertahap.

Komplikasi Brakidaktili

Sebagian besar orang yang memiliki brachydactyly tidak akan mengalami komplikasi signifikan yang menghambat aktivitas sehari-hari.

Namun, dalam beberapa kasus, jika brachydactyly cukup parah, dapat membatasi fungsi tangan atau kesulitan berjalan. Untuk itu, operasi dan terapi fisik mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi jari tangan atau kaki.

 

  1. Anonim. 2021. What Is Brachydactyly?. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-brachydactyly. (Diakses pada 27 Januari 2022)
  2. Chan, Christina. Pediatric Brachydactyly (Symbrachydactyly). https://www.childrens.com/specialties-services/conditions/brachydactyly-symbrachydactyly. (Diakses pada 27 Januari 2022)
  3. Ellis, Mary E. 2017. Brachydactyly. https://www.healthline.com/health/brachydactyly. (Diakses pada 27 Januari 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi