Terbit: 15 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Berat badan turun karena diabetes adalah kondisi yang umum ditemui. Hal ini bisa terjadi pada penderita yang tidak mengontrol penyakitnya dengan baik. Kira-kira, apa penyebab berat badan pengidap diabetes turun drastis? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa Berat Badan Penderita Diabetes Bisa Turun Drastis?

Penyebab Berat Badan Turun pada Penderita Diabetes

Jangan senang dulu saat mendapati berat badan tiba-tiba turun dengan cepat dalam waktu yang singkat. Meski bisa membuat bentuk tubuh menjadi semakin ideal, bisa jadi hal ini adalah tanda dari penyakit berbahaya, salah satunya diabetes.

Diabetes adalah kondisi ketika proses pengubahan glukosa (gula) menjadi energi terganggu. Penyebabnya bisa karena kurangnya produksi hormon insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan hormon tersebut dengan baik.

Insulin adalah hormon yang membantu proses pembentukan gula menjadi energi. Sayangnya, sel-sel tubuh pengidap diabetes tidak merespons insulin sebagaimana mestinya. Kondisi ini dikenal sebagai resistensi insulin.

Dikarenakan tidak adanya respons tubuh terhadap hormon tersebut, pankreas terus memproduksi lebih banyak insulin hingga tidak cukup lagi untuk dikirimkan ke seluruh sel di tubuh. Akibatnya, kadar gula darah menjadi meningkat.

Baca Juga: Punya Bentuk Tubuh Ini, Waspadai Risiko Diabetes

Selain memiliki kadar gula darah di atas normal, penderita diabetes juga sering kali mengalami berat badan yang berkurang.

Berat badan turun karena diabetes terjadi karena sel-sel tubuh tidak mendapatkan energi dari glukosa yang masuk ke dalam tubuh. Akhirnya, tubuh memilih alternatif lain sebagai cadangan energi yaitu lemak. Inilah yang memicu penurunan berat badan.

Kondisi ini memang lebih sering dialami oleh penderita diabetes tipe 1, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi pengidap diabetes tipe 2 untuk mengalaminya.

Ciri-ciri Berat Badan Turun Karena Diabetes

Selain tanda diabetes, berat badan yang berkurang secara drastis tanpa penyebab pasti bisa menandakan masalah kesehatan tertentu. Lantas, adakah ciri-ciri berat badan turun karena diabetes?

Nampaknya, penurunan berat badan bukanlah satu-satunya tanda yang harus diperhatikan jika menyangkut penyakit ini. Anda juga harus melihat ada tidaknya gejala lain yang menyertainya.

Penderita kemungkinan besar mengalami beberapa gejala lain, seperti:

  • Sering merasa haus dan lapar.
  • Kelelahan.
  • Sering buang air kecil.
  • Kulit kering.
  • Luka yang sulit sembuh.
  • Sering terinfeksi.
  • Kesemutan dan mati rasa.

Baca Juga: 12 Cara Turunkan Berat Badan, Sehat dan Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Berat Badan Turun Akibat Diabetes

Penurunan berat badan yang drastis pada penderita diabetes tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Namun tenang saja, Anda bisa menangani kondisi ini.

Cara terbaik untuk mengatasi berkurangnya berat badan secara drastis pada penderita diabetes adalah dengan mengontrol penyakit diabetes itu sendiri.

Terlebih dahulu, bicarakan kepada dokter mengenai cara untuk mendapatkan badan ideal. Dokter mungkin akan merekomendasikan penerapan gaya hidup sehat sebagai solusinya.

Jangan lupa untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Anda bisa menerapkan diet sehat, olahraga, dan mengubah gaya hidup. Obat-obatan diabetes juga sebaiknya digunakan sesuai aturan.

Baca JugaPenumpukan Lemak di Perut Tingkatkan Risiko Penyakit Diabetes

Biasanya, setelah penderita diabetes mengendalikan penyakitnya dengan baik, penurunan berat badan yang terjadi akan lebih stabil.

Nah, itulah berbagai penyebab berat badan turun karena diabetes. Berkurangnya berat badan memang termasuk gejala diabetes yang umum dijumpai. Namun, waspadai juga kemungkinan penyebab lainnya.

Apabila berat badan Anda berkurang sekitar 5 persen (4.5 kg) dari berat badan normal dalam waktu 6-12 bulan atau kurang, segera periksakan kondisi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

 

  1. Anonim. 2022. Unexplained Weight Loss. https://www.diabetes.co.uk/symptoms/unexplained-weight-loss.html. (Diakses pada 13 Januari 2023).
  2. Anonim. 2022. What You Should Know About Unexplained Weight Loss and Diabetes. https://health.clevelandclinic.org/what-you-should-know-about-unexplained-weight-loss-and-diabetes/. (Diakses pada 13 Januari 2023).
  3. Berkley, Cherie. 2022. Could Rapid Weight Loss Mean Diabetes? https://www.verywellhealth.com/rapid-weight-loss-5101064. (Diakses pada 13 Januari 2023).
  4. Cafasso, Jacquelyn. 2021. What to Know About Diabetes and Weight Loss. https://www.healthline.com/health/diabetes/diabetes-weight-loss. (Diakses pada 13 Januari 2023).
  5. West, Mary. 2021. What to Know about Type 2 Diabetes and Weight Loss. https://www.medicalnewstoday.com/articles/type-2-diabetes-weight-loss. (Diakses pada 13 Januari 2023).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi