Terbit: 17 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Biskuit gandum disebut-sebut termasuk camilan yang sehat bagi penderita diabetes. Namun, apakah mengonsumsinya aman untuk kadar gula darah? Simak penjelasannya berikut ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Biskuit Gandum?

Konsumsi Biskuit Gandum untuk Penderita Diabetes

Bagi pengidap diabetes alias diabetesi, asupan makanan sehari-hari sebaiknya diperhatikan dengan baik. Selain makanan berat, penderita juga harus mencermati makanan ringan yang akan dikonsumsinya.

Makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Begitu juga dengan makanan yang memiliki nilai indeks glikemik (IG) yang tinggi.

Pasalnya, makanan-makanan tersebut diketahui dapat meningkatkan kenaikan kadar gula darah secara drastis. Kondisi ini pada akhirnya bisa berdampak terhadap berbagai komplikasi diabetes yang berbahaya.

Camilan sehat bagi penderita diabetes sebetulnya cukup bervariasi, seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, biji-bijian, dan yoghurt. Oleh karena itu, Anda jangan terlalu khawatir tidak bisa nyemil enak.

Camilan seperti biskuit gandum juga dianggap aman-aman saja untuk dikonsumsi penderita diabetes. Sebab faktanya, jenis biskuit ini memiliki nilai indeks glikemik yang tergolong rendah.

Baca Juga11 Pilihan Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Indeks glikemik (IG) adalah indikator untuk mengetahui cepat dan lambatnya makanan dalam meningkatkan kadar gula di dalam darah. Nilai IG yang tinggi pada makanan menunjukkan bahwa makanan tersebut menyebabkan lonjakan gula darah secara drastis.

Suatu makanan memiliki nilai indeks glikemik rendah apabila memiliki nilai di angka 55 ke bawah. Nah, jumlah IG pada biskuit gandum sebanyak 50 gram adalah sekitar 14.

Itu berarti, konsumsi biskuit gandum untuk penderita diabetes tergolong aman. Pasalnya, camilan ini memiliki nilai IG yang rendah sehingga tidak mengakibatkan kenaikan gula darah secara drastis. 

Selain itu, meskipun kandungan karbohidratnya cukup tinggi, jangan lupakan serat yang juga ikut hadir di dalamnya. Serat diketahui mampu mengontrol gula darah dan menjaga berat badan tetap ideal.

Tips Konsumsi Biskuit Gandum untuk Penderita Diabetes

Biskuit gandum utuh memiliki beragam kandungan yang mendatangkan manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes.

Camilan yang satu ini terdiri dari lemak, protein, serat, karbohidrat, dan air. Berkat seluruh kandungan yang ada di dalamnya, biskuit gandum utuh diketahui mampu mengontrol kadar gula pengidap diabetes.

Tak hanya itu, camilan ini juga dianggap dapat membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Meski benar adanya, efek penurunan kolesterol ternyata tidak begitu signifikan.

Baca JugaBenarkah Brown Sugar Lebih Sehat bagi Penderita Diabetes?

Cukup banyak manfaat biskuit gandum untuk diabetesi, bukan? Hanya saja, agar manfaatnya bisa Anda peroleh secara optimal, ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan, di antaranya:

  • Tetap batasi konsumsinya karena biskuit ini mengandung karbohidrat yang berpotensi membuat kadar gula naik.
  • Pilih biskuit dengan gandum utuh atau wholemeal flour untuk mengurangi risiko bahaya yang dapat terjadi.
  • Hindari konsumsi biskuit gandum yang mengandung gula dan natrium (garam) tinggi.
  • Buat sendiri biskuit di rumah untuk mengetahui takaran gula dan garam yang digunakan.

Nah, demikian penjelasan terkait boleh atau tidaknya gandum utuh untuk diabetes. Apabila ingin mengetahui batasan asupan biskuit gandum yang aman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga bisa memilih alternatif camilan sehat lainnya untuk diabetes, seperti yoghurt, biji-bijian utuh, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2022. Fiber: The Carb That Helps You Manage Diabetes. https://www.cdc.gov/diabetes/library/features/role-of-fiber.html#. (Diakses pada 16 Januari 2023).
  2. Anonim. Wholegrain and Diabetes. https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/enjoy-food/carbohydrates-and-diabetes/wholegrains-and-diabetes-. (Diakses pada 16 Januari 2023).
  3. Anonim. Whole-wheat Biscuits – Carbs, Glycemic Index, Fats, Minerals, Vitamins & Much More. https://lowcarbcheck.com/foods/whole-wheat-biscuits/. (Diakses pada 16 Januari 2023).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi