Terbit: 21 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Sebagian wanita bisa mengalami haid atau menstruasi sebulan dua kali. Jangan anggap sepele, kondisi ini bisa menandakan gangguan kesehatan tertentu, lho. Simak selengkapnya melalui ulasan berikut.

Wajib Tahu, Inilah Sejumlah Penyebab Haid Sebulan Dua Kali

Penyebab Haid Sebulan Dua Kali

Normalnya, siklus haid berlangsung selama 21-35 hari dengan waktu lama keluarnya darah selama 2-8 hari. Jumlah darah yang keluar adalah sekitar 25-80 ml per hari.

Namun pada beberapa orang, haid terjadi dua kali dalam sebulan. Adapun beberapa kemungkinan penyebab haid sebulan dua kali, di antaranya:

1. Stres

Jika tubuh stres, keseimbangan hormonal di dalam tubuh akan terganggu. Akibatnya, siklus haid bisa ikut terpengaruh.

Kondisi tersebut bisa mengakibatkan Anda tidak haid selama beberapa bulan, atau juga mengalaminya lebih dari satu kali dalam satu bulan.

2. Pubertas

Salah satu kemungkinan penyebab haid dua kali dalam sebulan adalah pubertas. Jika ini adalah kali pertama Anda menstruasi, siklusnya bisa tidak teratur. Kondisi ini dapat berlangsung dalam satu atau dua tahun.

Bahkan, mengutip American Journal of Epidemiology, siklus haid yang teratur membutuhkan waktu sekitar 6 tahun, terhitung sejak pertama kali mereka haid.

Baca JugaTidak Hanya Hamil, Ini 12 Penyebab Telat Haid

3. Efek Samping Penggunaan Obat-obatan

Obat-obatan yang mengandung hormon steroid atau tiroid bisa memengaruhi siklus haid Anda, bahkan menyebabkan haid terjadi sebulan dua kali.

Selain itu, golongan obat antidepresan atau antiinflamasi non-steroid (NSAID) dapat memengaruhi siklus haid Anda.

4. Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD

Salah satu alasan kenapa haid sebulan dua kali adalah penggunaan alat kontrasepsi IUD atau bisa juga disebut KB spiral. Jenis kontrasepsi ini menyerupai huruf “T” yang dimasukkan ke dalam rahim.

Alat kontrasepsi IUD dapat meningkatkan volume darah haid Anda sehingga perdarahan juga bisa terjadi di luar siklus haid.

Oleh karena itu, pengguna alat kontrasepsi ini berisiko terhadap siklus haid yang berlebih.

5. Efek Samping Pil KB

Penggunaan Pil KB dapat memengaruhi siklus menstruasi karena mencegah tubuh untuk ovulasi. Maka dari itu, obat ini harus digunakan secara teratur setiap harinya.

Jika tiba-tiba berhenti minum obat, Anda bisa mengalami haid sebulan dua kali.

6. Kenaikan atau Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Penambahan berat badan yang terjadi secara drastis dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur. Pasalnya, hal ini bisa memengaruhi bagian otak yang mengatur hormon (hipotalamus).

Pada gilirannya, kondisi tersebut akan menyebabkan fluktuasi hormonal sehingga Anda bisa mengalami haid sebulan dua kali atau bahkan kurang.

Sebaliknya, penurunan berat badan juga bisa mengakibatkan efek yang serupa. Artinya, jika berat badan Anda turun secara drastis, siklus haid Anda bisa ikut terpengaruh. Inilah yang membuat Anda mengalami haid dua kali dalam satu bulan.

Baca Juga10 Penyebab Menstruasi Lama dan Cara Mengatasinya

7. Perimenopause

Menopause adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan waktu siklus haid wanita berhenti secara permanen. Ini umumnya terjadi pada wanita berusia 40-an atau awal 50-an.

Pada saat menjelang ini (perimenopause), tubuh wanita mengalami perubahan hormon besar yang dapat menyebabkan beberapa kondisi berikut:

  • Depresi.
  • Perubahan suasana hati.
  • Hot flashes (sensasi kepanasan).
  • Kelainan pada siklus menstruasi, misalnya haid terjadi dua kali dalam sebulan.

8. Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi ketika sel-sel yang biasanya melapisi rahim ditemukan di daerah lain, seperti ovarium atau saluran telur.

Akibatnya, seorang wanita bisa mengalami periode haid yang berat dan menyakitkan, rasa sakit saat berhubungan seksual, bercak di antara periode haid, dan ketidaknormalan siklus haid.

9. Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid dan hormon yang dihasilkannya sangat penting untuk mengatur siklus haid. Ketika hormon tiroid kurang (hipotiroidisme), siklus haid Anda bisa lebih singkat. Inilah yang membuat Anda mengalami haid sebulan dua kali.

Selain itu, seseorang yang memiliki masalah pada tiroidnya dapat mengalami beberapa kondisi berikut:

  • Merasa kedinginan.
  • Konstipasi.
  • Otot yang lemah.
  • Kenaikan berat badan tanpa alasan yang jelas.
  • Nyeri otot.
  • Kulit kering.
  • Kelemahan.
  • Berkeringat lebih banyak dari biasanya, dll.

10. Kehamilan Ektopik

Penyebab haid dua kali dalam sebulan berikutnya adalah kehamilan ektopik. Kondisi ini terjadi ketika sel telur yang dibuahi tumbuh dan berkembang di luar rahim.

Jika mengalami kehamilan ektopik, seseorang dapat mengalami nyeri yang luar biasa. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan perubahan hormonal di tubuh sehingga ikut memengaruhi siklus haid.

Baca Juga8 Penyebab Nyeri pada Dubur saat Menstruasi

11. Penyakit Radang Panggul

Kondisi ini terjadi ketika bakteri normal yang ada pada vagina atau bakteri penyebab penyakit menular seksual, seperti klamidia dan gonore, berpindah dari vagina ke saluran tuba, rahim, atau ovarium.

Penyakit ini dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur, termasuk mencetuskan haid sebulan dua kali.

Selain itu, penderita juga kemungkinan dapat mengalami beberapa gejala berikut:

  • Demam.
  • Nyeri ketika penetrasi vagina.
  • Mual dan muntah.
  • Sensasi terbakar ketika buang air kecil.
  • Nyeri di perut bagian bawah.
  • Keputihan berwarna kuning atau hijau dengan bau yang aneh.

Demikian beberapa kemungkinan penyebab haid terjadi dua kali. Jangan mudah panik, umumnya kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika siklus haid semakin tidak menentu, segera periksakan kondisi ke dokter.

Selain itu, bila Anda penasaran dan menduga-duga haid sebulan dua kali pertanda apa, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Semoga informasi ini bermanfaat, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2022. Birth Control and the IUD (Intrauterine Device). https://www.webmd.com/sex/birth-control/iud-intrauterine-device. (Diakses pada 20 September 2022).
  2. Nall, Rachel. 2020. Why Do I Have Two Periods In A Month? https://www.medicalnewstoday.com/articles/322252. (Diakses pada 20 September 2022).
  3. Purdie, Jennifer. 2022. What Causes Two Periods in One Month? https://www.healthline.com/health/womens-health/two-periods-in-one-month. (Diakses pada 20 September 2022).
  4. Wise, Lauren A, dkk. 2011. A Prospective Cohort Study of Menstrual Characteristics and Time to Pregnancy. https://academic.oup.com/aje/article/174/6/701/88882. (Diakses pada 20 September 2022).
  5. Witmer, Denise. 2022. Why You Might Have 2 Periods in One Month. https://www.verywellhealth.com/irregular-periods-2610215. (Diakses pada 20 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi