Terbit: 31 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Amla, malaka, atau gooseberry India adalah buah yang tumbuh di negara Asia. Selain sebagai makanan, buah ini juga umum digunakan sebagai obat-obatan herbal, terutama di India. Ketahui sejumlah manfaat buah amla melalui ulasan berikut!

Kaya Nutrisi, Inilah 12 Manfaat Buah Amla bagi Kesehatan

Manfaat Buah Amla untuk Kesehatan

Amla memiliki nama ilmiah Phyllanthus emblica dan Emblica officinalis. Buah ini memiliki rasa asam dan sedikit pahit.

Kendati demikian, buah ini menyimpan sejumlah nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin, zat besi, dan kalsium. Oleh karena itu, goosebery India memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah sederet khasiat buah amla untuk kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan:

1. Menangani GERD

Menurut penelitian yang dilakukan pada 68 orang dengan gastroesophageal reflux disease (GERD), konsumsi sebanyak 1.000 mg tablet buah amla setiap hari bermanfaat untuk gejala GERD.

Penelitian selama 4 minggu tersebut menemukan bahwa buah ini dapat menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan mulas dan muntah akibat GERD lebih baik tetimbang kelompok plasebo.

2. Meringankan gejala flu

Manfaat amla berikutnya adalah membantu meringankan gejala flu atau common cold. Perlu Anda ketahui, tubuh menyerap vitamin C dalam buah ini lebih baik ketimbang suplemen.

Campurkan dua sendok teh bubuk amla dengan dua sendok teh madu. Setelah itu, minum tiga sampai empat kali sehari untuk meredakan pilek atau batuk.

Baca Juga8 Buah yang Tidak Boleh Dicampur untuk Jus

3. Mencegah tanda-tanda penuaan

Amla kaya akan vitamin C sehingga tidak mengherankan jika buah ini memiliki sifat anti-aging. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel sekaligus membantu memperlambat proses penuaan alami tubuh.

Sejumlah manfaat dari anti-aging dari buah ini, yaitu:

  • Penglihatan: ekstrak gooseberry India dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia (AMD) karena tinggi akan vitamin A.
  • Kulit: vitamin C dalam buah amla berperan sebagai antioksidan yang merangsang produksi kolagen. Pada gilirannya, penambahan kolagen mendatangkan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit.
  • Rambut: melansir Very Well Health, minyak amla dianggap dapat memperkuat rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, dan mencegah rambut rontok serta beruban.

4. Menurunkan risiko kanker

Menurut penelitian, ekstrak gooseberry India mampu membunuh sejumlah kanker, seperti kanker payudara, serviks, ovarium, dan paru-paru. Khasiat ini kemungkinan hadir berkat aktivitas antioksidan dalam buah amla.

Tak hanya itu, kandungan fitokimia, seperti tanin dan flavonoid, dalam gooseberry India juga dipercaya berperan dalam mencegah kanker.

Kendati demikian, perlu penelitian lain terhadap manusia guna membuktikan khasiat buah malaka yang satu ini.

5. Mengurangi peradangan

Radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh dapat berpotensi merusak jantung, kulit, bahkan menghambat kekebalan tubuh. Kondisi ini berawal dari radikal bebas yang mencetuskan peradangan.

Peradangan atau inflamasi sendiri sebenarnya merupakan tanda sel darah putih tubuh melawan penyakit atau berbagai infeksi.

Namun, pada beberapa kondisi, tubuh dapat keliru mengenali sel atau jaringan tubuh yang tidak sehat sebagai ancaman. Inilah yang kemudian menjadi akar penyebab sebagian besar penyakit.

Antioksidan dalam amla dapat membantu menetralkan jumlah radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Dengan begitu, risiko berbagai penyakit akan menurun.

6. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu khasiat buah amla yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung. Khasiat ini hadir karena berbagai alasan berikut:

  • Efek antioksidan: menurut sejumlah penelitian pada hewan, ekstrak Indian gooseberry dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang terkait dengan gangguan jantung.
  • Efek antiinflamasi: buah amla membantu menurunkan peradangan. Perlu diketahui, peradangan merupakan faktor penting terjadinya penyakit jantung.
  • Efek anti-platelet: suplementasi gooseberry India diketahui dapat mencegah pembentukan gumpalan darah yang memblokir arteri. Gumpalan ini adalah cikal bakal terjadinya serangan jantung atau stroke.
  • Menurunkan kadar lemak dalam darah: Indian gooseberry dapat menurunkan kadar lemak dalam darah, termasuk trigliserida dan kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik high density lipoprotein (HDL). 
  • Mengurangi tekanan darah: buah ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai vasodilator, atau dengan memperlebar pembuluh darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Baca Juga13 Manfaat Buah Matoa, Melawan Infeksi Bakteri hingga Virus

7. Meningkatkan sistem imun tubuh

Jus amla ataupun buahnya adalah sumber vitamin C. Vitamin ini merupakan vitamin larut air yang bertindak sebagai antioksidan.

Selain melindungi sel terhadap stres oksidatif, vitamin C juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Khasiat jus amla tersebut terbukti pada penelitian terhadap hewan dan manusia. Menurut penelitian tersebut, vitamin C dapat membantu mencegah jenis infeksi tertentu, bahkan dapat mempersingkat durasi pilek jika penggunaannya teratur.

8. Menurunkan kadar gula darah

Khasiat buah malaka untuk menurunkan kadar gula darah telah terbukti baik pada penelitian terhadap hewan maupun manusia.

Perlu Anda ketahui, penurunan kadar gula darah berkaitan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Turunnya kadar gula darah juga disebut-sebut mampu mengobati penyakit gula ini.

Kendati begitu, masih perlu penelitian lebih mendalam terkait khasiat buah amla untuk penderita diabetes.

9. Mencegah kerusakan hati

Menurut sebuah studi pada hewan pengerat, gooseberry India mampu menjaga hati dari kerusakan akibat diet tinggi lemak atau N-nitrosodiethylamine. N-nitrosodiethylamine merupakan zat yang beracun bagi hati.

Khasiat amla yang satu ini kemungkinan besar hadir karena aktivitas antiinflamasi dan antioksidannya.

10. Menjaga kesehatan pencernaan

Sama seperti sayur dan buah pada umumnya, amla juga mengandung serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan.

Tambahkan serat dalam jumlah yang tepat ke dalam menu makan. Dengan begitu, Anda terhindar dari sembelit dan sakit maag.

11. Mengurangi rasa nyeri

Amla dapat berperan sebagai analgesik atau obat pereda nyeri untuk mengobati luka. Menurut penelitian, ekstrak buah ini berguna dalam meredakan nyeri pascaoperasi dan masalah neuropatik.

Khasiat amla untuk mengatasi nyeri sendi, sariawan, atau kondisi lain yang mencetuskan rasa nyeri, hadir berkat sifat antiinflamasinya.

12. Mengurangi lemak di tubuh

Manfaat buah amla yang satu ini tidak banyak dibicarakan, tetapi paling menarik untuk dibahas. Ya, Indian gooseberry padat akan protein sehingga mencegah Anda dari rasa lapar berlebihan.

Tak hanya itu, buah ini juga memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang sangat rendah.

Ahli gizi berpendapat jika amla mampu meningkatkan metabolisme juga sekaligus membantu seseorang menurunkan berat badan lebih cepat.

Itu dia sederet manfaat buah malaka untuk kesehatan. Meski cukup menjanjikan, penelitian yang mendukung berbagai khasiat tersebut masih diperlukan.

 

  1. Anonim. 2020. Inflammation. https://www.webmd.com/arthritis/about-inflammation. (Diakses pada 31 Mei 2022).
  2. Coutinho, Luke. 2018. 6 Reasons Why You Must Include Amla In Your Daily Diet, Especially During Winter. https://www.ndtv.com/health/amla-health-benefits-6-reasons-why-you-must-include-amla-in-your-diet-especially-during-winter-1968718. (Diakses pada 31 Mei 2022).
  3. Link, Rachael. 2021. 6 Promising Benefits of Drinking Amla Juice. https://www.healthline.com/nutrition/amla-juice#. (Diakses pada 31 Mei 2022).
  4. Shoemaker, SaVanna. 2020. Indian Gooseberry: Benefits, Uses, and Side Effects. https://www.healthline.com/nutrition/indian-gooseberry#. (Diakses pada 31 Mei 2022).
  5. Thomas, Sumita. 2022. Amla Benefits – 8 Reasons to Eat Amla Every Day. https://www.healthifyme.com/blog/8-reasons-eat-amla-every-day/. (Diakses pada 31 Mei 2022).
  6. Wong, Cathy. 2022. The Health Benefits of Amla Oil. https://www.verywellhealth.com/amla-oil-for-hair-89404#. (Diakses pada 31 Mei 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi