Terbit: 24 November 2021 | Diperbarui: 25 November 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Power nap adalah istilah yang digunakan untuk tidur sejenak ditengah aktivitas yang sedang dilakukan. Apa saja manfaat yang didapatkan tubuh? Bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Power Nap: Manfaat dan Cara Melakukannya

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Power Nap?

Sebenarnya tidak ada waktu yang tepat untuk melakukan hal ini. Waktu yang ideal tergantung pada aktivitas yang dilakukan.

Misalnya, untuk orang dengan jam kerjanya adalah jam 9 pagi sampai jam 5 sore, waktu terbaik adalah sebelum atau sesudah makan siang, biasanya antara pukul 12:30 sampai 14.00.

Tidur  singkat setelah jam 4 sore bukanlah waktu yang ideal. Tidur yang terlalu larut dapat mengganggu kualitas tidur malam hari dan mengganggu ritme sirkadian.

Sementara untuk pekerja shift malam, waktu yang ideal untuk melakukannya mungkin tengah malam atau dini hari.

Berapa Lama Seharusnya Power Nap Dilakukan?

Tidur singkat ini sebaiknya dilakukan 10 sampai 20 menit. Teknik tidur ini hanya membuat tubuh melalui tahap tidur 1 ke tahap tidur 2, tetapi tidak ke tahapan tidur yang ke 3.

Tahap 1 adalah tahap peralihan dari tubuh yang terjaga ke tidur dan hanya berlangsung beberapa menit. Tahap 2 adalah tidur ringan di mana otot-otot rileks dan detak jantung semakin melambat.

Jika Anda tidur terlalu lama, Anda berisiko memasuki tidur tahap 3 dan mungkin kesulitan untuk bangun. Tahapan ini memastikan Anda merasa segar di pagi hari setelah tidur semalaman.

Perlu diingat, jika power nap membuat Anda berada di tahap 3, Anda mungkin akan terbangun dengan pening dan lelah.

Baca Juga: 7 Penyebab Sering Mengantuk padahal Sudah Tidur Cukup

Manfaat Power Nap

Jika Anda memiliki tidur malam yang buruk, tidur sejenak mungkin sangat membantu untuk mengatasi kantuk yang terjadi di siang hari. Beberapa manfaat lain yang bisa dirasakan adalah:

  • Memperbaiki suasana hati.
  • Meningkatkan kewaspadaan.
  • Memperbaiki ingatan jangka pendek.
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Sementara itu, Jika Anda memiliki insomnia kronis atau masalah medis seperti sleep apnea yang mengganggu tidur, tidur sejenak bukanlah solusi.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Susah Tidur dan Penyebab yang Perlu Anda Ketahui

Cara Melakukan Power Nap

Berikut ini adalah berbagai hal yang harus diperhatikan agar Anda mendapatkan manfaat tidur sejenak dengan maksimal, di antaranya:

  • Temukan Lingkungan Tidur yang Baik

Cara power nap yang penting dan utama untuk diperhatikan adalah kondisi lingkungan. Tidur singkat ini baik dilakukan di lingkungan tidur yang gelap, tenang, dan sejuk.

Jika Anda bekerja di rumah, Anda bisa berbaring di kamar tidur. Jika Anda bekerja di kantor, Anda bisa melakukannya di ruang istirahat. Apabila tidak tersedia, Anda harus berimprovisasi menciptakan suasana tidur yang nyaman.

  • Menyiapkan Perlengkapan Tidur

Tergantung pada lingkungan Anda, aksesori tidur dapat membantu Anda menjadi lebih nyaman. Di rumah, Anda mungkin sudah memiliki rutinitas agar cepat terlelap. Di tempat kerja, pertimbangkan untuk menyimpan perlengkapan tidur sederhana seperti bantal kecil.

Guna mengurangi kebisingan, gunakan penyumbat telinga atau headphone peredam. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan eye mask sleep untuk mengurangi paparan cahaya. Selimut dan bantal juga dapat membantu Anda merasa lebih nyaman saat tidur singkat.

  • Hindari Menggunakan Gawai

Cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel bisa membuat tidur lebih sulit. Oleh karena itu, agar tidur sejenak yang Anda lakukan memberikan manfaat yang maksimal, Anda harus menyingkirkannya untuk sementara.

  • Konsumsi Minuman yang Mengandung Kafein

Agar Anda mendapatkan lebih banyak kekuatan dari tidur singkat, minumlah secangkir kopi sebelum melakukannya. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi kafein dan tidur singkat dapat menghilangkan puncak kantuk di sore hari.

  • Mencoba Meditasi

Meskipun keduanya sangat berbeda, tidur singkat dan meditasi tampaknya memiliki beberapa efek dan manfaat yang sama. Keduanya membuat kondisi mental yang lebih baik setelahnya, disertai dengan penurunan tekanan darah, stres, dan kecemasan.

Seseorang yang menggabungkan tidur sejenak dan meditasi secara teratur atau semi-teratur ke dalam gaya hidupnya, hal tersebut dapat memberikan banyak perubahan positif pada kondisi  fisiologis dan psikologis.

  • Jangan Menunda untuk Bangun

Saat Anda sudah menyetel alarm di ponsel agar bangun saat melakukan power nap, Anda harus mematuhinya. Jangan tergoda untuk menekan tombol snooze.

Jika Anda masih merasa sedikit mengantuk setelah tidur sejenak, lakukan aktivitas yang membuat tubuh banyak bergerak. Hal ini diperlukan untuk memberi sinyal pada tubuh bahwa tidur singkat sudah berakhir.

 

  1. Anonim. 2021. What is a Power Nap?. https://www.sleep.org/what-is-a-power-nap/. (Diakses pada 24 November 2021).
  2. Anonim. 2021. Should You Take Power Naps?. https://health.clevelandclinic.org/power-naps/. (Diakses pada 24 November 2021).
  3. Todd, Lindsey. 2021. What to know about power naps. https://www.medicalnewstoday.com/articles/power-naps. (Diakses pada 24 November 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi