Terbit: 19 April 2022 | Diperbarui: 28 April 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Hollywood peel laser adalah perawatan yang menggunakan laser untuk meremajakan kulit dengan memberikan efek wajah menjadi glowing alias bercahaya dengan cepat. Selengkapnya simak manfaat lainnya, prosedur, hingga efek sampingnya dalam penjelasan di bawah ini!

Hollywood Peel Laser, Perawatan Kulit yang Bikin Wajah Cepat Glowing

Apa itu Hollywood Peel Laser?

Hollywood laser peel atau juga dikenal sebagai carbon laser peel adalah prosedur pengelupasan ringan dan pelapisan ulang yang cepat untuk memperbaiki tampilan kulit wajah, seperti kerutan, pigmen, pori-pori, dan jerawat. Perawatan ini dinamai demikian karena sangat diminati oleh para selebriti.

Prosedur ini biasanya hanya dilakukan satu kali sesi. Inilah alasan mengapa begitu banyak orang memilih perawatan ini untuk kecantikan kulit wajah.

Anda dapat mengandalkan perawatan ini untuk meremajakan kulit sampai halus dan bercahaya. Tekstur, warna, dan elastisitas kulit akan ditingkatkan dengan teknik ini.

Manfaat Hollywood Peel Laser

Perawatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit wajah. Selain mengelupas kulit terkelupas secara mendalam, perawatan ini juga membantu merangsang produksi kolagen.

Perawatan kulit ini juga mengobati kondisi kulit seperti:

  • Jerawat.
  • Pigmentasi jerawat.
  • Jaringan parut atau bekas jerawat.
  • Pori-pori membesar dan tersumbat.
  • Melasma (bercak-bercak cokelat di wajah).
  • Garis halus dan kerutan.
  • Photoaging.

Baca Juga: 10 Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Meremajakan Kulit Wajah

Prosedur Hollywood Peel Laser

Prosedur dengan perawatan wajah ini membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Perawatannya termasuk pembersihan, aplikasi masker karbon, dan lainnya. Perawatannya dapat digunakan pada wajah, leher, decolletage (area kulit di antara leher dan payudara), punggung atas, dan bahu.

Sebagai langkah pertama, wajah Anda dibersihkan dan kemudian masker karbon losion Spectra dioleskan ke kulit. Mungkin ini akan terlihat mirip dengan masker lumpur. Karbon tersebut kemudian diaktifkan oleh laser menggunakan Spectra mode yang unik sehingga menembus lebih dalam di kulit.

Laser dipindahkan ke Q-Switched mode dan digunakan lagi untuk mengelupas kulit secara efektif, membuka pori-pori, dan mengontrol sebum. Inilah waktunya memulai proses peremajaan. Perawatan mungkin akan terasa hangat ketika laser mengenai kulit dan akan membuat suara kejutan saat karbon diuapkan dari kulit.

Laser kemudian digunakan dalam Spectra mode untuk merawat kulit lebih lanjut dan menargetkan masalah kulit tertentu. Metode ini untuk membantu merangsang kolagen dan cenderung mengecilkan pori-pori. Seluruh prosedur ini tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Setelah itu, kulit kemudian akan dirawat dengan campuran antioksidan dan serum untuk memberikan sentuhan akhir.

Perawatan setelah Hollywood Peel Laser

Berikut adalah beberapa langkah yang harus dan tidak boleh dilakukan setelah mendapatkan  perawatan carbon laser peel:

  • Merawat kulit dengan lembut setelah mendapatkan carbon laser peel dengan terus melembapkan setiap hari.
  • Menggunakan tabir surya secara teratur dengan setidaknya SPF 30+ selama beberapa hari setelah perawatan.
  • Jangan menggunakan produk yang mengandung retinol setidaknya selama lima hari setelah perawatan.
  • Jika memiliki kulit berminyak, gunakanlah produk yang dirancang untuk memerangi jerawat untuk mempertahankan hasil yang optimal.
  • Jangan melakukan eksfoliasi atau menggunakan perawatan kulit abrasif atau invasif setidaknya selama satu minggu.
  • Menggunakan produk yang mengandung kolagen, suplemen kolagen, atau mengikuti diet penambah kolagen apabila Anda memiliki kulit yang menua atau garis-garis halus.

Baca Juga: 15 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami dan Medis

Seberapa Efektif Hollywood Peel Laser?

Carbon laser peel biasanya sangat efektif untuk mengatasi kulit berminyak dan pori-pori besar. Jika Anda memiliki jerawat yang parah atau bekas jerawat, mungkin diperlukan beberapa perawatan sebelum melihat hasil yang maksimal. Garis-garis halus dan kerutan juga harus tampak berkurang setelah satu atau lebih perawatan.

Seperti chemical peels (pengelupasan kimia), carbon laser peel tidak akan memberikan hasil permanen. Anda mungkin memerlukan perawatan yang berkelanjutan untuk mempertahankan manfaat masing-masing.

Perawatan dengan carbon laser peel dapat diulang setiap dua hingga tiga minggu. Rentang waktu ini memungkinkan regenerasi kolagen yang cukup di antara perawatan.

Kondisi kulit setiap orang itu berbeda-beda, jadi konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan berlisensi tentang berapa banyak perawatan yang harus Anda lakukan agar memperoleh manfaatnya secara penuh.

Efek Samping Hollywood Peel Laser

Efek samping ringan yang bisa terjadi adalah kemerahan pada kulit dan sensasi kesemutan. Jika dilakukan di tempat profesional, prosedur ini sebenarnya tidak memiliki efek samping yang perlu dikhawatirkan. Apabila Anda mengalami masalah kulit setelah menerima prosedur carbon laser peel, segera konsultasikan ke dokter kulit.

 

  1. Anonim. 2018. The Hollywood Laser Peel: What You Need to Know. https://newvisagenc.com/the-hollywood-laser-peel-what-you-need-to-know. (Diakses pada 19 April 2022)
  2. Anonim. 2021. What Is a Carbon Laser Peel?. https://www.webmd.com/beauty/what-is-carbon-laser-peel. (Diakses pada 19 April 2022)
  3. Anonim. 2022. Hollywood Laser Peel. https://iconicmedispa.com.au/hollywood-laser-peel/. (Diakses pada 19 April 2022)
  4. Anonim. Hollywood Laser Peel Spectra. https://drkaraplasticsurgery.com/cosmetic-procedures/nonsurgical/hollywood-laser-peel.html. (Diakses pada 19 April 2022)
  5. Whelan, Corey. 2020. Everything You Need to Know About a Laser Carbon Peel. https://www.healthline.com/health/laser-carbon-peel. (Diakses pada 19 April 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi