Terbit: 10 March 2022 | Diperbarui: 17 March 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Aktivitas mencuci piring adalah jenis pekerjaan rumah yang sering kali ditunda-tunda. Walaupun sering mengalami penundaan, ternyata aktivitas menyimpan banyak manfaat. Apa saja manfaat cuci piring yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

5 Manfaat Cuci Piring yang Sayang untuk Dilewatkan

Berbagai Manfaat Cuci Piring 

Banyak orang menganggap mencuci piring adalah aktivitas biasa yang umum dilakukan di dapur. Padahal, kegiatan ini memiliki sejumlah manfaat, baik untuk kesehatan fisik hingga mental. Berikut adalah berbagai manfaat cuci piring yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Meminimalisir kontak dengan kuman dan mengurangi alergi

Sebuah penelitian mengungkapkan, kebiasaan cuci piring ternyata dapat mengurangi masalah terkait dengan eksim, asma, alergi, hingga penyakit akibat virus. Penelitian membuktikan peran sabun cuci piring yang mengandung antibakteri berperan terhadap hal ini.

Aktivitas cuci piring membuat tangan bersih dari bakteri dan kuman. Manfaat ini juga terlihat pada anak yang mencuci piring sendiri. Pada umumnya, anak-anak lupa mencuci tangan saat mengambil makan.

2. Membantu Anda lebih tenang

Sebuah studi mengungkapkan, mencuci piring dengan tangan dapat menjadi saat-saat yang menenangkan. Kegiatan ini bersifat terapetik, meningkatkan perasaan nyaman, dan mengurangi kecemasan. Partisipan dari penelitian ini melaporkan tingkat kepuasan dan optimismenya mengalami peningkatan.

Selain itu, aktivitas cuci piring juga membantu mengurangi kegugupan dan dapat menjadi latihan bagi Anda yang ingin menjalankan mindful living

3. Meningkatkan kemampuan sensorik

Salah satu kemampuan sensori terutama pada anak berkebutuhan khusus adalah menyentuh benda-benda yang lembut, berlendir, licin, atau lembek. Misalnya sabun, busa sabun, atau spons.

Latihan menguatkan kemampuan sensorik dapat dilakukan dengan mencuci piring secara manual. Sensori yang baik pada telapak tangan akan memperbaiki persepsi  dan meningkatkan kognisi.

Baca Juga: 6 Manfaat Rajin Cuci Tangan Pakai Air dan Sabun bagi Kesehatan

4. Melatih fokus

Walaupun terlihat sederhana, mencuci piring sebenarnya adalah kegiatan yang kompleks. Urutan pengerjaannya tidak boleh terbalik agar hasil pekerjaan benar-benar bersih. Mencuci piring juga melatih pemecahan masalah. Misalnya, apa yang lebih dulu dicuci agar sabun tidak boros, hasil cuci tidak berminyak, bagaimana agar pekerjaan selesai dengan cepat, dll.

5. Melatih kerja sama

Pernahkah mencoba mencuci piring berdua atau bahkan bertiga? Pembagian kerja, posisi tubuh, serta kerja sama sangat diperlukan dalam hal ini. Bagi anak-anak, hal ini dapat melatih koordinasi dan kemampuan bekerja di dalam tim.

Mencuci piring juga dapat menjadi sarana melatih kemandirian dan tanggung jawab anak. Apalagi anak-anak sangat menyenangi pekerjaan yang berhubungan dengan air. Untuk tahap awal, minta anak mencuci sendiri piring makannya. Gunakan piring plastik untuk menghindari piring pecah.

Nah, itu dia manfaat cuci piring yang bisa Anda dapatkan. Agar pekerjaan mencuci piring tidak melelahkan karena piring yang menumpuk, usahakan untuk segera mencucinya setelah digunakan. Masihkah Anda ragu untuk melakukan aktivitis ini?

 

  1. Anonim. 2018. 7 Benefits of Washing the Dishes By Hand. https://returntonow.net/2018/01/21/7-good-reasons-wash-dishes-hand/. (Diakses pada 10 Maret 2022).
  2. Elkus, Grace. 2015. The Surprising Health Benefit of Washing the Dishes. https://www.realsimple.com/health/mind-mood/washing-dishes-mindfulness. (Diakses pada 10 Maret 2022).
  3. Stewart, Martha. 2018. Washing Dishes Is a Really Great Stress Reliever, Science Says. https://www.marthastewart.com/1534331/washing-dishes-really-great-stress-reliever-science-says. (Diakses pada 10 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi