Terbit: 7 October 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Perut yang hitam setelah melahirkan mungkin mengganggu penampilan Anda, untungnya ada cara memutihkan kulit baik yang alami maupun medis. Bunda, yuk simak penjelasan selengkapnya mulai dari penyebab, tips, hingga pencegahannya berikut ini!

6 Cara Memutihkan Perut Hitam setelah Melahirkan yang Alami dan Medis

Apa Penyebab Perut Hitam Setelah Melahirkan?

Perut menghitam adalah bagian alami dari kehamilan. Penyebab pasti munculnya linea nigra tidak diketahui, tetapi diyakini terkait perubahan hormon atau ketidakseimbangan hormon karena perkembangan janin dalam kandungan.

Satu teori menyebutkan bahwa hormon perangsang melanosit yang dihasilkan oleh plasenta merupakan faktor utama. Hormon ini juga dipercaya dapat menyebabkan kulit menghitam di sekitar puting.

Apa Itu Linea Nigra?

Linea nigra atau garis kehamilan, adalah garis hitam yang terbentuk di perut selama kehamilan. Garis sudah ada sebelum hamil, tetapi masih berwarna terang atau pucat yang disebut linea alba (garis putih). Garis ini melintang dari pusar ke tulang kemaluan. Selama kehamilan, garis terang berubah menjadi linea nigra.

Linea nigra tidak pernah benar-benar hitam, namun berwarna kecokelatan dan lebih gelap. Garis kehamilan ini biasanya muncul lebih gelap ketika kehamilan berkembang. Meskipun bisa muncul lebih awal, garis ini biasanya terbentuk sekitar bulan ke-5 kehamilan.

Cara Memutihkan Perut yang Hitam setelah Melahirkan

Sebenarnya perut menghitam atau linea nigra setelah melahirkan adalah kondisi yang umum terjadi dan tidak perlu Anda khawatirkan. Perut hitam adalah kondisi normal dari kehamilan, dan akan menghilang seiring waktu.

Namun, jika penampilan perut yang hitam mengganggu penampilan dan membuat Anda tidak percaya diri, ada beberapa langkah untuk menyamarkan kulit perut yang hitam.

Berikut ini cara memutihkan perut yang hitam setelah melahirkan:

1. Air lemon

Menerapkan campuran air lemon bisa membantu menyamarkan kulit yang menghitam. Cobalah mencampurkan 1/2 air lemon dan 1/2 hidrogen peroksida. Jika tidak tersedia, jus mentimun adalah pengganti yang baik untuk hidrogen peroksida).

Masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan pada perut beberapa kali sehari untuk membantu menghilangkan lapisan atas kulit yang berpigmen gelap.

2. Toner cuka sari apel

Sering digunakan untuk masalah kulit, cuka sari apel juga dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Campurkanlah 1/2 cuka sari apel dengan 1/2 air, aduk sampai benar-benar tercampur. Lalu oleskan langsung ke area kulit yang menghitam.

3. Susu kunyit

Kunyit adalah rimpang herbal yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV). Cara membuat susu kunyit cukup mudah, buat pasta dari kunyit dan campurkan dengan susu. Oleskan campuran ini ke area kulit perut yang menghitam gelap. Kemudian diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Selain mengoleskannya pada kulit, meminum susu kunyit juga dapat membantu memudarkan kulit gelap dari dalam.

Baca Juga: Perubahan yang Terjadi pada Tubuh Wanita Saat Mengalami Nifas

4. Susu lobak

Kombinasi lobak dengan susu juga menjadi salah satu cara memutihkan perut yang hitam setelah melahirkan. Caranya hamper sama dengan sus kunyit.

Campurkan beberapa inci akar lobak dengan 1/2 cangkir air, lalu saring ke dalam gelas. Campurkan 2 sendok makan jus lobak dengan 2 sendok makan susu. Semprotkan pada perut 10 menit sebelum mandi.

5. Masker madu oatmeal

Oatmeal berfungsi sebagai scrub untuk mengeksfoliasi kulit dan madu memiliki enzim khusus yang dapat memecah pigmen gelap. Sebagai cara menyamarkan perut yang hitam setelah melahirkan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Campurkan oatmeal yang sudah dimasak dengan raw honey (madu mentah) secukupnya untuk membentuknya menjadi masker, lalu oleskan secara merata pada kulit perut. Diamkan masker selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air.

6. Krim pemutih kulit

Jika kulit perut yang menghitam atau garis hitam tidak kunjung hilang setelah kehamilan dan mengganggu penampilan Anda, konsultasikan kepada dokter kulit tentang penggunaan krim pemutih kulit. Ini adalah cara memutihkan perut yang hitam lebih cepat setelah melahirkan

Krim dengan kandungan tiga jenis bahan (krim kombinasi tiga kali lipat) mungkin paling efektif. Kombinasi ini mengandung krim pemutih (hydroquinone), retinoid (tretinoin) dan steroid (fluocinolone acetonide).

Krim ini dapat digunakan berdasarkan resep dari dokter. Tretinoin yang berasal dari vitamin A, diketahui dapat menyebabkan cacat lahir. Oleh karena itu, dokter akan memeriksa apakah Anda menggunakan pil kombinasi sebagai kontrasepsi sebelum meresepkan perawatan yang mengandung tretinoin.

Sebaiknya jangan menggunakan krim pemutih selama kehamilan atau saat sedang menyusui, karena bisa berbahaya bagi bayi.

Baca Juga: Biduran Setelah Melahirkan, Normalkah?

Cara Mencegah Perut Hitam setelah Melahirkan

Tidak ada cara untuk mencegah perut menghitam setelah melahirkan, karena beberapa orang hanya menghasilkan lebih banyak melanin daripada yang lain. Namun, ada beberapa tips yang  dapat membantu meminimalkan hiperpigmentasi.

Selama kehamilan, pastikan Anda mengonsumsi suplemen asam folat, karena kekurangan folat dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

Anda juga dapat mengonsumsi banyak makanan yang mengandung banyak folat. Misalnya sayuran berdaun gelap (seperti bayam, collard hijau, dan kangkung), asparagus, brokoli, dan jeruk memiliki konsentrasi asam folat tertinggi.

Itu dia cara memutihkan perut yang hitam setelah melahirkan yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi ini membantu ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Linea Nigra: Pregnancy Line. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-concerns/pregnancy-line-linea-nigra/ (Diakses pada 7 Oktober 2021)
  2. Ernst, Holly. 2019. Linea Nigra: Should I Be Worried?. https://www.healthline.com/health/pregnancy/linea-nigra-should-i-be-worried (Diakses pada 7 Oktober 2021)
  3. Howland, Genevieve. 2020. Linea Nigra: What IS That Dark Line? And Will It Ever Go Away?. https://www.mamanatural.com/linea-nigra/ (Diakses pada 7 Oktober 2021)
  4. Weiss, Robin E. 2021. What Is the Dark Line on My Pregnant Belly?. https://www.verywellfamily.com/what-is-the-dark-line-on-my-pregnant-belly-2759751 (Diakses pada 7 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi