Terbit: 23 March 2022 | Diperbarui: 23 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Sejak lama kopi dikenal bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Khasiatnya termasuk meregenerasi kulit hingga meningkatkan aliran darah. Namun, apakah manfaat kopi untuk rambut juga sama hebatnya? Lantas, bagaimana menggunakan kopi sebagai bahan perawatan rambut? Mari ketahui dari tulisan di bawah ini.

5 Manfaat Kopi untuk Rambut dan Kulit Kepala

Memanfaatkan Kopi untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Kopi mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh rambut, termasuk kafein yang ternyata sangat baik untuk memperbaiki tekstur rambut. Selain itu, kopi juga mengandung riboflavin, niasin, kalsium dan antioksidan berjenis flavonoid. Lalu, apa manfaat kopi untuk rambut? Berikut penjelasannya.

1. Melebatkan rambut

Manfaat kopi hitam untuk rambut yang pertama adalah melebatkan. Kerontokan rambut dapat diatasi jika rambut tetap tumbuh lebat. Namun, sering kali kerontokan diiringi oleh tidak tumbuhnya rambut karena masalah pada folikelnya.

Kafein dan vitamin B pada kopi dapat menstimulasi folikel rambut agar lebih sehat dengan memperlancar aliran darah ke dalamnya. Folikel yang mendapat nutrisi sempurna akan menghasilkan rambut yang lebih lebat, diameternya lebih besar, dan akar rambut yang lebih kuat. Efeknya, rambut menjadi tidak mudah rontok.

2. Mencegah rambut rontok

Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh usia, stres, maupun hormon. Hormon dihidrotestosteron (DHT) diduga menjadi pemicu kebotakan pada pria. Wanita dengan hormon DHT tinggi juga dapat mengalami kerontokan rambut.

Manfaat kopi untuk rambut rontok didapat dari kandungan kafeinnya yang dapat memblok efek DHT. Mengoleskan kopi hitam yang telah diseduh ke rambut dan kulit kepala juga akan mengurangi rambut rontok. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh JM Volker dari Skin Pharmacology and Physiology, Michigan, AS.

Baca Juga: 9 Jenis Kopi di Indonesia Terbaik dan Terkenal di Dunia!

3. Menyehatkan kulit kepala

Kafein adalah sejenis stimulan yang kuat. Zat ini juga dapat meningkatkan detak jantung sehingga peredaran darah lebih lancar. Selain itu, memijat kulit kepala dengan seduhan kopi hitam juga memberikan nutrisi seperti kalsium, vitamin B, dan protein.

Efeknya, hal tersebut membuat aliran darah ke kepala dan folikel menjadi lancar. Selain itu, tekstur bubuk kopi dapat merontokkan sel kulit mati dan kotoran dari kulit kepala. Hal ini dapat mencegah ketombe yang terjadi karena tumpukan kotoran dan sebum di kulit kepala.

4. Menjadikan rambut lebih lembut

Jika rambut Anda kusam, kasar, kering dan bercabang, cara memperbaikinya adalah dengan memberikan pelembap. Berita baiknya, kopi ternyata memiliki zat pelembap dan flavonoid yang dapat memperbaiki tekstur rambut. Kedua kandungan tersebut—ditambah kafein dan vitamin B—dipercaya meregenerasi rambut.

Pada akhirnya, hal tersebut akan membuat lebih rambut lembut, tebal, dan mudah diatur. Kopi juga dapat mengunci kelembapan rambut sehingga tidak mudah patah dan bercabang.

5. Mencegah tumbuhnya uban

Manfaat kopi untuk rambut beruban juga sangat signifikan. Warna alami kopi yang gelap ternyata dapat menjadi pewarna alami sekaligus menyehatkan rambut sehingga uban dapat diatasi.

Menjadikan kopi sebagai bahan bilasan dan masker rambut akan menghitamkan warna rambut dan menutupi uban. Kandungan nutrisinya akan menyehatkan rambut sehingga mencegah pertumbuhan uban baru.

Baca Juga: 9 Manfaat Ampas Kopi, Baik untuk Kulit hingga Ampuh Usir Bau

Cara Penggunaan Kopi untuk Rambut

Pada dasarnya, semua jenis kopi hitam dapat digunakan untuk perawatan rambut. Namun, Anda bisa menggunakan kopi yang kuat seperti espresso atau double espresso untuk khasiat yang lebih baik. 

Jika Anda mengonsumsi kopi secara teratur, sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan kopi sebagai bilasan atau masker rambut karena kandungan kopi di dalam tubuh tetap akan berpengaruh pada rambut. Berikut ini adalah cara mengolah kopi sebagai bahan perawatan rambut dan kulit kepala.

  • Masker rambut

Menggunakan kopi sebagai bahan masker rambut cukup mudah dan hemat. Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

    • Seduh dua sendok makan kopi hitam dengan secangkir air mendidih, lalu biarkan sampai dingin.
    • Dalam kondisi rambut basah, balurkan kopi dan airnya ke rambut dan kulit kepala.
    • Pijat lembut dan biarkan selama dua puluh menit.
    • Anda dapat membungkus rambut dengan handuk hangat atau membiarkannya terbuka.
    • Bilas dengan air dingin hingga rambut dan kulit kepala bersih dari bubuk kopi.
    • Keringkan rambut dengan handuk lembut.
  • Bilasan rambut

    • Campurkan tiga sendok makan kopi hitam dengan 400 ml air mendidih dan biarkan hingga suam-suam kuku.
    • Setelah keramas, siramkan perlahan larutan kopi sambil memijat kulit kepala.
    • Biarkan selama sepuluh menit lalu bilas kembali dengan air dingin hingga semua bubuk kopi tersingkir dari rambut.
    • Keringkan rambut dengan handuk lembut.

Kedua cara tersebut dapat dilakukan pada jenis rambut apa pun. Selain disiramkan, kopi juga dapat disemprotkan ke rambut seperti hair spray. Namun jangan ikutkan bubuk kopi ke dalam hair spray dan pastikan larutan kopi benar-benar sudah dingin.

Jika Anda tetap ingin merasakan manfaat kopi untuk rambut tetapi tidak sempat melakukan perawatan rutin di atas, ada cara lain yang lebih praktis, yaitu dengan menggunakan shampoo dan kondisioner yang mengandung kafein.

Jangan lupa, jika Anda merasakan tanda-tanda alergi terhadap larutan kopi seperti gatal dan kemerahan pada kulit kepala, segera bilas rambut dan hentikan perawatan.

 

  1. Bhattacharya, Sofia. 2021. Amazing Benefits Of Using Coffee For Your Hair Growth. https://skinkraft.com/blogs/articles/coffee-for-hair-growth. (Diakses pada 21 Maret 2022).
  2. Gupta, Aayushi. 2021. Try this DIY coffee treatment the next time you shampoo and get stronger hair in return. https://www.healthshots.com/beauty/hair-care/how-to-use-coffee-for-hair-growth/. (Diakses pada 21 Maret 2022).
  3. Higuera, Valencia. 2019. What Are the Benefits of Using Coffee on Your Hair?. https://www.healthline.com/health/coffee-in-hair. (Diakses pada 21 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi