Terbit: 23 February 2023
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Bagi penderita diabetes, kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai dampak buruk, salah satunya dampaknya adalah munculnya masalah pada gigi dan gusi. Lantas, bagaimana agar kesehatan rongga mulut tetap terjaga? Simak berbagai caranya di bawah ini. 

Tips Merawat Kesehatan Gigi untuk Penderita Diabetes

Pentingnya Perawatan Gigi Bagi Penderita Diabetes

Rentannya masalah gigi dan mulut pada penderita diabetes diakibatkan oleh tingginya gula darah yang memengaruhi tubuh dalam memproses gula. Buruknya aliran darah pada penderita juga membuatnya lebih mudah mengalami infeksi. 

Masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering dialami oleh penderita diabetes antara lain: gigi berlubang, gigi goyang, penyakit gusi, mulut kering, gangguan pada kelenjar ludah, hingga gangguan penyembuhan luka di dalam mulut—yang mungkin terjadi karena infeksi bakteri, virus, atau jamur. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang penting diperhatikan oleh penderita diabetes dalam merawat kesehatan gigi, di antaranya:

1. Batasi Asupan Manis dan Asam

Salah satu cara yang sering kali terlewatkan dalam perawatan gigi adalah melakukan diet yang sehat. Diet sehat akan membantu untuk mengurangi konsumsi gula yang berlebih agar kadar gula darah tetap terkendali. Hal ini akan memungkinkan insulin untuk mengontrol gula dalam darah menjadi normal kembali.

Selain asupan yang manis, sesuatu yang bersifat asam seperti soda, minuman berenergi, dan sari buah; sebisa mungkin untuk dihindari. Sifat asam pada makanan atau minuman dapat mengikis lapisan email gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

Baca Juga: Penderita Diabetes Sering Mengalami Mulut Kering, Apa Sebabnya? 

2. Menjaga Kebersihan Rongga Mulut

Sikatlah gigi dua kali sehari yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Untuk menghindari luka pada gusi ketika menyikat gigi, gunakan sikat gigi yang lembut dan sikat secara perlahan menggunakan pasta gigi berfluoride.

Selain itu, gunakanlah obat kumur antibakteri yang bebas alkohol, terutama jika Anda mengalami gangguan mulut kering.

Bila Anda menggunakan gigi palsu yang bisa dilepas, pastikan Anda melepasnya ketika tidur malam dan jangan lupa bersihkan gigi palsu Anda setiap hari.

Sementara itu, jika Anda mempunyai kebiasaan merokok, sepertinya Anda harus menghentikan kebiasaan ini. Merokok dapat memperbesar komplikasi yang serius pada penderita diabetes.

4. Olahraga Teratur

Olahraga akan membantu tubuh untuk membakar kelebihan gula yang menumpuk. Konsumsi gula yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan gula, karena sistem kerja pembakaran energi pada tubuh yang tidak sebanding dengan jumlah gula yang dikonsumsi. 

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Gigi Goyang, Bisa Jadi Itu Tanda Diabetes 

5. Rutin ke Dokter Gigi 

Perawatan gigi pada penderita diabetes yang wajib dilakukan adalah melakukan pemeriksaan setidaknya dua kali dalam setahun. Namun, sebelum melakukan perawatan pastikan bahwa dokter sudah mengetahui bahwa Anda memiliki diabetes. Hal ini menjadi penting agar perawatan dilakukan sesuai kondisi Anda

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk penderita diabetes. Gangguan yang terjadi di dalam rongga mulut bisa dicegah apabila Anda memiliki komitmen untuk menjaganya agar tetap sehat.

 

  1. Anonim. 2019. Diabetes and Dental Health. https://www.diabetes.co.uk/Diabetes-and-dentistry.html. (Diakses pada 3 Februari 2023) 
  2. Anonim. Diabetes and Your Smile. https://www.mouthhealthy.org/all-topics-a-z/diabetes. (Diakses pada 3 Februari 2023) 
  3. Anonim. 2022. Oral Health. https://www.cdc.gov/diabetes/managing/diabetes-oral-health.html. (Diakses pada 3 Februari 2023) 
  4. Anonim. 2020. 5 Tips to Prevent Gum Disease If You Have Diabetes. https://health.clevelandclinic.org/5-tips-to-prevent-gum-disease-if-you-have-diabetes/. (Diakses pada 3 Februari 2023) 


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi