Terbit: 4 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kondisi kesehatan BJ Habibie masih menjadi perbincangan hangat masyarakat. Banyak orang yang mendoakan kesembuhan presiden ke-3 RI yang sedang dirawat di sebuah rumah sakit di Munchen, Jerman ini. Kabar yang beredar di media massa menyebutkan bahwa Habibie mengalami kebocoran klep jantung. Sebenarnya, seperti apa sih kondisi bocor klep jantung inii?

Mengenal Kebocoran Klep Jantung yang Dialami Oleh BJ Habibie

Mayo Clinic menyebut kebocoran klep jantung sebagai kondisi dimana klep yang seharusnya mampu menutup dan membuka secara alami tidak lagi mampu melakukan fungsinya dengan baik. Kondisi ini membuat darah tidak mampu mengalir ke bilik jantung ataupun ke pembuluh darah. Sebagai contoh, darah yang seharusnya mengalir menuju pembuluh darah justru akan kembali mengalir ke bilik jantung sehingga beberapa bagian tubuh akan kekurangan darah.

Beberapa gejala yang muncul akibat kebocoran klep jantung adalah tubuh yang lemah, lemas, dan mudah lelah, munculnya nyeri dada, dan pernafasan yang terasa berat dan sesak. Gejala-gejala ini pulalah yang dirasakan oleh Habibie. Jika sampai lebih dari satu klep pada jantung yang mengalami kebocoran, maka gejala yang akan muncul adalah tubuh yang lemas, pembengkakan kaki, kesulitan bernafas saat berada dalam posisi berbaring, dan detak jantung yang tidak normal.

Kebocoran klep jantung harus segera diatasi karena bisa memicu beberapa komplikasi yang mematikan seperti sebagai berikut.

Gagal jantung
Penderita kebocoran klep jantung akan membuat darah tidak bisa benar-benar dialirkan ke seluruh tubuh dengan sempurna dan akhirnya kembali memasuki jantung. Kondisi ini akan membuat bilik kiri jantung mengalami pembengkakan akibat darah yang terus menumpuk. Jantung pun akan bekerja dengan lebih keras dan rentan untuk terkena kerusakan yang akhirnya memicu gagal jantung.

Hipertensi paru
Hipertensi paru atau dalam dunia medis disebut sebagai pulmonary hypertension membuat organ pernafasan ini mengalami masalah tekanan darah tinggi. Kondisi ini dipicu oleh pembengkakan pada bilik kiri jantung yang akhirnya berimbas pada tersumbatnya pembuluh kapiler di dalam paru-paru.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi