Terbit: 14 April 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Laxing adalah obat tradisional dengan kandungan bahan-bahan alami untuk melancarkan pencernaan. Ketahui review Laxing kapsul, manfaat, dosis, aturan pakai, efek samping, dan pembahasan lengkapnya pada pembahasan ini.

Laxing: Manfaat, Dosis, Aturan Pakai, Efek Samping, dll

Ringkasan Informasi Obat Laxing

Nama Obat Laxing
Kandungan Obat Ekstrak senna, aloe vera, dan biji adas
Kelas Obat Pencahar stimulan dan pelunak feses
Kategori Obat bebas
Manfaat Laxing Kapsul Obat untuk melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit
Kontraindikasi Hipersensitif terhadap komposisi obat
Sediaan Obat Kapsul
Harga Laxing Rp3600/strip @4 kapsul

Harga obat mungkin berbeda di setiap apotek. 

Obat Laxing untuk Apa?

Laxing adalah obat tradisional yang mengandung bahan-bahan alami yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Bisa juga disebut sebagai obat pencahar yang bisa membantu memperlancar buang air besar.

Obat ini mengandung bahan-bahan alami, yaitu ekstrak daun senna, aloe vera (lidah buaya), dan biji adas. Bahan-bahan alami yang terkandung di dalam obat ini dapat membantu melunakan tinja, sehingga mudah dikeluarkan. Sangat cocok untuk pengobatan sembelit di rumah.

Merek Dagang

Laxing adalah merek dagang obat dari manufaktur Soho Global Health. Obat ini termasuk dalam kategori obat pencahar untuk menjaga pergerakan usus dan kesehatan sistem pencernaan. Tersedia dalam bentuk obat kapsul, setiap kapsul mengandung ekstrak senna, aloe vera, dan biji adas.

Ini adalah obat bebas yang bisa Anda konsumsi tanpa resep dokter, namun harus tetap menggunakannya sesuai saran yang direkomendasikan. Efektif untuk mengatasi sembelit atau masalah buang air besar tidak lancar. Selain itu, ada varian lain seperti Laxing Tea yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi sembelit atau sulit BAB.

Manfaat Obat Laxing Kapsul

Ini adalah obat pencahar stimulan dan pelunak feses dengan kandungan bahan alami. Khasiat Laxing adalah untuk mengatasi sembelit atau BAB keras. Kandungan alami dalam obat ini yaitu ekstrak senna, aloe vera, dan biji adas dapat membantu melunakkan tinja sehingga lebih mudah untuk membuangnya.

Efektif untuk orang yang mengalami masalah sembelit atau kesulitan buang air besar, baik untuk dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas. Penggunaan dalam dosis yang tepat bisa memberikan beberapa manfaat bagi sistem pencernaan Anda, terutama melancarkan buang air besar.

Buang air besar yang lancar akan membawa dampak positif bagi perut Anda dan juga sistem ekskresi. Toksin berupa feses bisa dibuang segera dari perut Anda sehingga perut menjadi nyaman dan lega. Bagi Anda yang sulit buang air besar karena feses yang keras, maka bisa menggunakan obat pencahar herbal ini untuk mengambil manfaatnya.

Apakah obat Laxing bisa menurunkan berat badan? Minum Laxing bikin kurus atau berpengaruh pada penurunan berat badan karena BAB lancar, namun jangan menggunakan obat Laxing untuk diet. Hal ini bisa memiliki efek samping. Sebaiknya konsultasi dengan dokter Anda sebelum Anda menggunakan obat-obatan apapun untuk diet atau menurunkan berat badan.

 

Peringatan Obat Laxing

Sebelum menggunakan obat sembelit ini, perhatikan beberapa peringatan berikut ini:

  • Tidak dianjurkan untuk anak usia kurang dari 12 tahun.
  • Obat Laxing untuk ibu hamil dan menyusui tidak boleh karena berpotensi mengalami diare dan dehidrasi.
  • Hindari penggunaan obat ini bila Anda memiliki riwayat hipersensitif atau alergi dengan komponen obat.
  • Gejala hipersensitivitas obat berupa gatal-gatal, sesak napas, sakit kepala, mual, muntah, gatal-gatal, dan bengkak.
  • Lakukan olahraga, perbanyak asupan serta termasuk buah dan sayur, serta jalani pola hidup sehat untuk mencegah sembelit datang kembali.
  • Hubungi dokter bila gejala sembelit tidak kunjung sembuh dengan pengobatan tradisional.

Interaksi Obat

Interaksi obat adalah reaksi yang mungkin terjadi bila Anda mengonsumsi dua obat atau lebih sembarangan tanpa resep dokter. Reaksi tersebut dapat melemahkan atau meningkatkan fungsi obat, sehingga memicu efek samping.

Belum ada catatan tentang interaksi obat Laxing dengan obat lainnya. Bila Anda sedang mengonsumsi obat lainnya, sebaiknya beri jeda setidaknya 2 jam antar obat. Selain itu, jangan konsumsi obat sembelit lain pada waktu bersamaan.

Efek Samping Laxing Kapsul

Apa efek samping minum Laxing setiap hari? Ini adalah obat dengan kandungan ekstrak bahan alami yang cenderung aman dikonsumsi sesuai dosis yang tertera di balik kemasan. Seperti semua obat yang dikonsumsi tidak benar, obat sembelit ini dapat memicu efek samping bila dikonsumsi berlebihan atau untuk tujuan lain selain melancarkan pencernaan.

Risiko efek samping yang mungkin terjadi adalah kram perut akibat rangsangan berlebihan pada pergerakan usus untuk melunakan dan mengeluarkan feses. Perut kembung juga mungkin terjadi. Sementara itu, obat ini minim efek samping bila Anda konsumsi sesuai dosis dan jadwal.

Dosis Laxing

Dosis yang dianjurkan adalah 1-2 kapsul sehari untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun. Mohon jangan konsumsi obat kurang atau lebih dari saran dosis, harus sesuai dosis untuk melancarkan BAB.

 

Aturan Pakai Obat

Konsumsi obat ini (1 kapsul) setelah makan malam agar bisa merasakan efeknya pada pagi hari. Bila belum merasakan efeknya pada pergerakan usus, tambah dosis 1 kapsul lagi. Dosis ideal adalah 1-2 tablet per hari. Jangan mengonsumsi lebih dari itu.

Petunjuk Penyimpanan Obat

Simpan obat di tempat sejuk, hindari dari paparan sinar matahari langsung, serta simpan di wadah kering. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Bila perlu, simpan obat Laxing kapsul di kotak obat Anda. Sembelit bisa datang kapan saja. Atasi dengan obat Laxing yang terbuat dari bahan alami dan minim efek samping. BAB jadi lancar, sehingga aktivitas Anda juga lancar.

laxing doktersehat

Konsumsi sesuai dosis yang tertera pada kemasan agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

 

  1. Soho Global Health. 2021. Laxing Kapsul. http://www.sohoglobalhealth.com/en/brands/6. (Diakses pada 12 April 2021).
  2. LaxingId. 2021. Informasi Produk. https://laxing.id/informasi-produk/. (Diakses pada 15 Mei 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi