Terbit: 2 March 2018 | Diperbarui: 31 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com РKutil pada kelamin bisa muncul akibat tumbuhnya  virus HPV khususnya jenis HPV 6 dan HPV 11. Virus ini akan menyebabkan munculnya benjolan kecil-kecil pada alat kelamin baik pria atau wanita.

Kutil Kelamin Muncul Lagi Meski Sudah Sembuh, Ini Penyebabnya!

Kalau kutil ini dibiarkan, gangguan lain seperti munculnya kanker bisa saja terjadi khususnya pada wanita.

Kutil pada kelamin bisa disembuhkan dengan pengobatan yang benar dan tepat sasaran. Sayangnya, kutil yang awalnya sudah hilang dan sembuh ini bisa kembali muncul dan akhirnya membuat Anda jadi tidak nyaman. Kira-kira kenapa ya kutil kok kembali lagi padahal awalnya sudah sembuh?

Virus yang tetap ada dalam tubuh
Kutil pada kelamin mungkin bisa sembuh dan kulit jadi lebih rata atau kembali normal. Namun, infeksi yang diberikan oleh HPV ini berjalan seumur hidup. Artinya sekali terkena infeksi, virus akan hidup di dalam tubuh dan di kemudian hari akan muncul kembali kalau ada pemicunya.

Salah satu pemicu munculnya kutil dikelamin adalah gaya hidup yang tidak sehat dan jarang memerhatikan kesehatan alat kelamin. Dampaknya, virus yang tertidur bisa kembali hidup dan melakukan infeksi lagi.

Perlukah kutil diobati kalau muncul kembali?
Kalau virus tetap hidup di dalam tubuh, untuk apa berusaha disembuhkan? Toh, suatu saat bisa datang kembali dan akhirnya memunculkan kutil di alat kelamin. Pertanyaan ini mungkin Anda lontarkan ke dokter atau diri Anda sendiri. Kalau akan kembali lagi, penyembuhan akan buang-buang waktu dan tenaga.

Menyembuhkan kutil pada kelamin tetaplah penting. Anda harus melakukannya untuk menjaga kesehatan seksual dan juga reproduksi. Kalau kutil dibiarkan saja, bisa saja ada kontra indikasi yang berbahaya untuk tubuh atau proses mendapatkan kehamilan.

Mari lebih menjaga kesehatan alat kelamin agar kutil tidak muncul dan akhirnya menginfeksi tubuh selamanya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi