Terbit: 20 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Kuning telur telah lama dikenal bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Aromanya memang amis, tetapi nutrisinya sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Dapat dipakai secara tunggal atau ditambahkan bahan lainnya, masker kuning telur dipercaya bermanfaat untuk kulit dan kecantikan.

Wajah Glowing dengan Masker Kuning Telur, Ini Manfaat dan Cara Pakai

Kandungan Kuning Telur

Kuning telur juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kulit. Kandungan utamanya adalah lemak, protein, serta 7 jenis vitamin.

Berikut adalah kandungan beserta manfaat masker kuning telur pada wajah:

  • Protein (16,3 gram): Memperbaiki skin barrier, mempercepat regenerasi sel, dan menjadikan kulit lebih lembut dan kenyal.
  • Vitamin A (1.442 IU): Antioksidan alami, mencegah kulit kering, serta mengobati gatal dan iritasi pada kulit
  • Vitamin B (B2, B3, B6, B12): Antiinflamasi, menghidrasi kulit, serta melindungi kulit dari radikal bebas
  • Zinc: Memperlambat penuaan dini dan mengatasi jerawat.
  • Lemak (31,9 gram): Menjaga kadar air di permukaan kulit.
  • Vitamin E: Menjaga keremajaan kulit.

Manfaat Masker Kuning Telur untuk Wajah

Kuning telur atau yolk adalah bagian berwarna kuning atau jingga pada telur. Bagian ini jika dierami akan menjadi zigot atau bakal anak unggas.

Kuning telur mengandung banyak lemak dan air, serta nutrisi yang lengkap. Sejak lama digunakan sebagai masker kecantikan alami.

Manfaat masker kuning telur sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah, di antaranya adalah:

1. Mencegah Penuaan Dini

Kuning telur  mengandung vitamin A dosis tinggi, yaitu 1.442 IU per 100 gram kuning telur. Vitamin ini merupakan salah satu dari zat antioksidan.

Vitamin A, protein, dan vitamin E dalam kuning telur mampu mencegah datangnya penuaan dini. Menjadikan kulit lebih ‘hidup’ setiap kali selesai memakai masker kuning telur.

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Kandungan lemak tinggi pada kuning telur sering dikhawatirkan sebagai sumber kolesterol. Ternyata jika digunakan sebagai masker, kandungan lemak ini justru sangat berguna.

Lemak kuning telur dapat mencegah hilangnya kadar air dari permukaan kulit. Juga menjadikan kulit terasa lebih lembap dan kenyal.

Selain itu, protein tinggi di dalam kuning telur juga meregenerasi kulit dan memperbaiki skin barrier agar kulit terasa jauh lebih lembut.

3. Menghilangkan Jerawat

Kuning telur juga banyak digunakan untuk menghilangkan jerawat. Penelitian membuktikan bahwa serum vitamin A dosis tinggi dapat mengobati jerawat serta membantu menghilangkan bekas-bekas jerawat pada wajah.

Kuning telur mengandung vitamin A dan zinc yang tinggi. Dua nutrisi penghalau jerawat, jadi gunakan masker kuning telur untuk wajah sebagai salah satu metode perawatan kulit alami.

4. Menutrisi Kulit agar Lebih Sehat dan Glowing

Selain putih telur, kuning telur juga mengandung banyak protein. Protein membantu merawat sel-sel kulit agar tetap sehat dan menjadikan kulit glowing.

Selain itu kuning telur juga mengandung vitamin E, vitamin K, dan vitamin A yang bagus untuk menutrisi kulit dari dalam.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Putih Telur untuk Kecantikan, Cara Membuat, dan Efek Samping

5. Menghidrasi Kulit dan Menyembuhkan Inflamasi

Vitamin B terkenal dengan fungsinya sebagai antiinflamasi dan menghidrasi kulit. Kuning telur mengandung vitamin B dosis tinggi, termasuk vitamin B3, B6, dan B12 yang semuanya berperan untuk memperbaiki peradangan kulit.

6. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidannya yang tinggi memberikan banyak manfaat masker kuning telur untuk wajah.  Radikal bebas adalah zat-zat perusak yang berasal dari luar tubuh. Misalnya polusi. Radikal bebas yang masuk ke tubuh dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Bagi kulit, radikal bebas juga adalah musuh berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan kulit hingga meningkatkan resiko kanker kulit. Perawatan kulit seperti masker kuning kulit dapat membantu mencegah paparan radikal bebas tersebut.

7. Menjadikan Kulit Lebih Kencang dan Halus

Paduan protein dan antioksidan pada kuning telur adalah nutrisi ampuh untuk membuat kulit lebih kencang dan halus. Vitamin A dosis tinggi juga sangat penting dalam mengurangi kerutan yang terjadi di kulit akibat faktor usia dan paparan sinar matahari.

Baca Juga: 9 Manfaat Bengkoang untuk Wajah dan Cara Membuat Masker

Cara Membuat Masker Kuning Telur

Sebenarnya membuat masker kuning telur sangat mudah dan hemat pula. Satu butir kuning telur dapat dipakai oleh dua orang sekaligus.

Masker ini juga dapat dipakai secara tunggal maupun dikombinasikan dengan bahan lain. Beberapa cara untuk membuat masker kuning telur adalah:

1. Masker Kuning Telur Tunggal

Kupas telur dan pisahkan kuning dari putihnya. Kocok lepas kuning telur hingga rata. Segera oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air.

2. Masker Kuning Telur untuk Jerawat

Campurkan 1 butir kuning telur dan 1 sendok teh air jeruk lemon. Aduk rata dan aplikasikan langsung pada wajah. Diamkan 30 menit lalu bilas.

3. Masker Kuning Telur untuk Melembapkan Wajah

Campurkan 1 butir kuning telur dengan 1 sendok teh yoghurt dan ¼ butir alpukat matang halus. Aduk rata dan aplikasikan segera. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas hingga bersih dengan air dingin.

Baca Juga: 7 Manfaat Masker Lidah Buaya dan Cara Membuatnya (Dijamin Mudah!)

Tips Memakai Masker Kuning Telur untuk Wajah

  • Gunakan masker ini sekali seminggu.
  • Pastikan tidak ada helai rambut yang menempel di wajah sebelum mengoleskan kuning telur karena masker ini lengket dan berbau.
  • Untuk menghilangkan bau amis, cuci wajah menggunakan sabun cuci muka lalu bilas dengan air dingin.
  • Bagi beberapa orang dengan kulit sensitif atau memiliki alergi telur, sebaiknya tidak memakai masker ini.
  • Jika kulit terasa gatal atau perih, segera bersihkan masker.

Demikian manfaat manfaat masker kuning telur, kandungan nutrisi, serta cara membuatnya. Pemakaian teratur akan membuat kulit akan terasa lebih kencang, lembut, bebas kusam, dan glowing. Jangan lupa lakukan skincare routine lainnya. Selamat mencoba!

 

  1. Bellatory. 2019. Top 3 DIY Egg Yolk Face Mask Recipes for Glowing Skin. https://bellatory.com/skin/Egg-Yolk-Face-Mask-Recipes. (Diakses tanggal 14 Desember 2021).
  2. The Stripe. 2020. EGG BEAUTY BENEFITS! https://thestripe.com/egg-beauty-benefits/. (Diakses tanggal 14 Desember 2021).
  3. The Violet Fog. 2020. EGG YOLK MASK BENEFITS. https://www.violetfog.com/home/egg-yolk-mask-benefits-why-you-might-want-to-try-them-i-love-them. (Diakses tanggal 14 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi