Terbit: 11 February 2022 | Diperbarui: 26 September 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Virus Corona varian Omicron menyebabkan peningkatan jumlah kasus positif COVID-19. Kondisi ini membuat banyak orang mencari tahu mengenai makanan untuk Omicron. Apa saja makanan yang baik dikonsumsi saat terinfeksi varian Omicron? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Minuman dan Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Terinfeksi Omicron

Minuman dan Makanan untuk Penderita Omicron

Memperhatikan pola diet adalah sesuatu yang penting saat seseorang terinfeksi virus Corona. Hal ini menjadi penting karena diet yang tepat dapat membantu waktu pemulihan lebih cepat.

Pada beberapa kasus, menentukan jenis makanan yang harus dimakan saat Anda sedang sakit adalah sesuatu yang sulit. Apalagi, kondisi sakit umumnya membuat seseorang tidak memiliki selera untuk makan.

Oleh karena itu, menentukan makanan untuk Omicron adalah sesuatu yang penting demi kenyamanan dan pemenuhan nutrisi tubuh untuk melawan virus.

Berikut adalah minuman dan makanan yang baik dikonsumsi penderita Omicron untuk mempercepat pemulihan, di antaranya:

1. Yoghurt

Makanan yang baik dikonsumsi saat terinfeksi varian Omicron adalah yoghurt. Kenapa yoghurt menjadi makanan yang dianjurkan? Pada umumnya, mayoritas pasien Omicron mengalami nyeri dan gatal di tenggorokan. Dengan mengonsumsi yoghurt yang dingin, hal tersebut dapat memberikan kenyamanan pada tenggorokan.

Selain itu, yoghurt juga mengandung protein yang dapat membantu pemulihan dan membuat Anda kenyang. Anda juga bisa menambahkan granola dan beberapa potongan pisang kecil untuk meningkatkan nutrisi di dalamnya.

2. Minuman Elektrolit

Memenuhi asupan cairan tubuh adalah sesuatu yang penting agar berbagai organ berfungsi dengan normal. Jika Omicron menyebabkan Anda mengalami diare dan muntah, ganti cairan yang hilang dengan mengonsumsi minuman elektrolit. Hal ini menjadi penting agar tubuh tidak kekurangan kekurangan kalium dan kadar natrium tetap normal.

Baca Juga: Gejala Omicron Varian Baru COVID-19, Ringan tapi Tidak Biasa!

3. Sup dan Kaldu

Makanan lainnya yang memberikan kenyamanan pada tenggorokan adalah sup atau kaldu. Bahkan, sup dan kaldu juga bisa menjadi pengganti cairan elektrolit yang hilang.

Jika Anda memiliki nafsu makan, sup yang terdapat sayuran di dalamnya dapat membantu memberi tubuh beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Cobalah untuk mengonsumsi semua jenis sayuran silangan.

4. Telur

Telur mengandung selenium, vitamin A, B, K, asam amino, dan antioksidan yang dapat membantu pasien COVID membangun sistem kekebalan yang kuat. Selain itu, telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin D, zinc, dan vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan.

5. Makanan Tinggi Vitamin C

Vitamin lainnya yang bertanggung jawab untuk sistem kekebalan yang kuat adalah vitamin C. Vitamin yang larut dalam air ini kaya akan antioksidan sehingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Jadi, Anda harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan seperti buah citrus, sayuran berdaun gelap, jambu biji, buah kiwi, brokoli, stroberi, dan pepaya.

Baca Juga: Radang Tenggorokan akibat Omicron dan Flu Biasa, Ini Perbedaannya

6. Makanan Tinggi Vitamin D

Sebuah studi menunjukkan bahwa menambahkan vitamin D dalam protokol pengobatan pasien positif Corona dapat meningkatkan pemulihan.

Berdasarkan penelitian ini, cobalah untuk memasukkan makanan seperti jamur, kuning telur, dan susu dalam diet. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, berjemur di bawah sinar matahari juga sesuatu yang penting.

7. Makanan Tinggi Protein

Protein adalah nutrisi terpenting untuk membantu memperbaiki kerusakan sel sekaligus berguna untuk membangun otot. Efek lanjutannya, sistem kekebalan tubuh akan semakin menguat.

Hal inilah yang membuat protein dipercaya dapat membantu penyembuhan kerusakan sel yang disebabkan oleh virus Corona.

Untuk alasan yang sama, orang yang telah pulih dari COVID-19 harus mengonsumsi makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, lentil, produk olahan susu, ayam, telur, dan ikan karena semua makanan tersebut tinggi protein.

 

  1. Anonim. 2022. Coronavirus and Omicron Scare: What COVID patients must eat while recovering and why. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/coronavirus-and-omicron-scare-what-covid-patients-must-eat-while-recovering-and-why/photostory/88714043.cms. (Diakses pada 11 Februari 2022).
  2. Bhardwaj, Nikita. 2022. Did you know? Eating eggs can help you recover faster from Covid-19 infection. https://www.healthshots.com/healthy-eating/superfoods/eggs-can-help-in-faster-recovery-from-covid-19-or-omicron-infection/. (Diakses pada 11 Februari 2022).
  3. Hickman, Kiersten. 2022. The Best Foods to Eat for Omicron Symptoms, Says Doctor. https://www.eatthis.com/best-foods-omicron-symptoms/. (Diakses pada 11 Februari 2022).


DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi