Terbit: 1 September 2022 | Diperbarui: 23 September 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Teknik mewing adalah sebuah teknik yang diklaim dapat membuat pipi tembem menjadi tirus. Bagaimana dunia medis melihat klaim tersebut? Yuk, simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini!

Teknik Mewing Bikin Pipi Tembem Menjadi Tirus, Benarkah?

Apa itu Teknik Mewing?

Mewing adalah teknik menempatkan lidah di langit-langit mulut yang bertujuan untuk membantu meningkatkan estetika garis rahang.

Teknik ini sebenernya telah dikembangkan di tahun 1970-an oleh seorang ortodontis bernama John Mew dan putranya Michael Mew yang juga seorang ortodontis.

Mereka mengenalkan bentuk ortodontik yang disebut orthotropics; yang berfokus pada postur rahang termasuk melatih kembali posisi lidah dengan teknik ini.

Manfaat Teknik Mewing

Teknik ini dipercaya dapat membantu memperbaiki struktur wajah, termasuk membentuk garis rahang yang jelas dan keselarasan dagu dan hidung yang lebih baik.

Mewing juga membantu diyakini mengatasi berbagai kondisi, berikut di antaranya:

  • Sleep apnea.
  • Masalah pernapasan dan menelan.
  • Disfungsi sendi temporomandibular.
  • Gangguan bicara.
  • Sinusitis.

Cara Melakukan Teknik Mewing yang Benar

Meski bisa dilakukan dengan berbagai variasi, tetapi ada teknik dasar yang harus Anda perhatikan. Teknik ini dilakukan dengan menempatkan lidah di langit-langit mulut sambil menutup mulut dan menyatukan gigi.

Berikut ini posisi lidah saat mewing yang benar, meliputi:

  • Tutup mulut.
  • Gerakkan rahang sehingga gigi depan bawah berada tepat di belakang gigi depan atas.
  • Julurkan lidah di langit-langit mulut.
  • Posisikan ujung lidah tepat di belakang gigi depan tanpa menyentuh.

Sebaiknya temukan posisi lidah yang tepat dengan membuat suara “ng” dan fokus pada pernapasan dari hidung daripada mulut.

Pastikan lidah dalam di langit-langit mulut setiap kali mulut ditutup sampai menjadi posisi istirahat yang normal, yaitu posisi lidah tepat di bagian bawah langit-langit mulut.

Jika menahan lidah dalam posisi tersebut adalah hal baru,  Anda mungkin akan merasa lelah pada awalnya. Selain itu, Anda juga bisa merasakan tekanan ringan di bagian tengah wajah, rahang, dan dagu jika melakukan dengan benar.

Baca Juga: 11 Penyebab Rahang Sakit dan Cara Mengobati dengan Cepat!

Apakah Teknik Mewing Efektif Meniruskan Wajah?

Beberapa orang yang mencoba teknik ini melaporkan bahwa hasil yang terlihat dalam hitungan bulan, tetapi sebagian besar lainnya perlu waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan hasilnya.

Perlu diketahui, sebagian pengikut mewing di media sosial adalah remaja; wajah dan garis rahangnya cenderung masih mengalami perubahan secara alami selama masa pubertas, bukan akibat dari melakukan teknik ini.

Terlepas klaim manfaat mewing yang viral di media sosial, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa teknik ini dapat mengubah bentuk rahang atau membantu masalah lainnya.

Para ahli mengatakan bahwa kecil kemungkinan untuk mendapatkan perubahan permanen dari mewing.

Baca Juga: Rahang Bawah Maju: Penyebab dan 6 Cara Mengatasinya

Bahaya Teknik Mewing

Meskipun tidak menimbulkan masalah yang serius, Anda perlu mengenali risiko yang mungkin terjadi, di antaranya:

  • Ketidaksejajaran gigi.
  • Ketidaksejajaran rahang atas dan bawah.
  • Nyeri atau disfungsi pada engsel rahang.
  • Gigi goyah atau gerepes (dari ketidaksejajaran atau tekanan).

Pada akhirnya, jika Anda ragu untuk melakukannya, konsultasi dengan dokter gigi atau ortodontis diperlukan sebelum Anda mencoba untuk melakukannya. 

 

  1. Burch, Kelly. 2022. What Is Mewing?. https://www.verywellhealth.com/what-is-mewing-5087751. (Diakses pada 31 Agustus 2022)
  2. Frysh, Paul. 2021. What Is Mewing?. https://www.webmd.com/oral-health/what-is-mewing. (Diakses pada 31 Agustus 2022)
  3. Sissons, Beth. 2020. Everything you need to know about mewing. https://www.medicalnewstoday.com/articles/mewing. (Diakses pada 31 Agustus 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi