Terbit: 15 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Terdiagnosis diabetes mungkin membuat Anda takut untuk makan daging; mengingat kandungan lemak, kolesterol, dan kalori yang tinggi di dalamnya. Padahal, makanan ini tergolong aman, asalkan Anda cermat dalam mengonsumsinya. Simak sejumlah tips konsumsi daging untuk penderita diabetes di bawah ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Daging? Ini Aturannya

Bolehkah Penderita Diabetes Mengonsumsi Daging?

Asupan makanan harian menjadi hal penting yang harus diperhatikan diabetesi alias penderita diabetes. Salah satu makanan yang dinilai bisa memicu kenaikan kadar gula di dalam darah adalah makanan berkalori tinggi, seperti daging.

Lantas, apakah daging berbahaya bagi penderita diabetes? Faktanya, konsumsi daging tertentu dan cara mengolah daging berhubungan dengan meningkatnya risiko diabetes.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Diabetes Care, memanggang daging dengan suhu tinggi bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Studi lain yang menemukan hal serupa juga telah dilakukan di Duke-NUS Medical School, Singapura, tahun 2017. Para peneliti mengungkapkan bahwa konsumsi daging merah dan unggas yang berlebihan dikaitkan dengan meningkatnya risiko diabetes secara signifikan.

Dalam penelitian tersebut, 63 ribu lebih warga Singapura dengan usia 45 hingga 74 tahun dilibatkan. Partisipan mengonsumsi 165 jenis makanan dalam kurun waktu tersebut, 33 jenis di antaranya adalah daging.

Setelah dicek dengan berbagai faktor lainnya, seperti kebiasaan merokok, indeks massa tubuh, kegiatan olahraga, tekanan darah, dan pola makan sehari-hari, sebanyak 5.207 partisipan mengidap diabetes di akhir masa penelitian akibat rutin mengonsumsi daging-dagingan.

Hal itu disebabkan oleh kandungan zat besi heme yang tinggi. Kandungan ini menyebabkan penumpukan zat besi di pankreas, organ penting untuk memproduksi insulin yang berperan dalam mengendalikan kadar gula darah.

Selain itu, daging merah juga menyimpan kandungan lainnya yang bisa ikut memengaruhi risiko diabetes, seperti nitrit dan lemak jenuh yang cukup tinggi.

Baca JugaIni Alasan Mengapa Penderita Diabetes Dianjurkan Konsumsi Brokoli

Tips Aman Konsumsi Daging untuk Penderita Diabetes

Meski ada risiko konsumsi daging dengan risiko diabetes, American Diabetes Association (ADA) tidak menganjurkan diabetesi untuk menghindari daging sepenuhnya. Pasalnya, protein di dalamnya tetap dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, sebenarnya tidak ada hubungan antara konsumsi daging dengan peningkatan gula darah atau insulin bagi penyandang diabetes tipe 2. Hal ini diungkapkan oleh studi tahun 2015 yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition.

Namun demikian, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan diabetesi agar konsumsi daging tetap aman, di antaranya:

1. Hindari Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis nampaknya menjadi pilihan makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

Penting diketahui, daging olahan yang dikonsumsi dalam jumlah besar berhubungan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Hal ini diungkapkan oleh penelitian yang termuat di Diabetes Care.

2. Pilihlah Daging Tanpa Lemak

ADA merekomendasikan diabetesi untuk mengonsumsi protein tanpa lemak, termasuk daging. Namun, pastikan untuk memilih daging rendah lemak atau tidak mengandung lemak sama sekali.

Hindarilah lemak jenuh dan lemak trans karena dapat meningkatkan kadar kolesterol, berat badan, dan risiko penyakit jantung.

Beberapa pilihan daging dengan kandungan lemak yang rendah dan sedang, misalnya:

  • Unggas: ayam atau kalkun tanpa kulit.
  • Ikan: Trout, tuna segar atau kalengan dalam air, cod segar atau beku.
  • Makanan Laut: Lobster, kepiting, udang, kerang.
  • Daging sapi: Tenderloin, sirloin.
  • Daging babi: Ham segar, tenderloin.
  • Domba: Daging dan kaki, daging yang diolah dengan cara dipanggang.

3. Cermati Label Kemasan

Bila Anda berencana membeli daging dalam kemasan, cobalah untuk memperhatikan dengan baik label kemasan produk.

Pastikan produk yang akan Anda beli mencantumkan label lean meat. Ini artinya, daging tersebut memiliki kadar lemak yang rendah.

Baca JugaBolehkah Penderita Diabetes Makan Nasi Goreng? Cek Faktanya

4. Batasi Konsumsi Daging

Konsumsi daging sebaiknya dibatasi. Tidak hanya bagi penderita diabetes, orang tanpa diagnosis penyakit ini juga harus membatasi konsumsi daging.

Mengenai batas konsumsi yang aman, hal ini bergantung pada berbagai macam faktor, seperti tingkat aktivitas, usia, dan masalah kesehatan seseorang.

Lebih jelasnya lagi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait konsumsi daging untuk diabetes yang aman. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2017. Eating Meat Linked to Higher Risk of Diabetes. https://www.sciencedaily.com/releases/2017/09/170905134506.htm. (Diakses pada 14 Desember 2022).
  2. Anonim. 2021. Diabetes Diet: Create Your Healthy-Eating Plan. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/diabetes-diet/art-20044295. (Diakses pada 14 Desember 2022).
  3. Anonim. 2018. Diabetic Diet: Meat Choices. https://uamshealth.com/nutrition/diabetic-diet-meat-choices/. (Diakses pada 14 Desember 2022).
  4. Dineshwori, Longjam. 2020. Should You Stop Eating Meat If You Have Diabetes? https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/diabetes/should-you-stop-eating-meat-if-you-have-diabetes-782111/. (Diakses pada 14 Desember 2022).
  5. Gorin, Amy. 2017. 5 ‘Bad’ Diabetes Foods You Can Enjoy in Moderation. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/diet/bad-foods-diabetic-diet-okay-eat-fruit-read-meat-more/. (Diakses pada 14 Desember 2022).
  6. Liu, Gang, dkk. 2018. Meat Cooking Methods and Risk of Type 2 Diabetes: Results From Three Prospective Cohort Studies. https://diabetesjournals.org/care/article/41/5/1049/36533/Meat-Cooking-Methods-and-Risk-of-Type-2-Diabetes. (Diakses pada 14 Desember 2022)
  7. Nall, Rachel. 2021. Does Meat Cause Diabetes? https://www.healthline.com/health/diabetes/does-meat-cause-diabetes. (Diakses pada 14 Desember 2022).
  8. Richards, Louisa. 2020. Meat Options for a Diabetes Diet. https://www.medicalnewstoday.com/articles/meats-for-diabetes. (Diakses pada 14 Desember 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi