Terbit: 30 September 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Cacar air adalah infeksi virus yang menyebabkan munculnya gejala seperti flu hingga gatal-gatal. Ketahui bagaimana cara mengobati cacar air agar tidak menyebar dan cepat kering dalam pembahasan ini.

10 Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang

Cara Mengobati Cacar Air agar Cepat Kering dan Hilang

Meskipun vaksin varicella mampu mencegah cacar air secara efektif hingga 90%, virus varicella zoster yang menyebabkan penyakit ini tidak ada obatnya. Cacar air sangat mudah menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Ketahui bagaimana cara mengatasi cacar air agar tidak menyebar, cepat kering, dan hilang dalam pembahasan ini:

1. Menggunakan lotion calamine

Lotion calamine membantu mengurangi rasa gatal secara signifikan. Lotion ini memiliki kandungan yang menenangkan untuk kulit, seperti zinc oxide.

Gunkan kapas atau langsung dengan jari tangan yang sudah bersih untuk mengaplikasikannya. Oleskan lotion calamine ke permukaan kulit yang terasa gatal. Lotion calamine boleh digunakan di seluruh tubuh, kecuali area mata.

2. Es krim tanpa gula

Cacar air yang muncul dalam bentuk sariawan di mulut menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri. Memakan es krim tanpa gula bisa membantu meredakan sariawan dan mengurangi rasa nyeri tersebut. Selain itu, es krim juga membantu mencegah dehidrasi pada penderita cacar air.

3. Berendam dengan oatmeal

Merendam tubuh di dalam oatmeal bisa menenangkan kulit sekaligus meredakan gatal akibat cacar air. Mandi oatmeal juga mencegah cacar air menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Berikut adalah cara mempersiapkan mandi oatmeal untuk cacar air:

  • Ambil 90 gram oatmeal untuk anak yang berusia di atas 5 tahun, atau 30 gram untuk bayi dan balita. Gunakan oatmeal instan tanpa rasa, lalu haluskan dengan food processor hingga menjadi serbuk lembut.
  • Masukkan oatmeal halus ke dalam kain tipis atau kantong.
  • Siapkan air hangat untuk berendam, lalu masukkan kantong berisi oatmeal ke dalamnya. Berendamlah selama kurang dari 20 menit.

Cara mengobati cacar air agar cepat kering dan hilang selain dengan berendam, oatmeal halus juga bisa dioleskan ke kulit untuk menenangkan kulit yang terluka karena cacar air.

4. Gunakan sarung tangan untuk mencegah garukan

Bayi dan anak mudah menggaruk cacar air karena rasa gatal hingga menyebabkan kulitnya lecet. Kondisi ini bisa memburuk jika terjadi infeksi.

Untuk itu, kenakan sarung tangan pada anak selama ia tidur untuk mencegahnya menggaruk kulit. Gunting juga kuku anak agar tidak terasa tajam saat bersentuhan dengan kulitnya.

Baca Juga: 10 Pantangan Cacar Air yang Harus Diketahui

5. Mandi baking soda

Cara lain untuk meredakan gatal berlebihan akibat cacar air adalah dengan mandi baking soda. Siapkan air hangat secukupnya, lalu tambahkan 90 gram baking soda. Berendam selama 15 sampai 20 menit akan membuat kulit lebih tenang dan rasa gatal berkurang.

Namun sebelum mencobanya, silahkan cek dulu apakah kulit Anda bisa mentoleransi kandungan baking soda. Bila ternyata mengalami efek iritasi dan alergi yang tidak biasa, jangan menggunakannya atau konsultasi ke dokter sebelum menggunakannya lagi.

6. Kompres dengan teh chamomile

Teh chamomile juga memiliki efek menenangkan kulit yang meradang karena cacar air. Chamomile mengandung efek anti-inflamasi dan antiseptik saat menyentuh kulit.

Rebus dua sampai tiga kantong teh chamomile lalu biarkan dingin. Setelah itu, gunakan kapas untuk mengompreskan teh ke permukaan kulit. Kemudian tepuk-tepuk lembut kulit dengan telapak tangan sampai kering.

7. Obat penghilang nyeri

Jika cacar air terasa sangat nyeri hingga menyebabkan demam, obat oral boleh diberikan. Obat yang boleh diberikan adalah acetaminophen yang membantu meredakan rasa nyeri. Hindari memberikan aspirin karena dapat memicu munculnya sindrom Reye.

Ibuprofen sebaiknya juga dihindari sebisa mungkin, karena penggunaannya dapat menyebabkan infeksi kulit parah pada penderita.

8. Jaga suhu tubuh tetap dingin

Rasa gerah dan keringat membuat kulit terasa lebih gatal. Hindari keringat berlebih saat cacar air. Jika kulit terasa panas, dinginkan dengan kompres air es untuk menenangkan kulit.

Baca Juga: 19 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air (Alami dan Medis)

9. Minum banyak air putih

Meminum banyak air putih dan memberikan suplai cairan yang cukup pada tubuh membantu mempercepat penyembuhan dari virus. Perbanyak minum air putih, hindari minuman manis dan soda, terutama jika cacar air muncul sebagai sariawan di dalam mulut. Hindari makanan pedas dan asin agar kondisi mulut tidak semakin parah.

10. Berikan pengalih perhatian

Meskipun ini merupakan bentuk perawatan tidak langsung, membuat anak sibuk dengan kegiatan lain akan mengalihkan perhatiannya dari rasa gatal akibat cacar air. Bermain, membaca, atau menonton film bisa menjadi alternatif yang efektif untuk mereka.

Itulah beberapa cara mengobati cacar air agar cepat kering dan hilang dengan perawatan alami atau obat penghilang antinyeri. Konsultasi juga ke dokter untuk mendapat perawatan terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Jon Johnson. 2019. Home remedies for relief from chickenpox symptoms. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326051. (Diakses pada 29 September 2021).
  2. Rachel Nall, MSN, CRNA. 2019. 7 Home Remedies for Chickenpox. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-chickenpox. (Diakses pada 29 September 2021).
  3. WebMD. 2021. What’s the Treatment for Chickenpox? https://www.webmd.com/children/understanding-chickenpox-treatment. (Diakses pada 29 September 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi