Terbit: 11 March 2018 | Diperbarui: 31 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Insomnia atau gangguan tidur merupakan sebuah mimpi buruk bagi sebagian orang. Sebab, saat malam sudah larut, mata tetap tidak bisa terpejam. Alih-alih badan lelah karena aktivitas, justru sebagian orang yang amnesia merasa sangat bugar di malam hari sehingga sangat sulit untuk tertidur. Kalaupun bisa tidur, kebanyakan tidurnya tidak berkualitas.

Usir Insomnia dengan 4 Gerakan Yoga ini

Jika Anda termasuk salah satu orang yang mengalami gangguan tidur, maka Anda harus mengetahui informasi yang satu ini. Sebenarnya insomnia bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kebiasaan, kecemasan, kekhawatiran, serta efek kafein pada kopi yang dikonsumsi.

Namun, semua hal yang menyebabkan insomnia tersebut dapat diusir dengan yoga. Ya, yoga adalah salah satu jenis olahraga yang bisa memberikan manfaat bagi tubuh maupun mental seseorang. Yoga juga seringkali digunakan sebagai metode menenangkan diri dari berbagai pikiran yang menumpuk pada otak manusia. Maka dari itu, tak heran jika yoga diyakini ampuh untuk mengusir insomnia secara tepat.

Jika Anda ingin memulainya, berikut adalah 4 gerakan yoga yang dipercaya bisa mengusir insomnia:

1. Child’s pose

Child’s pose merupakan salah satu gerakan yoga yang diyakini bisa menenangkan pikiran dan merelaksasi otot Anda pada malam hari ini. Gerakan ini menyerupai orang yang sedang bersujud. Lakukanlah Child’s pose setidaknya maksimal 5 menit pada posisi yang nyaman, misalnya di atas ranjang.

2. Rock-a-bye roll

Rock-a-bye roll adalah gerakan yang dapat membuat Anda sangat rileks dan mampu membuat rasa pegal pada bagian kaki menjadi hilang. Posisinya pun cukup mudah, Anda hanya perlu tidur terlentang dengan menekuk dan mengangkat kedua kaki dengan bersilangan di atas perut. Tahan persilangan kaki tersebut dengan tangan sekitar 2 menit sampai merasakan reaksi pada otot.

3. Nighttime goddess stretch

Nighttime goddess stretch adalah gerakan yoga yang menggambarkan bahwa Anda sedang bermeditasi. Hanya saja, meditasi kali ini dalam keadaan tidur dan tubuh terlentang. Caranya, terlentanglah pada posisi yang nyaman, lalu kemudian tekuk lutut Anda ke kenan dank e kiri sampai kedua telapak kaki bersentuhan pada satu titik di tengah. Tahan posisi selama 3 menit saja dan jangan lupa untuk berkonsentrasi dan tenangkan pikiran Anda.

4. Upside down relaxation

Untuk gerakan yoga yang satu ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu tidur terlentang dan mengangkat kedua kaki Anda dan sandarkan pada dinding. Tujuan gerakan ini adalah agar aliran darah pada kaki mengalir lebih banyak ke atas sehingga sistem tubuh menjadi lebih seimbang. Tapi, jangan terlalu lama melakukan gerakan ini, cukup 3 menit saja.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi