Terbit: 29 March 2022 | Diperbarui: 31 March 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Skincare yang dijual di pasaran menawarkan beragam manfaat untuk merawat kulit. Jadi, wajar saja jika Anda ingin mencoba produk yang benar-benar cocok. Namun sebelum itu, ketahui dulu cara menetralkan wajah sebelum ganti skincare di sini!

8 Cara Menetralkan Wajah Sebelum Coba Skincare Baru

Cara Menetralkan Wajah Sebelum Mengganti Skincare

Ada banyak alasan seseorang ingin mengubah produk skincare, misalnya sedang memiliki kondisi kulit tertentu sehingga ingin mengatasinya. Ada juga orang yang hanya penasaran terhadap klaim yang ditawarkan produk tersebut.

Namun, sebelum mengganti produk skincare lama dengan yang baru, pastikan Anda mempersiapkan wajah Anda sebelumnya. Apalagi jika kulit Anda tergolong sensitif. Salah-salah, jerawat bisa muncul setelahnya.

Berikut ini cara menetralkan wajah yang bisa Anda lakukan:

1. Kurangi penggunaan produk secara bertahap

Kulit membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan skincare rutin yang Anda. Begitu juga dengan menghentikan pemakaian produk tertentu. Hal ini juga perlu Anda perhatikan.

Jika Anda biasanya memakai produk setiap hari, kurangi menjadi tiga hari dalam seminggu. Kemudian, kurangi lagi frekuensi pemakaian menjadi dua hari per minggu. 

Setelah itu, terapkan hal ini sampai Anda benar-benar terlepas dari penggunaan produk.

2. Cuci wajah secara teratur

Cuci wajah teratur penting sebagai salah satu cara menetralkan wajah sebelum ganti skincare. Anda dianjurkan untuk mencuci muka setidaknya dua kali sehari. Cara ini penting untuk membantu mengangkat minyak dan kotoran wajah pada wajah.

Namun, pemilihan produk pencuci wajah tidak bisa sembarangan. Gunakan produk yang memang dirancang khusus untuk tipe kulit Anda. Berikut tips memilih produk cuci wajah yang tepat:

  • Bagi pemilik kulit kering, hindari produk yang terlalu keras. Sebaliknya pilih produk yang lebih gentle.
  • Pemilik kulit wajah berminyak sebaiknya menghindari mencuci wajah setiap kali terasa berminyak. Penggunaan produk bertekstur creamy juga bisa meningkatkan produksi minyak wajah sehingga Anda harus menghindarinya.
  • Bagi kulit normal dan kombinasi, pilih produk yang tidak membuat kulit terlalu kering, tetapi tetap berfungsi dengan baik untuk membersihkan kotoran dan minyak.

3. Jangan lupakan pelembap

Selain rutin cuci muka, jangan lupakan pelembap wajah. Gunakan produk yang memang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Melansir Healthline, pelembap akan membantu melembapkan kulit sekaligus melindungi skin barrier dari iritasi. Tak cukup sampai di situ, menggunakan pelembap dapat membantu mencegah kulit kering sekaligus mengembalikan kelembapan kulit.

Mengetahui pentingnya penggunaan pelembap dalam rangkaian produk perawatan wajah, sebaiknya gunakan secara rutin.

Anda bisa menggunakan pelembap setelah terlebih dahulu membersihkan wajah menggunakan cuci wajah dan toner. Hal ini bertujuan tuntuk mengunci kadar air pada kulit.

Baca JugaKulit Sensitif? Ini Kandungan Skincare yang Wajib Dihindari!

4. Rutin mengaplikasikan sunscreen

Setelah melakukan tahapan perawatan wajah lengkap, mulai dari pencuci muka hingga serum, jangan lupakan sunscreen atau tabir surya Anda.

Sunscreen memiliki manfaat bagi kulit, termasuk kulit wajah. Berbagai manfaat penggunaan tabir surya bagi kulit, di antaranya:

  • Melindungi dari sinar UV matahari.
  • Mencegah tanda-tanda penuaan dini.
  • Menurunkan risiko terkena kanker kulit.
  • Melindungi kulit dari sunburn (kulit terbakar).

Sebenarnya, penggunaan produk skincare akan sia-sia tanpa mengaplikasikan sunscreen. Oleh karena itu, pastikan mengaplikasikannya secara rutin, apalagi jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

5. Coba satu produk dahulu

Setelah mengetahui produk mana yang akan Anda gunakan, jangan langsung terburu-buru memakainya sekaligus. Berikan waktu bagi kulit untuk menyesuaikan.

Anda sebaiknya mencoba satu produk terlebih dahulu. Hal ini penting jika tiba-tiba Anda mengalami break out (kulit iritasi dan berjerawat).

Jadi, ketika kulit break out, Anda bisa mengenali produk mana yang mencetuskan kondisi ini. Hentikan segera penggunaan, lalu perhatikan apakah kondisi kulit Anda membaik?

Selain itu, penggunaan beragam produk sekaligus bisa saja membuat kulit Anda kaget. Jadi, kenalkan satu demi satu produk ke kulit Anda.

Mulailah menggunakan produk skincare baru seminggu sekali, lalu naikkan frekuensinya secara bertahap.

6. Perhatikan asupan yang dikonsumsi

Bukan hanya dari luar, perawatan dari dalam juga penting sebagai cara menetralkan wajah Anda. Agar sukses ganti skincare, cobalah imbangi dengan pola hidup sehat.

Perhatikan asupan makanan. Anda disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin C. Makanan ini umumnya mengandung antioksidan.

Contoh makanan yang bisa Anda konsumsi, yaitu jeruk, stroberi, bluberi, pepaya, kiwi, dan ubi.

Selain itu, perbanyak asupan cairan harian. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan kepada dokter terkait kebutuhan cairan. Jangan lupa hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.

Baca JugaUrutan Skincare untuk Kulit Kering yang Tepat

7. Konsultasi dengan dokter kulit

Cara menetralkan wajah yang tepat bisa Anda lakukan setelah konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Apalagi jika Anda selalu kesulitan menemukan produk yang cocok.

Setiap produk skincare akan memberikan efek yang berbeda-beda pada masing-masing orang. Anda yang cocok setelah menggunakan suatu produk, ada yang malah mengalami break out.

Oleh karena itu, daripada memperbesar risiko iritasi, konsultasikan masalah kulit Anda kepada dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penanganan, bahkan rekomendasi produk yang sesuai.

8. Nikmati prosesnya

Sebelum menetralkan wajah untuk ganti skincare, sadarilah bahwa tidak semua produk menunjukkan hasilnya secara langsung. Oleh karena itu, Anda harus bersabar menantikan hasilnya.

Sebagai contoh, pelembap yang cocok akan membuat kulit Anda secara instan lebih terhidrasi dan terasa kencang. Sementara pada produk eye cream atau serum, Anda harus menunggu sekitar 4 hingga 6 minggu untuk memperoleh hasilnya.

Apabila tidak ada perubahan selama waktu tertentu, Anda bisa saja menghentikan penggunaan produk.

Ingin ganti produk skincare? Sebelumnya lakukan tes alergi terlebih dahulu. Akan lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis mengenai cara menetralkan wajah sebelum menggunakan produk tertentu. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2020.  5 Reasons To Use Sunscreen Every Day. https://www.parrishhealthcare.com/news/2020/july/5-reasons-to-use-sunscreen-every-day/. (Diakses 29 Maret 2022).
  2. Dixson, Scarlett. 2019. The Inside-Out Guide to Getting Your Skin to Glow. https://www.healthline.com/health/guide-how-to-make-skin-glow. (Diakses 29 Maret 2022).
  3. Gio. 2010. 7 Tips on How to Introduce New Skincare Products in Your Routine. https://www.beautifulwithbrains.com/7-tips-on-how-to-introduce-new-skincare-products-in-your-routine/. (Diakses 29 Maret 2022).
  4. Jolina. 2020. How to Introduce New Skincare Products into Your Skincare Routine. https://theskinexperiment.com/how-to-introduce-new-skincare-products-into-your-skincare-routine/. (Diakses 29 Maret 2022).
  5. Thakuria, Dhrishni. 2018. Are You Experimenting With New Skincare Products? Know These Basics. https://medium.com/@dhrishni/are-you-experimenting-with-new-skincare-products-know-these-basics-13ef79b3a619. (Diakses 29 Maret 2022).
  6. Tigar, Lindsay. 5 Things You Need to Know When Starting a New Skin Care Regimen. https://www.dermstore.com/blog/daily-skin-care-routine/. (Diakses 29 Maret 2022).
  7. Vinall, Marnie. 2021. How to Moisturize Your Face: Expert Tips, When to Do It, and Ingredients to Look For. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-moisturize-face#the-why. (Diakses 29 Maret 2022).
  8. Yowell, Hana. How To Incorporate New Products Into Your Routine. https://www.heydayskincare.com/blogs/skin-deep/how-to-incorporate-new-products-into-your-routine#. (Diakses 29 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi