Terbit: 28 June 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Merkuri merupakan kandungan skincare yang sebaiknya Anda hindari karena beragam efek negatif di baliknya. Kenali bahaya dan cara menghilangkan merkuri di wajah dalam ulasan berikut.

Terpapar Merkuri Akibat Kosmetik, Ini Cara Menghilangkannya

Mengapa Skincare yang Mengandung Merkuri Berbahaya?

Merkuri termasuk kandungan yang harus Anda hindari dalam produk skincare. Menurut United State Food and Drug Administration (FDA), produk krim wajah, kecantikan, sabun antiseptik, dan losion dengan bahan ini sebaiknya Anda hindari penggunaannya.

Paparan merkuri dapat menimbulkan efek merugikan bagi kesehatan secara keseluruhan, bukan hanya pada kulit wajah. Selain itu, efek yang muncul tidak hanya pada pengguna produk, tetapi juga orang-orang terdekat seperti keluarga.

Ketika menggunakan produk yang mengandung merkuri, keluarga Anda berpotensi terpapar karena menghirup uap merkuri atau menggunakan benda yang sama di rumah, misalnya waslap, handuk, dan benda lain yang sudah terkontaminasi.

Cara menghilangkan merkuri di wajah perlu Anda ketahui karena produk dengan bahan ini bisa menimbulkan dampak negatif, seperti:

  • Ruam di kulit.
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi), edema (pembengkakan), uremia (kadar urea dalam tubuh tinggi).
  • Parestesia, gugup, tremor, mudah marah, hilang ingatan, depresi, penurunan berat badan, kelelahan.

Sementara itu, menurut studi DARU Journal of Pharmaceutical Sciences tahun 2014, efek merkuri pada kulit wajah yang paling umum adalah dermatitis kontak. Kondisi ini, termasuk pembengkakan ringan, iritasi, urtikaria dan eritema. Efek ini dapat terjadi akibat paparan topikal ataupun sistemik.

Studi lainnya yang diterbitkan di jurnal Multidisciplinary Digital Publishing Institute mengungkapkan, jika merkuri konsentrasi tinggi yang terkandung dalam kosmetik memicu dua gejala umum, yakni gerakan mata yang tidak teratur, kekakuan, dan ataksia (gangguan gerak tubuh).

Baca JugaKulit Sensitif? Ini Kandungan Skincare yang Wajib Dihindari!

Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah

Ada berbagai cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi paparan merkuri, di antaranya:

1. Hentikan penggunaan produk

Menjauhi sumber paparan dapat menjadi cara ampuh menghilangkan merkuri di wajah. Jika sudah menyadari produk yang Anda gunakan mengandung bahan ini, segera hentikan penggunaan produk.

Anda bisa mendeteksi ada atau tidaknya kandungan merkuri pada suatu produk dengan klaim dari produk tersebut. Biasanya, produk yang mengandung bahan ini menggunakan klaim ‘anti-penuaan’ atau ‘pencerah kulit’.

Selain itu, periksa apakah produk mengandung mercurous chloride, mercuric, calomel, mercurio, atau mercury. Kandungan tersebut menandakan bahwa produk mengandung merkuri.

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi kulit agar terbebas dari paparan merkuri? Hal ini bergantung pada lamanya produk tersebut Anda gunakan.

Sebagian orang bisa membutuhkan waktu sekitar berminggu-minggu. Pada sebagian yang lain, detoks merkuri dapat memakan waktu hingga berbulan-bulan.

2. Konsumsi makanan yang mengandung serat

Cara menghilangkan merkuri di wajah salah satunya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak serat. Perlu Anda ketahui, tubuh akan secara alami membuang merkuri dan zat beracun lain di dalam tubuh melalui feses atau kotoran.

Nah, serat dapat membantu memperlancar kesehatan pencernaan. Dengan demikian, hal ini akan membantu Anda membuang merkuri dan zat beracun lainnya di dalam tubuh secara lebih teratur.

3. Perbanyak konsumsi air putih

Bukan hanya serat, konsumsi air putih yang cukup juga bisa menjadi cara ampuh menghilangkan merkuri di wajah dan tubuh. Selain dibuang saat Anda buang air besar, pengeluaran merkuri dari tubuh bisa melalui urine.

Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh dapat memperlancar pengeluaran merkuri dari dalam tubuh.

4. Konsultasikan ke dokter

Jika kulit sudah menunjukkan kondisi yang parah, atau Anda mengalami gejala keracunan merkuri, segera periksakan kondisi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca JugaPhthalates, Zat Kimia Berbahaya dalam Produk Sehari-hari!

Perlu Anda ingat, pengaruh bahan ini akan berbeda-beda pada setiap orang. Hal tersebut akan bergantung pada berbagai faktor berikut:

  • Bentuk merkuri.
  • Jumlah paparan.
  • Usia orang yang terpapar.
  • Lamanya paparan berlangsung.
  • Cara seseorang terpapar.
  • Kondisi kesehatan orang yang terpapar.

Itulah beberapa cara menghilangkan merkuri di wajah. Jika sudah terlanjur menggunakan produk dengan bahan ini, segera hentikan penggunaan produk, konsultasikan dengan dokter, lalu barengi dengan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat!

 

  1. Abbas, H.H., dkk. 2020. Mercury Exposure and Health Problems of the Students Using Skin-Lightening Cosmetic Products in Makassar, South Sulawesi, Indonesia. https://www.mdpi.com/2079-9284/7/3/58/htm. (Diakses pada 28 Juni 2022).
  2. Anonim. Mercury Poisoning from Skin Lightening Products. https://www.health.state.mn.us/communities/environment/skin/provfs.html. (Diakses pada 28 Juni 2022).
  3. Anonim. Mercury Poisoning Linked to Skin Products. https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/mercury-poisoning-linked-skin-products. (Diakses pada 28 Juni 2022).
  4. Holland, Kimberly. 2019. Mercury Detox: Separating Fact from Fiction. https://www.healthline.com/health/mercury-detox. (Diakses pada 28 Juni 2022).
  5. Rafati-Rahimzadeh, M., dkk. 2014. Current Approaches of The Management of Mercury Poisoning: Need of the Hour. https://link.springer.com/article/10.1186/2008-2231-22-46. (Diakses pada 28 Juni 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi