Terbit: 21 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Bagi penderita diabetes, konsumsi berbagai jenis sayuran menjadi suatu keharusan. Namun, apakah konsumsi wortel untuk penderita diabetes tergolong aman? Simak penjelasannya berikut ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Wortel? Cek Faktanya

Dampak Makan Wortel bagi Penderita Diabetes

Sayuran penting dikonsumsi oleh diabetesi (penderita diabetes). Bagaimana tidak, kandungan serat di dalamnya dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah.

Salah satu jenis sayuran yang dianggap memiliki manfaat tersebut adalah wortel. Namun, ada saja anggapan bahwa wortel tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes karena bisa meningkatkan kadar gula darah.

Faktanya, sayuran berwarna oranye ini kaya akan berbagai nutrisi penting untuk penderita diabetes. Misalnya saja vitamin A dan karotenoid di dalamnya yang dapat membantu mencegah kerusakan mata.

Di sisi lain, kandungan karbohidrat pada wortel memang tidak bisa dikatakan rendah. Meski begitu, karbohidrat pada sayuran ini merupakan sumber yang baik.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa penderita diabetes harus mencukupi sebesar 45 persen asupan kalori dari karbohidrat.

Baca JugaMelihat Lebih Jauh Manfaat Cabai untuk Penderita Diabetes

Tak hanya karbohidrat, hal lain yang harus diperhatikan saat ingin mengonsumsi sesuatu adalah nilai indeks glikemik (IG). Ini merupakan indikator untuk mengetahui cepat atau lambatnya suatu makanan dalam meningkatkan gula darah.

Nilai indeks glikemik yang rendah menandakan bahwa makanan tersebut tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah secara cepat. Menurut American Diabetes Association (ADA), suatu makanan dikatakan memiliki indeks glikemik rendah jika nilainya sebesar 55 atau lebih rendah.

Wortel rebus memiliki skor indeks glikemik yang rendah, yaitu 33. Skor IG lebih rendah ditemukan pada wortel mentah.

Jadi, wortel dapat menjadi pilihan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Anda bisa menambahkan sayuran ini ke dalam menu sehari-hari.

Manfaat Wortel untuk Penderita Diabetes

Berkat seluruh kandungan nutrisi di dalamnya, ada sejumlah manfaat wortel untuk penderita diabetes, di antaranya:

1. Mengontrol Gula Darah

Serat dapat membantu mengelola kadar gula darah sehingga penyakit diabetes dapat terkontrol dengan baik.

Penderita diabetes dianjurkan untuk memenuhi sebanyak 20-25 gram serat setiap harinya. Serat ini bisa diperoleh dari konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian.

Wortel menjadi salah satu sumber serat yang baik. Sebanyak 100 gram wortel terkandung sekitar 2.8 gram serat. 

2. Mencegah Retinopati Diabetik

Konsumsi wortel untuk penderita diabetes bermanfaat karena kandungan karotenoid di dalamnya. Karotenoid adalah senyawa yang memberikan warna oranye dan kuning pada buah dan sayur.

Menurut penelitian, karotenoid dapat menurunkan risiko retinopati diabetik. Ini adalah komplikasi diabetes yang bisa menyebabkan kebutaan pada pengidap diabetes.

3. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Salah satu manfaat makan wortel untuk penderita diabetes adalah meningkatkan sensitivitas insulin. Seperti yang diketahui, pengidap diabetes tipe 2 mengalami resistensi insulin yang menyebabkan masalah pada penyerapan glukosa.

Penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi lebih banyak serat dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengelola penyakit diabetes. Wortel dapat menjadi sumber serat yang baik.

Baca JugaDaun dan Buah Belimbing Wuluh untuk Mengobati Diabetes, Ampuhkah?

4. Memperlancar Metabolisme Tubuh

Vitamin B memiliki peran besar dalam memperlancar proses metabolisme tubuh. Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin ini dari wortel.

Kekurangan vitamin B1 (Tiamin) dan vitamin B6 diketahui sering menimpa pengidap diabetes tipe 2.

Dengan memenuhi vitamin B harian, penderita diabetes dapat mengontrol penyakitnya serta mengurangi risiko terkena komplikasi diabetes yang berbahaya.

Demikian penjelasan seputar boleh dan tidaknya penderita diabetes makan wortel. Ingatlah untuk selalu melakukan diet sehat dengan konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang.

Tak hanya itu, perhatikan jumlah konsumsi wortel harian. Bagi penderita diabetes, jumlah yang direkomendasikan ialah sebanyak 3-5 porsi. Satu porsi wortel sama dengan setengah cangkir sayuran yang dimasak dan satu cangkir sayuran mentah.

 

  1. Anonim. 2022. Diabetic Retinopathy. https://www.nei.nih.gov/learn-about-eye-health/eye-conditions-and-diseases/diabetic-retinopathy. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  2. Anonim. 2022. Fiber: The Carb That Helps You Manage Diabetes. https://www.cdc.gov/diabetes/library/features/role-of-fiber.html. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  3. Anonim. Can Carrot Juice be Used for Diabetics? https://www.vinmec.com/en/news/health-news/nutrition/can-carrot-juice-be-used-for-diabetics/. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  4. Anonim. Carb Counting and Diabetes. https://diabetes.org/healthy-living/recipes-nutrition/understanding-carbs/carb-counting-and-diabetes. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  5. Chen, Chunye, dkk. 2016. Therapeutic Effects of Soluble Dietary Fiber Consumption on Type 2 Diabetes Mellitus. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4950069/. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  6. Gray, Alison, dkk. 2019. Nutritional Recommendations for Individuals with Diabetes. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279012/. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  7. Hollimon, Nicole. 2022. Carrots and Their Effect on Blood Sugar. https://www.webmd.com/diabetes/carrots-effect-on-blood-sugar. (Diakses pada 20 Januari 2023).
  8. Richards, Louisa. 2020. Are Carrots Good for Those with Diabetes? https://www.medicalnewstoday.com/articles/are-carrots-good-for-diabetics. (Diakses pada 20 Januari 2023).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi