Terbit: 5 April 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Selain rasa lapar, salah satu tantangan dalam menjalani puasa adalah rasa haus. Lantas, bagaimana cara menghilangkan haus saat puasa yang mudah untuk dilakukan? Simak tips selengkapnya di bawah ini.

10 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Haus saat Puasa Ramadan

Cara Menghilangkan Rasa Haus saat Puasa

Puasa Ramadan adalah ibadah yang dilakukan dengan tidak makan dan minum mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Dengan begitu, setiap orang yang berpuasa akan mengalami rasa lapar dan haus, terlebih di siang hari. Namun, kebanyakan orang masih mampu menahan lapar, tapi tidak untuk menahan haus.

Hal tersebut tergolong wajar, sebab di dalam tubuh manusia, air adalah komposisi yang paling banyak yaitu sekitar 65 persen. Maka bukan hal yang aneh apabila setiap orang sangat sulit menahan rasa haus, apalagi di siang hari dan terkena terik matahari secara langsung.

Rasa haus biasanya membuat puasa menjadi sangat berat untuk dijalankan. Nah, jika Anda mengalami hal demikian, ada sejumlah tips yang dapat mengatasi haus ketika sedang berpuasa.

Berikut ini berbagai cara menghilangkan haus saat puasa:

1. Kurangi makanan asin dan pedas

Ketika sedang sahur, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan asin. Sebab, rasa asin pada makanan dapat menekan resisten cairan di tubuh sehingga membuat Anda menjadi lebih mudah haus.

Apabila Anda memang tidak bisa makan tanpa garam, sebaiknya konsumsi sedikit saja. Jangan sampai terlalu asin, sebab semakin banyak garam yang dikonsumsi, maka semakin besar pula rasa haus.

Meskipun nikmat, konsumsi makanan pedas saat berbuka atau sahur juga perlu dihindari karena dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti gastritis, sakit perut, tukak lambung, sering buang air kecil, hingga memicu haus.

2. Jangan banyak berbicara

Saat beraktivitas atau bekerja di siang hari, sebaiknya pintar-pintar menahan diri untuk tidak berbicara secara berlebihan. Sebab, dengan terlalu banyak bicara, rasa haus akan semakin kuat dan mengganggu tenggorokan serta lidah.

Usahakanlah untuk lebih banyak diam dan tidak berbicara apabila memang tidak terlalu penting.

3. Perbanyak minum air saat malam dan sahur

cara menghilangkan haus saat puasa berikutnya bisa dilakukan dengan minum banyak air putih saat malam dan sahur. Tidak dianjurkan untuk minum dalam jumlah banyak dalam satu waktu, tetapi minumlah secara bertahap.

Usahakan tetap minum air putih setidaknya delapan gelas, mulai dari malam hingga sahur. Dengan memenuhi kebutuhan tersebut, maka rasa haus di siang hari tidak akan terlalu kuat sehingga masih bisa beraktivitas dan berpuasa dengan lancar.

4. Mengonsumsi yoghurt

Mengonsumsi yoghurt saat sahur bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa haus saat puasa. Satu cangkir yoghurt mengandung 85% air. Selain menghilangkan dahaga, yoghurt memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Yoghurt bisa dipadukan dengan buah-buahan sebagai salad buah atau menjadi smoothie. Selain saat sahur, menu ini juga cocok untuk menu berbuka.

5. Hindari berkeringat untuk menghindari rasa haus

Beberapa aktivitas seperti olahraga, paparan panas, dan perubahan suhu yang drastis, semuanya dapat menguapkan air dari tubuh yang membuat Anda haus. Hindari pula paparan sinar matahari sebanyak mungkin. Oleh karena itu, menjaga suhu tubuh saat berpuasa adalah sesuatu yang penting.

6. Makan buah dan sayuran

Salah satu cara menghilangkan rasa haus saat puasa bisa mengonsumsi makanan apa pun yang berair, termasuk semangka, melon, jeruk, mentimun, sayuran berdaun hijau, seledri, kubis, mentimun, dan tomat saat sahur.

Makanan tersebut tidak hanya menghidrasi tetapi dipenuhi dengan manfaat nutrisi yang membantu air bertahan lebih lama di tubuh.

7. Hindari minuman berkafein saat sahur

Meskipun kopi adalah minuman favorit yang sering Anda nikmati baik siang maupun malam, tetapi sebaiknya hindari apabila ingin mengatasi haus saat puasa.

Beberapa minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda dapat mengeluarkan cairan dari tubuh sehingga sering buang air kecil.

Jika tidak dapat menghindari minuman tersebut sepenuhnya maka setidaknya kurangi untuk menghindari dahaga saat puasa.

8. Minum susu kurma

Mengonsumsi campuran kurma dan susu saat sahur akan membantu Anda menghilangkan rasa haus selama seharian penuh.

Cara membuatnya mudah, rendamlah beberapa kurma dalam susu semalaman, Anda dapat mencampur dengan pisang, almond, atau yogurt.

9. Mandi air dingin di siang hari

Membasahi tubuh dengan air dingin akan menghilangkan rasa haus dan lelah. Cobalah berdiri bawah pancuran air dingin dan Anda akan merasakan kesegaran serta rasa haus akan hilang. Anda juga dapat menggunakan handuk basah dan menepuknya di kepala dan wajah untuk memberikan kesegaran.

10. Sahur di akhir waktu

Sunnah dari Nabi Muhammad SAW menganjurkan bahwa, lebih baik menunda waktu sahur atau sahur di akhir waktu agar orang yang berpuasa mampu menahan rasa haus di siang hari.

Tidak hanya menghilangkan haus, sahur yang mepet menjelang waktu azan subuh juga dapat membantu menahan rasa lapar dari awal puasa hingga waktu magrib.

Nah, demikianlah cara menghilangkan rasa haus saat puasa Ramadan yang mudah dipraktikkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!   

 

  1. Anonim. 2021. 6 Easy Ways To Feel Less Thirsty While Fasting. https://www.expatwoman.com/ewfood/healthy-eating/6-easy-ways-feel-less-thirsty-while-fasting (Diakses pada 5 April 2022)
  2. Anonim. 2017. Ramadan Tips: How To Reduce Thirst While Fasting. https://urdumom.com/2017/06/great-tips-to-reduce-thirst-while-fasting/ (Diakses pada 5 April 2022)
  3. Anonim. 2021. How to overcome the feeling of thirst during Ramadan. https://www.arabiaweather.com/en/content/how-to-overcome-the-feeling-of-thirst-during-ramadan (Diakses pada 5 April 2022)
  4. Zaki, Yousra. 2017. 5 ways to minimise thirst during Ramadan. https://gulfnews.com/uae/5-ways-to-minimise-thirst-during-ramadan-1.2038605 (Diakses pada 5 April 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi