Terbit: 3 August 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Perawatan wajah tidak hanya dilakukan di siang hari, melainkan juga di malam hari. Salah satu perawatan wajah di malam hari yang cukup populer adalah masker malam atau sleeping mask. Apa saja manfaatnya untuk kulit wajah? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut!

Manfaat Sleeping Mask untuk Kulit Wajah dan Cara Memakainya

Manfaat Sleeping Mask untuk Kulit

Perawatan wajah di malam hari dapat membantu membersihkan wajah dan membantu memaksimalkan proses regenerasi kulit. Salah satu jenis perawatan wajah di malam hari yang memiliki klaim ini adalah sleeping mask.

Sleeping mask adalah jenis masker yang digunakan selama tidur. Bahkan, efek masker ini disebut-sebut bisa Anda rasakan saat bangun tidur. Anda pun akan memperoleh kulit yang lebih glowing dan kenyal di pagi hari.

Bentuk masker sleeping mask berbeda-beda, mulai dari bentuk gel, krim, dan sheet mask.

Terlepas dari jenisnya yang bervariasi, manfaat sheet mask untuk kulit wajah juga cukup beragam. Berikut ini adalah sejumlah khasiat menggunakan sleeping mask:

1. Melindungi Skin Barrier Wajah

Manfaat sleeping mask yang pertama adalah melindungi skin barrier wajah. Masker malam ini sengaja dirancang untuk menembus lebih dalam ke dalam permukaan kulit sehingga bertindak sebagai penghalang dan sealant.

Tidur di malam hari tidak menjamin wajah terbebas dari kotoran dan debu yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Nah, dengan adanya lapisan dari masker malam, kulit akan terlindungi agar tetap bersih dan terbebas dari berbagai masalah.

Selain itu, adanya lapisan tipis yang dibentuk oleh sleeping mask akan mengunci produk skincare lain yang digunakan sebelum pengaplikasian masker. Dengan begitu, skincare akan lebih terserap ke kulit dan bekerja lebih maksimal.

Baca Juga8 Cara Menetralkan Wajah Sebelum Coba Skincare Baru

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Sleeping mask dapat membantu menjaga kelembapan kulit secara maksimal. Hal ini terkadang sulit dilakukan, terutama jika Anda sering berada di udara yang dingin.

Selain itu, kondisi pada saat tidur juga memungkinkan kondisi kulit yang tidak seimbang sehingga tidak terhidrasi dengan baik.

Jadi, penggunaan pelembap saja tidak cukup. Anda bisa memaksimalkannya menggunakan sleeping mask.

Masker malam ini akan bekerja dengan mengunci kelembapan. Selain itu, sleeping mask tidak akan langsung diserap kulit, melainkan ‘duduk’ di atasnya. Hal ini akan membantu kulit wajah lebih terhidrasi dengan baik meskipun di malam hari.

Menjaga dan mengunci kelembapan kulit merupakan dua hal penting karena kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan mudah mengalami gejala penuaan.

3. Membantu Proses Regenerasi Kulit

Manfaat sleeping mask lainnya adalah dapat membantu proses regenerasi kulit. Nutrisi dalam masker akan terserap ke dalam wajah dan membantu proses regenerasi kulit dan pertumbuhan sel kulit baru. Berbagai masalah kulit pun akan cepat mereda karena proses regenerasi yang berjalan lebih maksimal.

Beberapa jenis sleeping mask juga memicu produksi kolagen dalam kulit sehingga kulit tetap terjaga kekenyalan dan elastisitasnya dan terhindar dari gejala penuaan.

Perlu Anda ketahui, seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen pada kulit biasanya juga berkurang. Oleh karena itu, perlu perawatan tambahan seperti sleeping mask untuk membantu proses regenerasi kulit.

4. Memberikan Manfaat untuk Kulit Secara Keseluruhan

Selain beberapa manfaat di atas, masih ada banyak manfaat sleeping mask untuk kulit lainnya, seperti menghilangkan dark spot, mengurangi masalah jerawat, dan sebagainya. Manfaat ini bergantung pada klaim produk dan juga kondisi kulit Anda.

Sebagai contoh, produk masker yang memiliki kandungan ekstrak semangka dianggap dapat melembutkan sekaligus mencerahkan kulit wajah.

Baca Juga25 Masker Wajah Alami dan Cara Membuatnya

Tips Menggunakan Sleeping Mask

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya masker harus digunakan secara rutin dan sesuai dengan anjuran produk yang Anda gunakan.

Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan sleeping mask yang bisa Anda terapkan:

  • Gunakan sleeping mask sesuai dengan jenis kulit Anda. Bagi pemilik kulit kering, hindari produk yang mengandung pewangi, alkohol, tea tree oil, asam salisilat, dan kaolin. Bagi pemilik kulit sensitif, lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memilih produk perawatan wajah.
  • Gunakan sleeping mask sesuai dengan anjuran penggunaannya. Beberapa produk hanya dianjurkan untuk digunakan sebanyak 1-3 kali seminggu, tetapi ada juga produk yang boleh digunakan setiap hari.
  • Sleeping mask bukan pengganti night cream, jadi jika krim malam sudah masuk ke dalam skincare rutin Anda, gunakan masker setelah krim. Jangan lewatkan juga rangkaian perawatan rutin lainnya yang dimulai dari membersihkan wajah.
  • Tidur dalam posisi telentang. Tidur dengan posisi miring atau tengkurap memungkinkan sleeping mask menempel pada bantal. Jika menggunakan yang berbentuk sheet mask, posisi tidur ini akan memungkinkan masker mudah terlepas dari wajah. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan bahan masker yang mudah menyerap di kulit.
  • Usahakan untuk tidur paling tidak 7-8 jam dan tidur paling lambat jam 10 malam. Proses regenerasi kulit berjalan maksimal pada jam 10 malam sampai jam 2 pagi.

Itu dia manfaat sleeping mask dan tips menggunakan masker agar khasiatnya bisa Anda peroleh secara maksimal. Jangan lupa pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 4 Ways to Add The Beauty To Your Beauty Sleep. https://www.rewardme.in/beauty/skin-and-body/4-ways-to-add-the-beauty-to-your-beauty-sleep. (Diakses 2 Januari 2020).
  2. Barcella, Laura. 2018. A Beauty Mask So Easy, It Works
    While You Sleep. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/overnight-masks-for-glowing-skin. (Diakses 2 Agustus 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi