Terbit: 7 Oktober 2021 | Diperbarui: 8 Oktober 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Bisul adalah kondisi yang bisa menyebabkan benjolan merah pada kulit. Saat sembuh, bisul meninggalkan bekas yang berwarna kehitaman atau kemerahan. Lantas, adakah cara menghilangkan bekas bisul? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

8 Cara Menghilangkan Bekas Bisul (Medis dan Alami)

Menghilangkan Bekas Bisul dengan Cara Alami dan Medis

Pada beberapa kasus, bekas bisul memang lebih sulit dihilangkan dibanding bisul itu sendiri. Selain bisa membuat perubahan warna saat sembuh, bisul juga bisa membuat kulit mengeras, terlihat lebih cekung, atau menonjol.

Berikut adalah berbagai cara menghilangkan bekas luka, di antaranya:

 1. Krim Topikal Khusus

Obat kulit yang dijual bebas seperti krim atau gel dapat membantu menyamarkan bekas luka. Jika bekas luka menjadi gatal atau sensitif, krim antihistamin dapat menghentikan rasa gatal sekaligus membantu menyembuhkan bekas luka. Selain itu, krim kortikosteroid juga dapat membantu mencegah jaringan parut dan telah terbukti mengurangi munculnya bekas luka dari waktu ke waktu.

2. Gel Silikon

Gel silikon dapat membuat kulit tetap terhidrasi sehingga bekas luka bisa melunak. Hal ini membuatnya bisa digunakan sebagai  cara menghilangkan bekas bisul yang mengeras. Selain itu, gel silikon tidak mengiritasi kulit sensitif dan mencegah pertumbuhan bakteri.

3. Suplemen Zinc

Zinc merupakan mineral yang penting untuk membantu penyembuhan luka. Mineral ini dapat membantu mengurangi peradangan dan menghasilkan pertumbuhan sel, dua hal yang dapat membantu menyembuhkan bekas luka.

Penting untuk diketahui, konsumsi zinc berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti perut kembung atau diare. Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk menentukan dosis yang tepat.

3. Pijat Bekas Luka

Setelah bisul sembuh, memijat luka dengan lembut dapat membantu menyamarkan bekas luka. Teknik ini dapat membantu memecah bangunan kolagen yang terdapat di bawah jaringan. Beberapa jenis luka dapat mengembangkan jaringan ketat seperti tali tepat di bawah kulit.

Memijat area luka saat sudah sembuh dapat membantu meregangkan dan mengendurkan kulit, efeknya hal ini dapat memperbaiki tekstur kulit bekas luka.

4. Microneedling

Microneedling menggunakan roller dengan jarum kecil untuk membuat lubang yang sangat kecil di lapisan atas kulit. Proses ini memacu kulit untuk membuat kolagen, sehingga membuat kulit kenyal dan memperbaiki tekstur bekas luka.

Prosedur ini akan membuat area kulit merah setelahnya, mungkin selama beberapa hari. Teknik ini perlu dilakukan beberapa kali untuk membantu mengurangi bekas luka.

Baca Juga: 11 Obat Bisul Alami dan Medis (Terbukti Cepat Sembuh)

5. Punch Excision

Operasi punch excision adalah prosedur kecil yang sering digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Seorang dokter kulit akan memotong bekas luka dan kemudian menutup luka dengan jahitan atau cangkok kulit.

Terkadang seseorang juga perlu mendapatkan perawatan lain seperti terapi laser. Meski begitu, rencana perawatan bekas luka bervariasi tergantung jenis kulit dan jumlah jaringan parut. Dokter kulit dapat memberi tahu Anda tentang pilihan apa yang terbaik.

6. Subcision

Seperti halnya punch excision, subcision adalah prosedur bedah kecil yang dilakukan untuk mengobati bekas jerawat, terkadang dikombinasikan dengan terapi laser. Jadi apa bedanya?

Subcision menggunakan jarum yang masuk ke bawah kulit dan memotong serat di bawah bekas luka. Cara ini membantu melonggarkan serat dan mengendurkan bekas luka untuk memperbaiki penampilan kulit.

7. Minyak Kelapa

Sebuah uji laboratorium menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki manfaat untuk kulit. Selain membantu melembapkan kulit, minyak ini juga dapat membantu luka cepat sembuh.

Kandungan asam lemak yang ada di dalamnya dapat mendorong reproduksi sel. Salah satu asam lemak itu adalah monolaurin, yang mana telah terbukti memberikan perlindungan terhadap bakteri. Semua hal ini mungkin membantu menyamarkan bekas bisul yang menghitam.

Meski begitu, klaim ini masih membutuhkan membutuhkan studi lanjutan.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti psoriasis atau kulit terbakar. Studi awal pada binatang menunjukkan bahwa lidah buaya dapat mengurangi bekas luka.

Akan tetapi, penelitian lidah buaya pada manusia masih terbatas. Meski begitu, sudah sejak lama tanaman ini digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Terkadang jaringan parut bisa terasa kencang, hal inilah yang membuat lidah buaya dipercaya dapat membuat kulit lebih kenyal.

Nah, itulah berbagai cara menghilangkan bekas bisul yang bisa Anda coba. Konsultasi ke dokter kulit beli perlu.

 

  1. Anonim. 2019. How to Make Scars Less Visible. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-tips-to-make-scars-less-visible. (Diakses pada 7 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi