Terbit: 20 September 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Saat ini sudah banyak perawatan kulit wajah yang tersedia di klinik kecantikan. Salah satu perawatan yang bermanfaat untuk kulit wajah adalah hydrafacial. Kenali lebih jauh mengenai prosedur ini dalam ulasan berikut!

Mengenal Hydrafacial, Facial Wajah Tanpa Rasa Sakit

Apa itu Hydrafacial?

Hydrafacial adalah perawatan kulit wajah dengan menggunakan teknologi canggih. Perawatan kulit wajah ini juga dikenal sebagai hydradermabrasion karena melibatkan proses eksfoliasi atau pengelupasan layaknya pada perawatan mikrodermabrasi.

Alat hydrafacial dapat memberikan berbagai manfaat untuk kulit, yaitu membantu eksfoliasi, membersihkan kulit, mengekstraksi pori, dan menutrisi kulit melalui pemberian serum. Seluruh fungsi alat tersebut akan menunjang kesehatan kulit wajah secara umum.

Tidak seperti perawatan wajah lain yang memiliki efek samping pada jenis kulit tertentu, hydrafacial memberikan hasil yang konsisten dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Selain itu, hydrafacial juga tidak menyebabkan rasa sakit atau efek kemerahan pada kulit. Oleh sebab itu, perawatan kulit wajah yang satu ini cukup banyak diminati.

Prosedur Hydrafacial

Perawatan berlangsung selama sekitar 30 menit dengan beberapa tahapan berikut ini:

1. Cleansing and Exfoliation

Pada tahap ini, ahli kecantikan akan mengeksfoliasi kulit dan mengaplikasikan serum. Ahli kecantikan akan menggunakan alat khusus untuk membersihkan dan mengeksfoliasi kulit dengan lembut.

Tahap perawatan ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan sebum pada pori-pori kulit wajah.

Jika Anda membutuhkan langkah praktis untuk kulit wajah lebih glowing, tanpa membeli banyak skincare, seperti krim, essence, dan serum, perawatan ini kemungkinan dapat menjadi pilihan yang bagus.

2. Chemical Peeling

Tahapan selanjutnya dari hydrafacial adalah chemical peeling. Ahli kecantikan akan menggunakan ujung dari alat yang digunakan untuk proses peeling atau pengelupasan.

Chemical peel yang umumnya digunakan bisa membuat kulit iritasi, seperti tampak memerah dalam beberapa jam atau hari. Namun, tidak demikian dengan chemical peel dalam prosedur hydrafacial.

Perawatan wajah ini menggunakan campuran asam salisilat dan glikolat yang tidak akan menimbulkan iritasi. Hasilnya juga dinilai efektif.

Tujuan akhir dari tindakan ini adalah membantu melonggarkan pori-pori yang dalam.

Baca JugaLaser CO2, Perawatan Kulit untuk Tampak Awet Muda

3. Extraction

Pada tahap ini, ahli kecantikan akan menggunakan vakum khusus yang cukup kuat, tetapi tidak menyakitkan. Fungsinya adalah untuk menghilangkan komedo dan kotoran dari dalam pori-pori wajah Anda.

4. Hydrating Serum

Tahapan akhir dari hydrafacial adalah pengaplikasian serum. Ahli kecantikan akan mengoleskan serum yang mengandung antioksidan dan pelembap dengan peptida, serta nutrisi lain yang baik untuk kulit.

Hydrating serum akan membantu mendetoksifikasi, merawat keremajaan kulit, dan menjaga hidrasi kulit.

Manfaat Hydrafacial untuk Kulit Wajah

Setelah melalui serangkaian prosedur hydrafacial, ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Merawat Kulit Berjerawat

Salah satu manfaat hydrafacial adalah membantu masalah kulit berjerawat. Sayangnya, sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan secara ilmiah khasiat yang satu ini.

Namun, teknik mikrodermabrasi telah lama dianggap efektif untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Hal ini kemungkinan besar berasal dari proses pengelupasan kulit yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati penyumbat pori-pori wajah.

Efek yang sama dianggap hadir dalam hydrafacial karena perawatan wajah ini juga melibatkan proses pengelupasan atau eksfoliasi.

2. Menangani Komedo Hitam

Penumpukan sel-sel kulit mati di kulit wajah merupakan pencetus terjadinya komedo hitam. Tipe jerawat non-inflamasi ini dapat diatasi oleh proses pengelupasan dalam prosedur hydrafacial.

Meski menjanjikan, uji klinis untuk membuktikan manfaat hydrafacial yang satu ini masih perlu dilakukan.

3. Memberikan Efek Anti-aging

Ingin kulit wajah tampak awet muda? Hydrafacial bisa menjadi salah satu perawatan yang bisa Anda pertimbangkan. Perawatan ini memberikan efek anti-aging sehingga mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit.

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada 2008, sejumlah 20 partisipan wanita yang melakukan hydrafacial mengalami penurunan tanda-tanda penuaan pada kulit lebih besar. Hasil ini dibandingkan dengan mereka yang hanya mengandalkan serum.

Efek yang dirasakan partisipan juga termasuk pori-pori yang tampak mengecil, hiperpigmentasi berkurang, dan garis-garis halus berkurang.

4. Manfaat Lain

Selain beberapa manfaat di atas, hydrafacial juga dapat memberikan manfaat lain untuk kulit wajah, di antaranya:

  • Mencerahkan wajah.
  • Memperbaiki warna, tekstur, dan penampilan kulit secara menyeluruh.
  • Mengurangi hiperpigmentasi.
  • Melembapkan kulit.
  • Mengurangi garis-garis halus dan kerutan.
  • Mengecilkan pori-pori.

Baca JugaHollywood Peel Laser, Perawatan Kulit yang Bikin Wajah Cepat Glowing

Risiko Efek Samping Hydrafacial

Pada umumnya, hydrafacial aman dilakukan pada semua jenis kulit. Oleh karena itu, Anda mungkin tidak akan mengalami efek samping layaknya prosedur perawatan kulit wajah lainnya.

Namun demikian, selama prosedur, Anda bisa merasakan tekanan ringan dari alat yang digunakan.

Selain itu, meskipun perawatan kulit ini tidak akan menyebabkan kemerahan pada kulit, hindari prosedur jika memiliki beberapa kondisi berikut:

  • Ruam aktif.
  • Kulit terbakar matahari.
  • Jerawat atau rosacea parah.
  • Kehamilan.

Itu dia penjelasan seputar hydrafacial, salah satu perawatan kulit wajah yang memiliki beragam manfaat untuk kulit. Jika ingin melakukan perawatan kulit yang satu ini, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu dan lakukan di tempat terpercaya. Semoga bermanfaat!

 

  1. Cherney, Kristeen. 2020. What Is a HydraFacial and How Does It Work? https://www.healthline.com/health/what-is-hydrafacial. (Diakses pada 20 September 2022).
  2. Centre Spring MD. What is a HydraFacial & What Are the Benefits? https://centrespringmd.com/what-is-a-hydrafacial-what-are-the-benefits/. (Diakses pada 20 September 2022).
  3. Migala, Jessica. 2022. What Is a HydraFacial? How It Works, Benefits, Risks, and Where to Get One. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/what-is-a-hydrafacial-how-it-works-benefits-risks-and-where-to-get-one/. (Diakses pada 20 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi